Chris Hemsworth Putuskan Rehat dari Dunia Akting Akibat Penyakit Alzheimer

Chris Hemsworth. (Foto: IG @chrishemsworth/Tugu Jatim)
Pemeran Thor, Chris Hemsworth, umumkan akan ambil cuti dari dunia akting akibat diagnosa mengidap Alzheimer. (Foto: IG @chrishemsworth)

Tugujatim.id – Chris Hemsworth umumkan akan ambil cuti dari dunia akting setelah terindikasi memiliki risiko tinggi terhadap penyakit Alzheimer. Pemeran Thor ini mengatakan bahwa tes tersebut memvalidasi ketakutan terbesarnya dan akan segera mencoba mengambil langkah pencegahan.

Aktor berusia 39 tahun itu mengetahui bahwa dia memiliki dua salinan gen ApoE4 yang diwarisi dari kedua orang tuanya. Ini membuatnya 10 kali lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit Alzheimer. Diketahui hanya sekitar 2-3 persen populasi yang membawa dua salinan gen tersebut.

Melansir dari Alzheimer’s Association, Alzheimer adalah istilah umum untuk kehilangan ingatan dan kemampuan kognitif lain yang cukup serius dan mengganggu kehidupan sehari-hari. Dikatakan bahwa Alzheimer juga menyumbang sekitar 60-80% dari kasus demensia.

Suami dari Elsa Pataky ini menjelaskan bahwa apa yang telah menimpa dirinya ini bukanlah diagnosis belaka, tapi memang telah diperingatkan tentang risiko yang akan meningkat hingga beberapa tahun ke depannya.

“Ini bukan gen pra-deterministik, tapi merupakan indikasi kuat. Sepuluh tahun yang lalu, saya pikir itu lebih dianggap sebagai penentu,” jelas Chris Hemsworth dikutip dari interview oleh majalah Vanity Fair pada Kamis (17/11/2022).

Pria kelahiran Australia ini mulai mengambil langkah-langkah untuk mengelola risiko dengan menjaga kesehatan fisik dan mentalnya untuk dapat mencegah perkembangan gangguan penyakit tersebut selama mungkin dengan menerapkannya secara konsisten.

“Jika Anda melihat pencegahan Alzheimer, manfaat dari langkah-langkah pencegahan adalah memengaruhi sisa hidup Anda. Ini semua tentang manajemen tidur, manajemen stres, nutrisi, gerakan, dan kebugaran. Ini semua adalah alat yang sama yang perlu diterapkan secara konsisten,” ujarnya.

Chris rencananya juga akan segera mengambil jeda dalam dunia akting setelah menyelesaikan tur publisitas untuk Limitless bersama dengan kontrak pekerjaan lainnya. Dia akan pulang ke Byron Bay di Australia dan menghabiskan waktu bersama pasangan dan ketiga anaknya.