Berita Hoaks Kerusuhan di Pasar Gondanglegi saat PPKM, Kapolres Malang Bakal Kejar Pelaku

  • Bagikan
Video hoaks kerusuhan di Pasar Gondanglegi, Kabupaten Malang. (Foto: Humas Protokol Polres Malang/Tugu Jatim)
Video hoaks kerusuhan di Pasar Gondanglegi, Kabupaten Malang. (Foto: Humas Protokol Polres Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Beredar video hoaks keributan berdurasi 25 detik di sejumlah WhatsApp group. Dalam video tersebut juga tertera kalau lokasi keributan di Pasar Gondanglegi, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Nyatanya, Kapolsek Gondanglegi Kompol Agus Siswo mengatakan, kondisi di wilayahnya aman-aman saja. Hal itu lantaran dirinya bersama para anggota Polsek Gondanglegi setiap hari selalu patroli agar PPKM Darurat berjalan aman.

“Itu jelas hoaks, tidak apa-apa di (pasar) Gondanglegi. Aman terkendali sampai saat ini, tapi anggota baru saja membubarkan pedagang yang belum tutup ini tadi (kemarin malam),” tegasnya saat dikonfirmasi pada Rabu (07/07/2021).

Agus juga mengatakan, bangunan pasar di video itu jelas berbeda dari bangunan yang ada di Pasar Gondanglegi.

“Polres Malang saat ini sedang menelusuri penyebar dan pembuat video karena biasanya kalau ada berita yang tidak benar langsung ditelusuri dari mana asalnya,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono mengatakan akan menindak pidana oknum yang dengan sengaja membuat atau menyebarkan video hoaks. Lantaran, video tersebut sudah membuat keresahan di masyarakat yang sedang melaksanakan PPKM Darurat.

“Untuk berita atau video hoaks yang merugikan masyarakat itu akan kami telusuri dan ditindak pidana,” ungkapnya.

Menurut dia, beredarnya video hoaks tersebut akan membuat konflik di masyarakat karena memberikan informasi bohong bahwa kerusuhan terjadi di Kabupaten Malang.

“Kami pastikan akan ditelusuri siapa pelakunya karena sudah merugikan masyarakat yang tadinya kondusif, tapi dengan adanya video hoaks itu  jadi resah. Kondisinya jadi tidak bagus,” ujarnya.

  • Bagikan