Cara Membuat Ikan Hias Channa Lebih Cantik dan Sehat

Cara Membuat Ikan Hias Channa Lebih Cantik dan Sehat

  • Bagikan
Ikan Channa. (Foto: Pinterst)

Oleh: Amandha Tito Nursahid

Tugujatim.id – Memelihara ikan hias menjadi kegemaran tersendiri bagi beberapa orang saat pandemi ini. Misalnya, salah satu ikan gabus hias atau yang sering disebut ikan channa.

Seperti ikan hias pada umumnya, ikan channa juga memiliki kriteria yang dimiliki ikan hiasa lainnya, baik dari segi warna dan juga agresivitasnya.

Ikan channa bisa jadi salah satu pilihan untuk menghiasi aquarium di rumah Anda, bahkan bisa menjadi bentuk usaha yang menguntungkan jika Anda mau meperjual-belikannya.

Namun, tentu ada treatment atau perlakuan untuk membuat ikan channa terlihat lebih cantik dan sehat

1. Menjaga Kondisi Air

Ikan channa memiliki jenis dan kondisi air yang berbeda dengan ikan pada umumnya. Kondisi air untuk ikan channa dibagi menjadi 2 yaitu kondisi air dingin dan kondisi air hangat.

Untuk channa dwarf yang berasal dari India jenis blue pulchrea, belheri, andrao, atau stewarti lebih cocok dengan kondisi air dingin. Warna ikan channa dengan kondisi air yang dingin akan lebih mudah beradaptasi dengan aquarium apabila air kisaran 24oC-26oC.

Khusus untuk channa maru lebih cocok dengan air hangat. Biasanya digunakan penghangat air untuk mencapai suhu tertentu, tujuannya untuk menaikan warna dari channa maru dan mencegah terkena jamur kapas.

2. Penggunaan Substrat

Tujuan penggunaan substrat adalah untuk memengaruhi warna pada ikan channa. Penggunaan substrat gelap akan membuat warna ikan channa lebih gelap dan pekat. Sementara, untuk substrat dengan warna yang cerah membuat warna ikan channa cenderung cerah dan lebih pucat.

3. Cara Memberi Pakan

Pemberian makan untuk ikan channa sendiri ada beberapa jenis. 1) Menggunakan udang. Udang menerupakan salah satu makanan di habitat aslinya, pemeberian makan udang juga dapat membuat warna ikan channa ini menjadi lebih cantik.

2) Pelet, pemberian makan pelet sendiri adalah alternatif makan selain mudah didapat dan murah, pelet mengandung nurtisi yang dibutukan ikan channa. 3) Cacing tanah, pakan ini berfungsi menyembuhkan ikan channa yang sakit. Cacing tanah memiliki protein yang cukup untuk mengobati sirip yang robek dan mengobati luka pada tubuh ikan channa.

4) Cacing sutra, memiliki kandungan nutrisi dan lemak yang baik untuk ikan channa sangat direkomendasika untuk pembesaran ikan channa. 5) Maggot, sejenis larva yang sengaja dikembangbiakan. Maggot sendiri memiliki protein yang cukup tinggi dan sangat baik untuk memunculkan warna dan pertumbuhan pada ikan channa.

  • Bagikan