Cetak Jurnalis Muda, Pondok Inspirasi Gandeng Tugu Media Group Gelar Journalist Camp

Caption: Herlianto.A, redaktur Tugu Jatim, saat menjelaskan teknik wawancara dan menulis berita dalam acara journalist camp oleh Pondok Inspirasi di Lebak Bulus, Jakarta pada Sabtu (27/08/2022). (Foto : Dokumen/Aldi)

JAKARTA, Tugujatim.id – Pelatihan jurnalistik yang digelar Pondok Inspirasi berlangsung lancar dan menarik di Lebak Bulus, Jakarta pada Sabtu 27 Agustus 2022. Acara yang diadakan bekerjasama dengan Tugu Media Group itu dalam rangka meningkatkan kapasitas member fondasi dalam dunia tulis menulis.

Selain Pondok Inspirasi, pelatihan jurnalistik ini juga diikuti anggota Konsorsium Paragon yaitu, Rumah Visioner, Maxima Indonesia, dan Dampak Sosial Indonesia. Para peserta Journalist Camp banyak mendapatkan ilmu dan keterampilan tentang jurnalistik khususnya dalam menulis berita, features, dan tekni wawancara dalam kegiatan yang akan berlangsung hingga Minggu, 28 Agustus 2022 tersebut. Peserta yang berjumlah 12 juga diminta untuk mengambil berita langsung ke lapangan, yaitu observasi dan wawancara.

“Kegiatan ini adalah bentuk komitmen Pondok Inspirasi untuk meningkatkan minat dan keterampilan pemuda tentang kepenulisan, khususnya menulis berita, features, dan jurnalistik yang pada kali ini mengajak Tugu Media Group sebagai kolaborator, ” ujar ketua pelaksana kegiatan yang juga mahasiswa jurusan Teknologi Pangan di IPB University, Achmad Rifqi.

Selaras dengan pendapat tersebut, salah satu peserta yaitu Bima Sukma Aji juga mengatakan kegiatan ini sangat menambah wawasan dan pedoman dalam menyusun sebuah berita dan features apalagi pengambilan berita juga dilaksanakan langsung ke lapangan.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang menarik dan asik. Kami diminta untuk langsung ke lapangan dan mencari narasumber untuk diwawancarai,” ucap Bima.

Sementara pemateri pelatihan yang juga redaktur Tugu Malang, Herlianto. A, mengatakan konsep menulis berita dan features mirip dengan mengerjakan penelitian dan skripsi seperti yang biasa dilakukan mahasiswa yaitu mengumpulkan data dan menuliskan data itu.

“Cara menulis features dan berita memiliki kemiripan dengan menulis laporan penelitian, seperti jenis narasumber yang digunakan, langkah-langkah, dan framing dalam menulis,” ucap Pemuda yang menempuh S2 di UGM itu. Kegiatan Pelatihan ini tentunya tidak akan berhasil tanpa mendapat dukungan penuh dari Founder Pondok Inspirasi, Rico Juni Artanto.

Rico, sapaan akrabnya, menilai penting untuk selalu menumbuhkan kemampuan berpikir kritis yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan.

“Kepenulisan ini kan DNA-nya Pondok Inspirasi jadi harus selalu kita jaga dan tingkatkan bukan hanya di karya tulis tapi juga di bidang jurnalistik khususnya membuat berita dan features,” ujar pria yang sekarang menjadi CSR di PT. Paragon Technology and Innovation.

Menurut Rico, kedepan akan terus dilakukan kegiatan dan pembinaan serupa untuk meningkatkan kemampuan pemuda dalam berpikir kritis dan menuangkan hasil pikiran lewat berita.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim