Check-in dengan Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa tanpa Kuota Internet

Check-in dengan Aplikasi PeduliLindungi Kini Bisa tanpa Kuota Internet

  • Bagikan
Pengunjung Gereja Katolik Santo Paulus Bojonegoro saat melakukan check-in aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki gereja pada 23 Desember 2021.
Pengunjung Gereja Katolik Santo Paulus Bojonegoro saat melakukan check-in aplikasi PeduliLindungi sebelum memasuki gereja pada 23 Desember 2021. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyebutkan bahwa kini aplikasi PeduliLindungi bisa melakukan “Offline Check In” tanpa membutuhkan kuota internet.

“Check-in dengan PeduliLindungi di ruang publik, gedung perkantoran, atau di mana saja semakin mudah dengan fitur Offline Check-in,” tulis akun Instagram @kemenkominfo, dikutip Rabu (19/01/2022).

Fitur offline check-in aplikasi PeduliLindungi ini tidak memiliki tombol atau opsi khusus untuk mengaktifkannya. Caranya pun sama seperti check-in biasa, yang membedakan hanya saja tidak memerlukan kuota atau internet.

Adapun cara scan QR Code PeduliLindungi tanpa internet, yaitu sebagai berikut

1. Update aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru.
2. Buka aplikasi PeduliLindungi di ponsel Anda
3. Pilih menu QR Code. Pilih “I Agree” pada permintaan izin akses kamera
4. Pindai QR Code yang ada di masing-masing pintu masuk
5. Pilih Check-in
6. Notifikasi check-in sukses akan muncul di layar

Seperti diketahui, aplikasi PeduliLindungi digunakan untuk mengetahui status vaksinasi Covid-19 pengunjung ke tempat yang dikunjungi dan menjadi alat tracing potensi penyebaran Covid-19.

Ada empat parameter warna yang menunjukan status vaksinasi seseorang saat melakukan check-in memanfaatkan fitur QR Code di PeduliLindungi di antaranya:

Warna Hitam, pengunjung terdata sebagai pasien terkonfirmasi positif COVID-19 atau memiliki riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19. Pengunjung dengan kategori ini tidak diperbolehkan untuk masuk ke tempat umum.

Warna Merah, pengunjung belum menerima vaksin COVID-19 atau bisa jadi pengunjung memiliki kontak erat dengan pasien COVID-19. Sama dengan kategori warna hitam, pengunjung tidak boleh masuk ke tempat umum.

Warna Kuning/Oranye, pengunjung sudah menerima vaksin COVID-19 dosis pertama. Pengunjung boleh masuk ke tempat umum setelah petugas melakukan verifikasi lebih lanjut.

Warna Hijau, pengunjung sudah menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap dan memiliki status aman. Warna hijau diperbolehkan masuk tempat umum.

  • Bagikan