Bahaya Kesehatan jika Makan Terlalu Banyak saat Lebaran - Tugujatim.id

Bahaya Kesehatan jika Makan Terlalu Banyak saat Lebaran

  • Bagikan
Ilustrasi makan terlalu banyak saat Lebaran yang berakibat buruk bagi kesehatan. (Foto: Pixabay)
Ilustrasi makan terlalu banyak saat Lebaran yang berakibat buruk bagi kesehatan. (Foto: Pixabay)

Tugujatim.id – Lebaran merupakan momen yang menyenangkan dan membahagiakan sekali, selain bertemu dengan kerabat, sanak saudara, tetangga, dan orang-orang lainnya yang ingin menjalin dan memperat silaturahmi, Lebaran juga diisi dengan berbagai jenis kuliner yang biasa disajikan pada tamu-tamu yang datang ke rumah kita.

Banyaknya pilihan jenis makanan atau kuliner yang dihidangkan, apalagi setelah satu bulan penuh menjalankan ibadah puasa, ada keinginan untuk mencicipi bahkan menghabiskan kuliner yang disajikan itu. Hal itu boleh-boleh saja, namun ada yang perlu kita perhatian lebih jelih, karena terlalu banyak makan juga menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja?

1. Peningkatan berat badan dan lemak

Peningkatan berat badan dan lemak dalam tubuh akibat banyak mengonsumsi makanan saat Lebaran bukan hal yang baru. Namun, penumpukan lemak dalam tubuh tersebut bisa saja menyebabkan beragam masalah yang bakal muncul ke depan. Penumpukan lemak yang berpotensi disebarkan ke seluruh bagian tubuh dapat menimbulkan kondisi medis tertentu, misalkan lemak menumpuk di organ hati manusia, maka akan berpotensi terkena gagal hati. Hal yang sama bila lemak menumpuk di pembuluh darah, bakal ada peluang terkena serangan jantung.

2. Mengganggu kesehatan mental kita

Ternyata, banyak makan juga berdampak pada kesehatan mental manusia. Misalkan, saat berat badan kita bertambah, semakin gemuk dan berisi sehingga terlihat ‘bundar’ di bagian perut, wajah, dan pinggul, membuat rasa percaya diri kadang berkurang. Karena penampilan yang menjadi kurang ideal tersebut, perlahan dapat berdampak pada kesehatan mental manusia.

3. Menambah kadar gula darah manusia

Naiknya kadar gula darah juga merupakan dampak dari terlalu banyak makan, sehingga perlu dijaga danm membatasi makan saat Lebaran. Meningkatnya kadar gula darah tidak boleh disepelakan, karena hal itu yang berpotensi menimbulkan resistensi insulin yang dapat membantu memicu penyakit diabetes.

4. Menambah risiko terkena kanker juga

Bertambahnya berat badan saat terlalu banyak makan juga berpotensi memunculkan obesitas pada manusia, sedangkan obesitas juga berdampak pada potensi terkena kanker. Meskipun belum diketahui secara pasti hubungan keduanya, akan tetapi makan secara berlebihan dapat memicu kanker karena memancing produksi estrogen, insulin, atau asam lambung secara berlebihan.

5. Mengganggu kinerja organ ginjal manusia

Ginjal merupakan bagian yang begitu penting dalam melakukan kerja penyaringan dan mengeluarkan protein atau racun yang berlebihan dalam mengonsumsi makanan tersebut. Saat ginjal tidak mampu mengolah protein dengan baik, maka protein akan menumpuk di ginjal dan menimbulkan masalah pada ginjal, seperti batu ginjal dan sejenisnya. Sehingga, terlalu banyak makan juga akan berpotensi pada gangguan tersebut.

Itulah 5 bahaya apabila kita terlalu banyak makan, terutama saat Lebaran. Karena Lebaran merupakan momen berbahagia dan perayaan, coba untuk tetap mengendalikan nafsu makan dengan baik dan ideal, agar tidak berpeluang mengalami gangguan tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca.

  • Bagikan