6 Tips Jitu Menjadi Adaptif di Era Pembelajaran Daring - Tugujatim.id

6 Tips Jitu Menjadi Adaptif di Era Pembelajaran Daring

  • Bagikan
Ilustrasi pembelajaran daring. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi pembelajaran daring. (Foto: Pexels)

Tugujatim.id – Pandemi Covid-19 telah membuat semua aspek kehidupan manusia harus mampu beradaptasi, salah satunya soal pendidikan. Aspek pendidikan ini harus mampu berjalan secara efektif meski tanpa ada interaksi langsung antara pengajar dengan peserta didik alias melakukan pembelajaran daring.

Pendidikan yang sebetulnya bukan hanya tentang proses meningkatkan ilmu pengetahuan, tapi juga tentang bersosialisasi dengan orang lain, belajar organisasi, dan pengembangan bakat dan minat yang semuanya harus dilakukan secara daring.

Tentunya, proses perubahan ini menimbulkan banyak kendala dan tantangan bagi pengajar dan peserta didik itu sendiri. Di antaranya, permasalahan jaringan yang buruk karena tidak semua daerah di Indonesia memiliki koneksi jaringan yang baik, tidak ada motivasi belajar karena terlalu lama belajar dari rumah mengakibatkan peserta didik bosan dan terjebak dengan zona nyaman lingkungan rumah, materi pembelajaran yang tidak terserap dengan baik, dan masalah lain di rumah yang bisa mendistraksi peserta didik menangkap materi pembelajaran.

Agar materi lebih terserap dan cepat beradaptasi, ada 6 tips yang dapat dilakukan selama pembelajaran daring:

1. Pelajari Materi Pembelajaran sebelum Pertemuan

Beberapa pengajar akan memberikan materi pertemuaan pada malam hari atau sebelum diadakannya pertemuan. Bahan pembelajaran yang sudah dibagikan dapat dipelajari terlebih dulu sehingga tahu materi atau pembahasan apa yang akan dipelajari esok hari dan dapat ditanyakan ke pengajar jika ada materi yang kurang dimengerti.

2. Pilih Tempat dan Metode Belajar Senyaman Mungkin

Ketika akan melakukan pertemuan pembelajaran daring, biasakan untuk mempersiapkannya secara maksimal. Usahakan cuci muka atau mandi terlebih dahulu dan bisa mengenakan kemeja. Pilih tempat yang mendukung untuk membangkitkan semangat belajar. Jangan berada di tempat yang membuat mengantuk dan tidak kondusif, kemudian pilih tipe atau metode belajar yang paling sesuai, bisa dengan membuat catatan kecil materi, sambil mendengarkan lagu, menyiapkan cemilan, atau merekam pertemuan untuk diputar kembali.

3. Siapkan Jaringan Internet dengan Baik

Salah satu aspek penting yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran daring adalah koneksi internet. Siapkan koneksi internet sebaik mungkin sebelum pertemuan pembelajaran, jika mengharuskan untuk pergi ke suatu tempat, maka bisa dipertimbangkan dilakukan demi kelancaran pembelajaran. Pemerintah juga telah memberikan bantuan kuota kepada peserta didik, maka manfaatkan kesempatan tersebut.

4. Menjaga Semangat Belajar

Menurunnya motivasi belajar di masa pandemi menjadi hal yang sering dibicarakan para pengajar dan peserta didik. Salah satu cara untuk tetap menjaga semangat belajar adalah dengan mengingat mimpi yang ingin dicapai, perjuangan untuk dapat mencapai di posisi sekarang, dan orang-orang yang selalu memberikan dukungan bisa orang tua, pacar, atau orang tersayang.

5. Aktif dalam Kegiatan Pembelajaran

Meski tidak bertemu secara langsung, tetap maksimal dalam proses belajar dengan aktif mengikuti diskusi, bertanya jika ada materi yang kurang dipahami, dan mengambil peran dalam pembelajaran misalnya, presentasi, penanggung jawab mata kuliah, dan lain-lainnya.

6. Kembangkan Soft Skill Sebanyak Mungkin

Salah satu keuntungan dalam belajar daring adalah bisa melakukan berbagai kegiatan dari rumah dan mengakses segala informasi seluas-luasnya. Gunakan kesempatan ini untuk melatih soft skill yang belum dikuasai.

Banyak media pelatihan yang bersertifikat dan bekerja sama dengan perusahaan atau lembaga yang berkompeten. Ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus yang harus dimanfaatkan.

Dalam masa pembelajaran daring seperti sekarang, semua tergantung kepada individu masing-masing mau atau tidak untuk mengembangkan diri dan tetap adaptif dengan segala perubahan yang ada. Nantinya mereka yang mampu beradaptasi dengan ketidakpastian zaman akan berhasil meraih yang mereka impikan dan mereka yang tidak mampu beradaptasi akan terseleksi alam.

 

*Penulis adalah member Pondok Inspirasi.

  • Bagikan