Berikan Komentar Homophobia, DaBaby Kena 'Cancel' Netizen

Berikan Komentar Homophobia, DaBaby Kena ‘Cancel’ Netizen

  • Bagikan
DaBaby, rapper asal Amerika Serikat yang berikan komentar negative pada LGBTQ+ dan HIV/AIDS/tugu jatim
DaBaby, rapper asal Amerika Serikat yang berikan komentar negative pada LGBTQ+ dan HIV/AIDS. (Foto: Pinterest)

AMERIKA SERIKAT, Tugujatim.id – Rapper DaBaby menjadi topik perbincangan usai memberikan komentar negatif kepada kaum LBGTQ+ (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender, Queer dan lainnya) dan penderita HIV/AIDS (Human Immunodeficiencyvirus/Acquired Immune Deficiency Syndrome).

Komentar homophobia itu dikatakan ketika dia menjadi pengisi acara dalam festival musik Miami’s Rolling Loud Festival pada Minggu lalu (25/7/2021). Karena ulahnya itu pria bernama lengkap Jonathan Lyndale Kirk itu didepak dan tak bisa tampil pada penutupan Lollapalooza pada hari Minggu (1/8/2021). Bahkan netizan resmi meng-cancel pria berusia 29 tahun ini.

Melansir dari BBC News, kehebohan tersebut dipicu usai DaBaby meminta para penggemarnya untuk menyalakan senter handphone. Lalu rapper asal Amerika Serikat itu memberikan pengecualian bagi penonton yang terkena HIV atau laki-laki gay yang berhubungan seks di tempat parkir.

Melalui akun resmi di Twitter, Lollapalooza, mengungkapkan jika penutupan acara Anniversary Lollapalooza ke-30 ini akan diadakan tanpa menampilkan DaBaby. Alasannya jelas bahwa Lollapolaza didirikan atas keragaman, inklusivitas, rasa hormat dan cinta. Dengan pemikiran itu, DaBaby tidak akan lagi tampil di Grant Park.

Usai gagal tampil di salah satu festival musik terbesar ini, DaBaby mengungkapkan permintaan maafnya pada publik atas apa yang telah dilakukannya melalui akun Twitternya dan mengatakan jika netizen berhak marah atas yang ia ucapkan.

“Apa yang saya katakan tidak sensitif meskipun saya tidak ada niat untuk menyinggung siapa pun. Jadi mohon maaf . Tapi komunitas LGBT… Saya tidak tersandung pada kalian, kan. Urusan kalian tetap urusan kalian,” Ucap pria bernama asli Jonathan Lyndale Kirk melalui akun @DaBabyDaBaby.

Meskipun telah merilis permintaan maaf, rupanya netizen tidak ingin berhenti menyalahkan pelantun ‘Rockstar’ ini. Bahkan beberapa di antaranya memberikan pelesetan dari nama paggungnya ini.

“Baru saja menghapus semua musik DaBaby dari perpustakaan saya. He’s Cancelled!!,” ungkap akun Twitter @Giftedjawnie.

“DaBaby dihapus dari lineup Lollapalooza DAY OF HIS SET!!! Biarkan itu menjadi pengingat untuk berhati-hati dengan apa yang Anda katakan di mic,” ucap pemilik akun @klimbrmusic.

“Bayangkan kehilangan banyak sumber pendapatan karena Anda ingin menjadi homofobia dan bodoh. Di tahun 2021. #DaDummy,” kata akun @WrittenByTerry.

  • Bagikan