MALANG, Tugujatim.id – Perusahaan media harus bisa beradaptasi dengan era digital kini. Berbagai macam bentuk yang dapat diterapkan sebagai adaptasi, yakni seperti model bisnis adaptasi, konten adaptasi, dan adaptasi skill. Itulah yang dipaparkan Editor in Chief hellosehat.com, Rachmadin Ismail, di kantor Tugu Media Group, pada Kamis (05/01/2023).
Kegiatan sharing itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas, pengetahuan, dan berbagi pengalaman untuk karyawan dan magang Tugu Media Group. Sharing mengenai bagaimana cara beradaptasi pada media online 2023.
Rachmadin Ismail menyampaikan materi model bisnis adaptasi, yang di antaranya terdapat subscription & crowdfunding, lead generation, training boatcamp, dan ecosystem revenue.
Ecosystem revenue memiliki cara dengan mengumpulkan influencer yang memiliki followers media sosial yang besar lalu dijadikan satu komunitas dan akan menjadi suatu kekuatan untuk menemui pihak iklan atau sponsor. “Kita akan mendapatkan poin plus jikalau kita menawarkan artikel sekaligus influencer,” ucapnya.
“Bisnis influencer media itu sekarang sudah banyak dikerjakan, idtimes adalah salah satu yang sering intens,” papar pria yang mengawali karirnya sebagai reporter di Detik.com itu.
“Kita juga dapat melakukan telekonsultasi di mana sebuah media membuat sesi acara tanya jawab yang bersifat online maupun offline. Seperti tanya jawab dengan pihak institusi dan jikalau audience menginginkan informasi lebih, bisa mengunakan sistem berbayar. Keuntungan lainnya dengan mengunakan affiliate marketing seperti jika sebuah artikel diberikan link e commerce, komersialnya kita akan mendapat traffic maupun uang dari e commerce tersebut,” imbuhnya.
Materi kedua yang disampaikan yaitu konten adaptasi, yang berisi konten exclusive yang berarti konten yang lebih mendetail tentang sesuatu dan memberikan feedback berkali-kali lipat kepada audience.
Kata dia, sebuah konten juga bisa dibuat tools atau alat yang akan berdampak panjang dan akan mendapat lead yang banyak, sepertj kalkulator untuk mengetahui BMI/indeks masa tubuh, kesehatan mental, atau konten yang viral lainnya. Dan bisa menambahkan konten lifehack dan QnA pada konten media.
Dapat ditarik kesimpulan bahwa di era sekarang ini, kata dia, berbagai media telah memiliki dan dapat beradaptasi terhadap sistem dan model bisnis yang baru dengan terus melakukan penyesuaian. Hal ini dilakukan agar konsisten menjaga integritas dan kredibilitas perusahaan itu sendiri.