Akademisi Unair Surabaya Ciptakan Aplikasi “Pasar Kerja Perawat”

  • Bagikan
Akademisi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuat aplikasi lowongan pekerjaan untuk perawat. (Foto:Unair Surabaya/Tugu Jatim)
Akademisi Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membuat aplikasi lowongan pekerjaan untuk perawat. (Foto:Unair Surabaya/Tugu Jatim)

SURABAYA, Tugujatim.id – Akademisi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya telah membuat inovasi berupa aplikasi bernama “Pasar Kerja Perawat”. Aplikasi ini adalah terobosan bagus untuk mempertemukan lulusan perawat dan instansi atau lembaga kesehatan yang memerlukan jasa perawat tambahan.

Karena peran tenaga kesehatan (nakes) dan perawat sangat diperlukan, apalagi di masa pandemi corona seperti saat ini sehingga aplikasi tersebut sangat bermanfaat.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Fitur utamanya adalah informasi lowongan kerja keperawatan. Para pengguna bisa langsung mendapatkan update lowongan kerja perawat yang tersedia. Pengguna juga dapat mencari lowongan sesuai bidang keahlian, misalnya perawat ICU, perawat Covid-19, dan seterusnya,” tutur dosen Fakultas Keperawatan Unair Surabaya Ferry Efendi SKep Ns MSc PhD Senin (25/01/2021).

Start-up melalui aplikasi bernama “Pasar Kerja Perawat” ini dibuat pada Desember 2020 dan mulai dikenalkan tahun ini. Selain itu, saat ini sudah memiliki badan hukum PT Pasar Kerja Perawat.

“Hal ini bisa mempermudah proses rekrutmen bagi kedua belah pihak (lulusan perawat dan instansi atau lembaga kesehatan). Ke depannya aplikasi Pasar Kerja Perawat ini tidak hanya bergerak di bidang rekrutmen dan penyedia informasi lowongan kerja, tapi juga pelatihan untuk tenaga perawat,” jelas lelaki yang menjabat sebagai sekretaris di Lembaga Inovasi, Pengembangan Jurnal, Penerbitan dan Hak Kekayaan Intelektual (LIPJPHKI) tersebut.

Besar harapan aplikasi Pasar Kerja Perawat ini dapat menjadi semacam wadah, tempat, maupun referensi dari pengembangan profesi perawat. Apalagi di tengah pandemi corona, jumlah tenaga kesehatan termasuk perawat begitu diperlukan dan dicari. Jadi, aplikasi Pasar Kerja Perawat akan sangat membantu.

Start-up ini juga memiliki program Bisikan (Bincang Asik Keperawatan, red), sebuah talk show yang berfokus pada pengembangan karir perawat yang berlangsung dua pekan sekali. Besar harapan kami pada aplikasi ini agar bisa menjadi wadah pengembangan profesi perawat, dari perawat, oleh perawat, dan untuk perawat,” ujar Ferry.

Aplikasi Pasar Kerja Perawat juga sudah memiliki badan hukum yang bertujuan untuk memberi potensi perkembangan aplikasi agar bisa semakin besar. Selain itu, memiliki peluang untuk menarik investor dalam upaya kemajuan aplikasi Pasar Kerja Perawat tersebut. Aplikasi ini dapat diunduh di Google Play Store untuk pengguna Android OS. (Rangga Aji/ln)

  • Bagikan