Butterfly Hug, Metode Atasi Cemas dan Takut

Butterfly Hug, Metode Atasi Cemas dan Takut

  • Bagikan
Ilustrasi orang yang melakukan butterfly hug untuk menghilangkan kecemasan/tugu jatim
Ilustrasi orang yang melakukan butterfly hug untuk menghilangkan kecemasan. (Foto: Pinterest)

Tugujatim.id Butterfly hug (pelukan kupu-kupu) adalah salah satu metode yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa cemas, ketakutan, stres  dan mengatur mood agar stabil. Pelukan ini dapat memberikan rasa tenang dan membuatmu lebih rileks.

Pada awalnya, butterfly hug dipraktekan pasca badai besar di Meksiko. Para korban yang selamat dituntun untuk melakukan pelukan kupu-kupu sebagai pertolongan pertama untuk mengurangi kecemasannya. Ternyata, dampak dari pelukan ini sangat bagus dan dapat mengurangi trauma. Mereka tertolong dari rasa takut yang menghampiri.

Nah jika kamu tiba-tiba mengalami kecemasan, ketakutan, dan kesedihan maka butterfly hug bisa menjadi solusi. Berikut ini cara melakukannya.

  1. Carilah tempat yang tenang jika memungkinkan, kemudian tenangkan diri di sana.
  2. Letakan kedua tanganmu di depan dada dengan posisi silang, lalu jari-jari berada di lengan atas seperti posisi memeluk.
  3. Tutup kedua matamu, tenangkan diri sembari mengatur napas. Jangan lupa tetap fokuskan pikiran.
  4. Lakukan gerakan menepuk-nepuk tangan secara perlahan. Kamu dapat melakukan gerakan ini minimal 30 detik atau lebih. Pokoknya sampai merasa tenang.
  5. Sambil menepuk-nepuk, kamu bisa mensugestikan diri. Atur napasmu lagi, lalu rasakan semua hal yang ada di sekitar termasuk memikirkan permasalahanmu. Bisa juga sambil berbicara pada diri sendiri, “Nggak apa-apa, semuanya baik-baik saja.” Atau perkataan lain yang bisa membuatmu tenang.
  6. Bayangkan segala perasaan dan emosi yang kamu rasakan saat ini melewati dirimu. Bisa juga mengeluarkan semua emosi itu, boleh menangis. Sadari bahwa hal itu memang ada dan tidak perlu memaksa untuk mengubahnya, hanya perlu berlapang dada.
  7. Kamu dapat berhenti ketika sudah merasa tenang.

Itulah cara melakukan butterfly hug. Metode ini ini memang memberikan dampak yang signifikan, tetapi tetap saja penggunaannya hanya untuk pertolongan pertama, bukan terapi. Jadi, jika kecemasan, ketakutanmu terlalu besar, tetap dibutuhkan terapi ke tenaga profesional.

  • Bagikan