Abai Prokes, 20 Warga Pasuruan Disanksi Ucapkan Pancasila dan Baca Al-Fatihah

  • Bagikan
Sejumlah warga Winongan, Pasuruan masih banyak yang abai prokes dan disanksi membaca surat Al-Fatihah dan ucapkan Pancasila. (Foto: Dokumen) tugu jatim
Sejumlah warga Winongan, Pasuruan masih banyak yang abai prokes dan disanksi membaca surat Al-Fatihah dan ucapkan Pancasila. (Foto: Dokumen)

PASURUAN, Tugujatim.id – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Pasuruan saat ini sudah memasuki tahap skala mikro. Sayangnya masih ada saja warga yang abai terhadap protokol kesehatan (prokes) seperti tak menggunakan masker. Dalam waktu satu jam saja, 20 orang sudah terjaring razia masker di kawasan Jalan Raya Winongan Lor, Kecamatan Winongan, Kabupaten Pasuruan, Kamis (11/2/2021).

Ya, kurang lebih 20-an orang tersebut terjaring razia petugas TNI dari Kodim 0819/Pasuruan bersama instansi lain yang tengah sosialisasi dan edukasi masyarakat terkait protokol kesehatan. Akibat tak memakai masker tersebut, mereka diberikan sanksi dengan mengucapkan Pancasila, membaca surat Al-Fatihah, dan juga doa-doa.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Sebagai informasi, Kodim 0819/Pasuruan dan petugas gabungan dari instansi lain terus berusaha memberikan edukasi dan imbauan tentang pentiingnya penerapan protokol kesehatan.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Danramil 15/Winongan Kapten Czi S.Djoko Wahono di mana saat kegeiatan operasi tersebut berlangsung masih saja ada sejumlah warga yang tidak mentaati anjuran pemerintah yakni mematuhi protokol kesehatan.

”Sejumlah warga Winongan masih banyak ditemukan tak menggunakan masker saat operasi berlangsung. Kesadaran mereka dalam menggunakan masker masih setengah-setengah. Untuk itu kami bersama instansi lainnya yang bertugas menegakkan protokol kesehatan di lapangan tidak segan-segan untuk memberikan tindakan tegas berupa sanksi sosial kepada pelanggar,” ujar Danramil 15/Winongan, Kapten Czi S.Djoko Wahono.

Saat petugas mulai melakukan operasi, banyak warga pengguna sepeda motor berbagai kalangan tak pakai masker langsung terjaring. Dalam waktu satu jam sedikitnya ada 20 orang pun terjaring razia masker tersebut. (*/gg)

  • Bagikan