Tugujatim.id – Digital marketing memang menjadi bidang pekerjaan yang sedang hype saat ini. Tidak mengherankan sampai ada lembaga pelatihan yang mengadakan Kursus Online untuk mengajari cara belajar digital marketing. Salah satu topik belajar DigiMar yang populer adalah cara jadi social media specialist.
Supaya mendapatkan penggambaran yang lebih jelas tentang bagaimana cara belajar digital marketing, artikel ini akan menjelaskannya buat Anda.
1. Pilih Tempat Kursus yang Berkompeten
Lembaga yang menyediakan jasa pelatihan digital marketing memang ada di mana-mana, tapi tidak semua ada kualitasnya.
Anda tentu tidak mau bukan sudah alokasi dana dan waktu ikut pelatihan yang isinya ternyata cuma angin belaka? Oleh karena itu, dalam menentukan tempat pelatihan, Anda harus melakukan riset dulu untuk memastikan kualitasnya. Seperti riset tentang apa saja materi yang akan mereka ajarkan, riset kompetensi pengajarnya, dan lain-lainnya.
Sehubungan dengan itulah, Ngalup hadir buat Anda yang memiliki kebutuhan tersebut lewat pelatihan bertajuk PraticClass. Materi yang akan diajarkan hanya yang penting-penting saja sehingga Anda akan segera dapat memahami dengan lebih jelas seputar digital marketing.
Untuk masalah pengajar juga tidak perlu Anda ragukan karena sudah banyak memiliki pengalaman dalam bidang ini, baik itu secara teoretis maupun praktikal. Jadi tunggu apalagi, segera bergabung bersama Ngalup meraih karir impian Anda.
2. Belajar dengan Mencoba Praktik Langsung
Supaya semakin efektif, maka cara belajar digital marketing yang sebaiknya Anda terapkan yaitu dengan langsung mempraktikannya. Disebut efektif karena dengan melakukan hal itu, Anda akan lebih mudah mencerna teori yang sudah dipelajari sebelumnya.
Adapun contoh dari praktik digital marketing yang bisa Anda coba di antaranya:
● Mencoba membuat konten artikel SEO ataupun video dengan berbagai topik dan gaya bahasa penyampaiannya.
● Mencoba semua fitur dari salah 1 media sosial yang Anda sudah sangat familier.
● Mengutak-atik pengaturan profil media sosial mulai dari kolom deskripsi, foto profil, dan nama akun.
● Mempelajari semua parameter yang terkait metriks performa konten media sosial. Tenang saja tidak usah membayar untuk tools tambahan. Beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook menyediakan fitur bisnis. Fitur inilah yang memberikan informasi detail mengenai metriks performa konten yang Anda unggah.
● Membiasakan diri berinteraksi dengan audiens yang kebetulan meninggalkan komentar pada konten Anda dan lain-lainnya.
3. Belajar dari yang Sudah Lebih Berpengalaman
Belajar dari yang lebih berpengalaman sebagai cara belajar digital marketing di sini bukan cuma dalam konteks kursus formal. Kamu bisa mencontohnya pula dari apa yang mereka lakukan sehari-hari dalam mengelola media sosial. Misalnya:
● Bagaimana mereka membawakan konten dari segi isi maupun gaya bahasanya kepada audiens.
● Bagaimana mereka berinteraksi dengan audiens langsung dalam kolom komentar.
● Bagaimana mereka membangun branding secara konsisten untuk menarik audiens yang tepat.
Maka dari itu mulai sekarang pakailah media sosial Anda tidak hanya follow artis-artis yang cantik atau ganteng, ikuti juga para ahli digital marketing. Tujuannya agar kamu dapat mengikuti bagaimana perkembangan mereka yang bisa kamu jadikan sebagai inspirasi.
4. Mulai Ikuti Perkembangan Tren yang Terjadi
Segala sesuatu yang viral atau tren pasti ada masanya, tidak akan pernah bertahan lama. Inilah yang menjadi alasan mengapa kamu harus selalu mengikuti perkembangan tren yang terjadi begitu cepatnya sebagai cara belajar digital marketing.
Mengikuti tren menjadi penting untuk menjaga konten-konten yang kamu buat tetap relevan. Sedikit saja tidak up-to-date maka audiens akan menganggap kamu sudah tidak lagi relevan dengan mereka. Tinggal menunggu waktu kamu akan ditinggalkan begitu saja.
Memangnya apa yang membuat perkembangan tren menjadi begitu krusial? Sebabnya tren yang terjadi dapat kamu jadikan acuan bagaimana membuat strategi marketing yang tepat sesuai dengan selera konsumen saat ini.
5. Rajin Meminta Masukkan
Tidak dapat dipungkiri kritik dan saran yang masuk akan lebih banyak tidak enaknya untuk Anda dengar. Meski demikian, Anda tetap membutuhkannya sebagaimana obat itu pahit tapi tetap krusial bagi penyembuhan penyakit.
Kritik dan saran pun berfungsi demikian yaitu membuat Anda menjadi sadar tentang kesalahan yang dilakukan dalam pembuatan suatu konten. Dari situ dapat Anda jadikan pelajaran yang sangat berharga agar tidak lagi melakukan kesalahan tersebut sehingga menjadikan kualitas konten semakin bagus.
Kritik dan saran tersebut bisa Anda minta dari orang-orang terdekat seperti keluarga dan teman dari sudut pandang mereka sebagai audiens umum. Syukur-syukur kalau Anda mempunyai kenalan yang berpengalaman yang mampu memberikan masukan secara lebih kredibel.
6. Menjalin Lebih Banyak Lagi Relasi
Jangan salah, menjalin relasi bukan hanya memperluas informasi soal lowongan pekerjaan tapi dapat Anda jadikan pula sebagai cara belajar digital marketing. Dengan semakin luas relasi maka akan semakin banyak pula orang yang akan dengan senang hati membantu untuk meningkatkan skill dalam digital marketing.
Selain itu, memperbanyak relasi akan memperbesar peluang Anda bertemu dengan orang-orang kompeten yang memang dibutuhkan. Apalagi sekarang sudah ada media sosial khusus para profesional. Manfaatkan ini sebaik mungkin menjalin relasi dengan para ahli digital marketing dengan langkah-langkah berikut:
● Memberikan komentar dalam konten yang mereka buat. Sebenarnya bisa juga lewat fitur private chat tapi kalau Anda memakainya maka pastikan menyapa dengan sopan.
● Secara perlahan pancing diskusi dengan mereka lewat menanyakan apakah konten Anda sudah cukup bagus.
● Mulai perdalam diskusi dengan saling bertukar ide seputar digital marketing.
Ternyata tidak rumit bukan cara belajar digital marketing? Terpenting di sini adalah seberapa besar kemauan Anda untuk terus belajar dan menerima masukan. (adv)
Writer: Imam A. Hanifah
Editor: Dwi Lindawati