Alffy Rev, Komposer Muda Asal Mojokerto Gemparkan Dunia dengan Wonderland Indonesia

Alffy Rev, komposer muda, pencetus wonderland Indonesia.
Alffy Rev, komposer muda, pencetus wonderland Indonesia. (Foto: Instagram alffy_rev)

Tugujatim.id – Mengaransemen lagu-lagu daerah dengan cita rasa kekinian adalah salah satu kebiasaan Alffy Rev, salah satu komposer muda yang viral akhir-akhir ini. Di tangan komposer muda ini, lagu-lagu daerah yang terkesan loyo menjadi bergairah kembali.

Bahkan penikmatnya tidak hanya dari kalangan tua, anak-anak milenial pun menyukai karya komposer satu ini. Salah satu shownya yang menyita perhatian dunia adalah Wonderland Indonesia yang diunggah melalui kanal YouTube miliknya.

Nama Wonderland Indonesia sendiri berawal dari pengalamannya tentang keindahan alam pulau Bali. Alffy, sapaan akrabnya, melihat potensi Bali dan bermimpi bahwa tidak seharusnya masyarakat Bali bergantung pada pariwisata saja, namun banyak anak-anak muda kreatif yang memiliki potensi.

Berawal dari mimpi itu, dia mengumpulkan animator-animator muda di seluruh penjuru Bali untuk sama-sama mengerjakan Wonderland Indonesia.

Pria yang bernama lengkap Awwalur Rizqi Al-firori lahir pada 18 Juni 1995 di Trawas, Mojokerto, Jawa Timur, Indonesia. Dalam perjalanan karirnya, Alffy pernah diundang oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang dijembatani dan difasilitasi oleh Kemendikbud (saat ini menjadi Kemendikbudristek) untuk mewakili musisi muda Indonesia yang tampil di London pada bulan Juli 2017. Sejak kecil Alffy memang sangat tertarik dengan dunia musik.

Alat musik pertama kali dipelajarinya adalah gitar. Ia pernah menempuh pendidikan di SMKN 9 Surabaya. Kemudian Alffy sempat menempuh sekolah di Sekolah Tinggi Multi Media MMTC di Yogyakarta.

Hanya saja studinya harus berhenti karena Alffy lebih memilih berkarir menggeluti profesi yang ditekuninya hingga kini. Walaupun ada satu momen yang membuatnya dilema antara harus membayar uang kuliah atau membeli perangkat musik seperti launchpad.

Kini terbukti nama Alffy dikenal masyarkat melalui Wonderland Indonesia yang sudah rilis 2 chapter. Film yang mencerminkan keragaman Indonesia itu pertama dirilis pada 17 Agustus 2021 dan ditonton sebanyak 40 juta kali. Kemudian yang kedua pada 17 Agustus 2022 dan sudah ditonton 7,9 juta kali.

Karya ini adalah sebagai karya persembahan dari anak bangsa untuk membangkitkan kembali rasa cinta tanah air di Indonesia khususnya di hari kemerdekaan. Alffy mengaransemen lagu-lagu daerah dengan menambahkan unsur-unsur modern yaitu music electronica bak seorang DJ.

Wonderland Indonesia menggambarkan segala keberagaman dan keajaiban Indonesia. Alffy menggandeng penyanyi Novia Bachmid jebolan Indonesian Idol X. Karya ini membuat jutaan penonton terpukau hingga banjir pujian juga apresiasi dari seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia melalui video-video reaksi yang terunggah melalui YouTube.

Kehadiran Alffy memberikan semangat baru bagi para pemuda untuk terus berkarya dan bisa mengenalkan Indonesia sesuai passion yang dimiliki.