Belajar Beternak Lebah Madu di Agro Tawon Wisata Petik Madu Malang

  • Bagikan
Agro Tawon Wisata Petik Madu Malang. (Foto: Rap/Tugu Malang/Tugu Jatim)
Agro Tawon Wisata Petik Madu Malang. (Foto: Rap/Tugu Malang/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Siapa yang tidak mengenal lebah madu, serangga penyerbuk yang menghasilkan madu dari nektar bunga ini. Di Kabupaten Malang ternyata ada salah satu tempat wisata yang memperkenalkan siklus hidup lebah madu dan bagaimana cara beternak lebah madu yang baik dan benar yaitu Agro Tawon Wisata Petik Madu di Ruko Putri Kencana, Jalan Doktor Wahidin Nomor 8, Kalirejo, Lawang.

“Kalau di Wisata Petik Madu ini untuk tiket masuknya free, dan wisatawan yang datang ke sini bisa belajar terkait ternak lebah,” terang Rini Windi selaku Supervisor Agro Tawon Wisata Petik Madu Lawang saat dikunjungi tugumalang.id pada Jumat (22/01/2021).

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Untuk wisata edukasinya sendiri juga free, bisa untuk anak playgoup sampai lansia,” sambungnya.

Rini juga menjelaskan jika di sini wisatawan bisa belajar cara memanen madu sampai cara membuat ratu lebah.

“Sampai macam-macam lebah yang kita pelihara, jenis pakan lebah, panen madu, cara membuat lilin lebah, cara pembuatan ratu baru. Dan biasanya ada edukasi pembuatan jamur, tempe, yoghurt dan biogas,” jelasnya.

“Ada juga untuk outbound, tapi kalau outbound ada tempatnya sendiri, tidak di sini. Untuk outbound juga ada tarifnya sendiri,” imbuhnya.

Lebih lanjut, wanita berkerudung ini membeberkan jika ada 3 jenis lebah yang diternakkan.

“Untuk jenis-jenis lebah di sini ada 3 jenis diantaranya Apis Mellifera, Apis Cerana dan Trigona,” tuturnya.

Jenis-jenis madu dan prupolis yang dijual juga bervariasi mulai dari bunga Kaliandra sampai bunga Kelengkeng.

“Kalau di sini kita juga jual segala jenis hasil lebah mulai dari madu, pollen, royal jelly, propolis dan lilin lebah. Dan untuk jenis madu ada dari nektar bunga randu, kelengkeng, multiflora, prupolis infeksi, kaliandra dan pait,” ujarnya.

“Kalau madu orang-orang lebih suka dari kelengkeng, karena lebih manis dan harum. Tapi kalau pandemi ini lebih banyak yang dari prupolis infeksi karena bagus untuk daya tahan tubuh,” lanjutnya.

Terakhir, Rini menuturkan perbedaan madu dan prupolis yang dihasilkan oleh lebah.

“Kalau prupolis dan madu itu beda, prupolis itu dari getah tanaman sedangkan madu dari nektar tanaman,” pungkasnya. (rap/gg)

  • Bagikan