Berkendara dengan Aman saat Naik Motor, Simak Tipsnya ya... - Tugujatim.id

Berkendara dengan Aman saat Naik Motor, Simak Tipsnya ya…

  • Bagikan
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)
Ilustrasi pengendara sepeda motor. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Hari Idul Fitri memang identik dengan kegiatan silaturahmi yang dilakukan ke keluarga, sanak saudara, hingga teman, mulai dari yang jaraknya dekat hingga jarak jauh. Untuk mempermudahnya, salah satu moda transportasi andalan yang biasa digunakan yaitu menggunakan sepeda motor. Nah, agar tetap aman dan nyaman di jalan sehingga bisa sampai tujuan dengan selamat, berikut Tugu Jatim menyajikan beberapa tips silaturahmi dengan menggunakan motor saat Lebaran.

1. Lakukan servis motor jauh sebelum hari raya supaya tidak terjadi kerusakan di tengah jalan ketika Anda berkendara.

2. Sebelum melakukan perjalanan, isi bensin motor sampai penuh. Sebab, saat Lebaran biasanya terjadi antrean di SPBU.

3. Jangan melebihi kapasitas dan terlalu berat dalam membawa penumpang. Sebab, hal itu dapat mengganggu keseimbangan saat berkendara.

4. Gunakan safety gear yang lengkap dan nyaman, baik untuk pengendara maupun penumpang.

5. Jaga jarak aman antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya karena biasanya jalanan padat oleh kendaraan lain, baik roda dua maupun roda empat.

6. Gunakan kecepatan yang aman dan ikuti alur (jangan terlalu pelan atau terlalu kencang) agar terhindar dari bahaya kecelakaan.

7. Hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, hingga berhenti agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.

8. Lakukan akselerasi atau pengereman secara halus, terutama bagi yang membonceng anggota keluarga atau membawa barang bawaan.

9. Jaga konsentrasi, kondisi fisik, kontrol emosi, dan selalu patuhi peraturan lalu lintas ketika di jalan. Perhatikan kesehatan selama berkendara. Jika lelah, sebaiknya istirahat terlebih dahulu. Selain itu, jaga nutrisi dan stamina.

10. Jaga selalu protokol kesehatan, baik saat berkendara maupun ketika bersilaturahmi di tempat saudara atau teman. Pengendara harus selalu menggunakan masker, hand sanitizer, dan sering mencuci tangan dengan sabun cuci tangan. Pengguna, termasuk pencinta motor, sebaiknya menggunakan safety gear yang bersih.

Nah, itu tadi tips berkendara yang aman dan nyaman saat Lebaran. Semoga Anda selamat sampai di tujuan.

  • Bagikan