AC Milan Tempel Ketat Napoli di Puncak Klasemen Usai Bungkam Sampdoria 2-1

Olivier Giroud merayakan gol bersama rekan rekan setimnya usai sukses mencetak gol melalui titik putih.
Olivier Giroud merayakan gol bersama rekan rekan setimnya usai sukses mencetak gol melalui titik putih. (Foto: Tangkapan layar Instagram AC Milan)

Tugujatim.idAC Milan berhasil memetik hasil positif di pekan ke enam Serie A Italia. Rossoneri bertandang ke markas Sampdoria di Stadion Luigi Ferraris pada Minggu dini hari (11/9/2022).

Tim asuhan Stefano Pioli sukses menang tipis 2-1 atas Sampdoria. Kemenangan ini membuat AC Milan kembali memperoleh poin sama dengan Napoli yang berada di puncak klasemen. Hanya saja AC Milan kalah agresivitas gol dengan Napoli.

AC Milan mampu unggul cepat melalui gol Junior Messias di menit ke 6. Memanfaatkan bola hasil kontrol Rafael Leao yang tidak sempurna, bola berhasil diteruskan oleh Junior Messias dengan tendangan keras menjadi gol.

Bola sempat terhalang oleh kaki bek Sampdoria Alex Ferrari lalu bola meluncur deras ke arah gawang dan tidak bisa dibendung lagi oleh kiper Sampdoria, Emil Audero.

Charles De Katelaere sempat menggandakan keunggulan bagi AC Milan pada menit ke 21 lewat tandukan kepala. Namun sundulan De Katelaere hasil umpan Rafael Leao tersebut dianulir offside setelah wasit mengecek VAR pasca terjadinya gol. Skor tetap 1-0 untuk AC Milan dan bertahan hingga turun minum.

Pertandingan berlangsung cukup berimbang, bahkan Sampdoria menguasai pertandingan dengan 58% ball possession. Sedangkan kedua tim sama sama melepas 4 shots on target. Nasib malang menimpa AC Milan.

Rafael Leao harus diganjar kartu merah pada menit ke 47 usai menendang salto kepala Alex Ferrari di dalam kotak penalty. Tidak ada protes berlebihan dari AC Milan dan Rafael Leao meminta maaf pada Ferrari yang mengalami pendarahan sehingga kepalanya harus diperban untuk bisa tetap melanjutkan pertandingan. AC Milan harus melanjutkan pertandingan dengan 10 pemain.

Rafael Leao saat menendang kepala Alex Ferrari dan kedua pemain tampak saling berdamai usai insiden tersebut.
Rafael Leao saat menendang kepala Alex Ferrari dan kedua pemain tampak saling berdamai usai insiden tersebut. (Foto: Tangkapan Layar Instagram 433)

Dengan keunggulan jumlah pemain, Sampdoria akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke 57 lewat heading sempurna Filip Duricic. Gol berawal saat Tommaso Augello melepaskan umpan crossing dari sisi kanan dan berhasil disambut dengan tandukan oleh Filip Duricic yang sudah berada sangat dekat dengan gawang Mike Maignan, sehingga bola mustahil bisa ditepis lagi. Skor berubah sama kuat 1-1 untuk kedua tim.

Beruntung AC Milan mendapat hadiah penalty di menit ke 67 usai bola heading Giroud mengenai tangan dari gelandang Sampdoria, Gonzalo Villar. Tanpa menyianyiakan kesempatan, Olivier Giroud yang menjadi eksekutor sukses mengecoh kiper Emil Audero. AC Milan mampu berbalik unggul meski bermain dengan 10 pemain. Skor 2-1 bertahan hingga laga usai dan AC Milan naik peringakt ke posisi dua, sementara Sampdoria masih berkutat di zona degradasi.

Kemenangan atas Sampdoria ini menjadi modal bagus bagi Rossoneri. Pasalnya di pekan selanjutnya AC Milan akan menantang sang penguasa klasemen yaitu Napoli di Stadion San Siro. Kedua tim sama sama mengoleksi poin yang sama saat ini di Serie A. Pertandingan melawan Napoli akan menjadi penentu siapa yang akan memuncaki klasemen sementara Serie A di pekan ke tujuh.