BALI, Tugujatim.id ‐ Warga Kota Malang patut berbangga karena Kota Pendidikan ini kembali meraih prestasi gemilang. Pemkot Malang kembali meraih penghargaan di ajang Public Relations Indonesia (PRIA) Award 2023 di Aston Denpasar Hotel & Convention Center, Denpasar, Bali, Jumat (17/03/2023). Penghargaan ini untuk kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online 2022 subkategori Pemerintah Kota.
Founder dan CEO PR Indonesia Asmono Wikan menyampaikan, untuk melengkapi beberapa kategori yang berbasis penjurian, PR Indonésia bekerja sama dengan Indonesia Indicator menghadirkan kategori Terpopuler di Media Cetak dan Online.
“Metode penilaian pada kategori ini berdasarkan total dan sentimen pemberitaan (eksposur) di lebih dari 250 media cetak dan 11.000 media online selama rentang waktu 1 Januari–31 Desember 2022,” jelas Asmono.
Dia menjelaskan, PR Indonésia Award 2023 kali ini mengusung tema “Komunikasi untuk Peradaban Negeri” di mana Bali menjadi saksi puncak perhelatan PRIA yang ke-8. Dia menjelaskan, Bali memang selalu istimewa bagi salah satu kompetisi public relations (PR) terbesar di tanah air ini. Sebab, ajang ini lahir di Bali pada 2016.
“Saat ini hampir tidak ada institusi yang tidak menanggap PR sebagai fungsi strategis. Public relation adalah elemen yang sangat strategis dalam sebuah organisasi. PR itu penting, di mana posisi PR harus ada di leher manajemen,” ujarnya.

Asmono mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang yang menerima penghargaan PRIA 2023. Dia berharap ke depan insan-insan PR dapat melahirkan kinerja yang berdedikasi untuk instansi demi Indonesia yang lebih baik.
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Malang Muhammad Nur Widianto SSos mewakili wali Kota Malang menerima langsung penghargaan The 8th PR Indonesia Award ini. Pemkot Malang diganjar penghargaan ini karena atensi dan apresiasi yang diberikan oleh media terhadap berbagai isu dan perkembangan di Kota Malang. Hal ini berdasarkan penilaian menunjukkan jumlah eksposur positif tertinggi di media cetak dan online.
Muhammad Nur Widianto usai menerima penghargaan dalam ajang kompetisi PR paling komprehensif tersebut menyampaikan segenap jajaran Pemkot Malang mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas peran serta rekan-rekan media di berbagai platform atas atensinya.
Selama 2022, media memberikan atensi luas pada berbagai capaian yang diraih Kota Malang. Di antaranya terkait meningkatnya capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang dan geliat ekonomi kreatif yang mengiringi aktivasi Malang Creative Center (MCC).
“Terekam sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional dan 13 penghargaan tingkat Jawa Timur diraih Kota Malang. Wujud keberhasilan Kota Malang juga ditunjukkan dalam mayoritas indikator kinerja, di mana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Malang meningkat ke angka 82,71,” bebernya.
Selain itu, peningkatan kualitas sumber daya manusia, capaian IPM 2022 merupakan yang tertinggi kedua di Jawa Timur serta jauh di atas rata-rata nasional.
“Media juga memberikan atensi pada hadirnya Malang Creative Center (MCC). Proyek MCC secara positif diberitakan media dapat mewadahi pelaku UMKM untuk meningkatkan bisnisnya serta menyerap lebih banyak tenaga kerja di Kota Malang sebagai penguatan ekonomi kreatif,” ujarnya. (*)