Anti Nervous di Depan Kamera? Ini Tipnya... - Tugujatim.id

Anti Nervous di Depan Kamera? Ini Tipnya…

  • Bagikan
Ilustrasi Public Speaking. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi Public Speaking. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Di era pandemi Covid-19 ini, hampir segala hal dilakukan dengan aktivitas digital seperti pekerjaan dan pendidikan. Tentu berbicara di depan kamera merupakan suatu keharusan untuk menghadiri pertemuan ataupun memenuhi penilaian tugas dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, banyak juga yang mengisi waktu luang mereka dengan membuat vlog ataupun sekadar berbicara di depan kamera untuk platform Instagram, TikTok, dan YouTube layaknya content creator. Dan nyatanya, banyak dari mereka yang mendapatkan penghasilan melalui platform tersebut dan meraih keuntungan. Nah, untuk Anda yang masih belum lancar berbicara alias sering nervous di depan kamera. Tugu Jatim bakal ngasih 5 tip lancar berbicara atau anti nervous di depan kamera:

1. Siapkan dan Kuasai Materi

Menyiapkan materi merupakan hal pertama yang harus dilakukan ketika ingin berbicara di depan umum, begitu pula dengan berbicara di depan kamera. Dengan persiapan materi yang matang serta menguasai tentang materi yang ingin disampaikan akan membantu memperlancar alur bicara dan juga tidak keluar dari konteks pembahasan.

2. Buatlah Kerangka Struktur Materi

Agar alur pembicaraan terstruktur dan terurai dengan baik, buatlah sebuah notes kecil tentang alur mulai dari pembukaan, isi, hingga penutupnya. Dalam bagian isi, dapat diuraikan kembali poin-poin penting sebagai pengingat agar pesan dapat disampaikan dengan lengkap dan tidak terlewat.

Hal ini tentu akan membantu kelancaran pembicara dalam menyampaikan pesan karena poin yang sudah tertulis akan membantu mengurangi beban pikiran dalam mengingat.

3. Berlatih di Depan Kaca

Semua hal yang dilakukan dalam dunia ini pasti tidak ada yang instan. Butuh proses untuk meraih sesuatu yang maksimal. Berlatih merupakan salah satu hal yang efektif dan juga cepat membantu manusia dalam berproses. Salah satunya adalah dengan berlatih berbicara di depan kaca.

Fungsi dari kaca sendiri adalah untuk mengetahui mimik wajah, gerak tubuh, dan ekspresi serta kesiapan posisi dalam menyampaikan pesan. Sebab, hal ini tentu juga menjadi poin penting untuk mengenal diri sendiri dan dapat menarik perhatian dari audiens. Ketika sudah mengetahui bagaimana penampilan kita dan terus berlatih, tentu akan menambah kepercayaan diri.

4. Anggaplah Nervous sebagai Hal yang Wajar

Nervous atau gugup merupakan hal yang lumrah dalam berbagai hal utamanya dalam berbicara di depan publik. Ini juga dapat terjadi ketika berbicara di depan kamera. Kegugupan yang dialami ini dapat disebabkan oleh adanya ketakutan dalam salah ucap ataupun demam panggung dan tidak terbiasa menjadi pembicara.

Gugup dapat diatasi dengan menyadari dan mengubah mindset bahwa nervous merupakan hal yang wajar dan tentu masih dialami oleh orang-orang yang sudah profesional. Anda juga dapat menganggap audiens adalah teman agar mengurangi sedikit nervous yang Anda rasakan lho!

5. Mengenali Audiens yang Dituju

Penting halnya untuk mengetahui audiens yang dituju. Fungsinya adalah agar dapat menyesuaikan gaya bicara dan juga intonasi. Ketika kita sudah mengenal audiens yang akan dituju, maka akan merasa lebih nyaman dan percaya diri untuk menyampaikan pesan sehingga akan mengurangi pikiran-pikiran yang dapat menghambat proses penyampaian pesan.

Jadi, itulah 5 tip yang dapat Anda lakukan untuk membantu berbicara di depan kamera dengan lancar. Jangan lupa untuk diaplikasikan dan terus berlatih, ya! (Adinda Novira/ln)

  • Bagikan