Iran 0-1 AS, Gol Christian Pulisic Bawa Amerika Serikat Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia

Chrtistian Pulisic. (Foto: IG @cmpulisic/Tugu Jatim)
Chrtistian Pulisic menjadi pahlawan AS setelah membawa timnya lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: IG @cmpulisic)

Tugujatim.id – Amerika Serikat lolos ke babak sistem gugur Piala Dunia setelah Christian Pulisic mencetak satu-satunya gol kemenangan dalam pertandingan melawan Iran dengan skor akhir 1-0 sebelum akhirnya pemain Chelsea tersebut dibawa ke rumah sakit karena cedera pada Rabu (30/11/2022).

Swinger Chelsea tersebut mengalami cedera pada pinggulnya tak lama setelah aksi beraninya itu yang memaksa dirinya untuk ditandu keluar lapangan pada babak kedua. Tim Nasional AS kemudian mengonfirmasi bahwa dia telah dibawa ke rumah sakit dan mengalami “Pelvic Contusion” atau memar pinggul.

Pelatih AS Gregg Berhalter berkata Christian Pulisic merasa pusing dan sakit di bagian perutnya.

“Dia merasa pusing dan sakit di bagian perutnya. Saya mengirim pesan dan memeriksakannya. Dia berkata percayalah saya akan siap pada hari Sabtu,” ujar Gregg Berhalter menirukan jawaban Christian Pulisic.

AS sekarang akan melawan Belanda pada Sabtu (03/12/2022) dalam pertandingan pertama babak 16 besar setelah tim Louis van Gaal mengamankan tempat mereka sebagai juara Grup A dengan kemenangan atas tuan rumah Qatar.

Melihat hasil AS pada saat di fase grup, tampaknya Belanda tidak boleh meremehkan dan harus berhati-hati terhadap AS. Tim asuhan Gregg Berhalter itu tampil apik dengan hanya menerima kekalahan sekali kala melawan Prancis.

AS kini telah mencapai babak sistem gugur Piala Dunia dalam tiga penampilan berturut-turut di kompetisi tersebut. Mereka melakukannya pada 2010 dan 2014 sebelum akhirnya tersingkir pada tahap ini pada 2006.

AS telah mencatatkan clean sheet dari dua pertandingan Piala Dunia terakhir mereka, dalam 28 pertandingan sebelumnya di turnamen tersebut. Memang ini kali pertama mereka melakukan hal tersebut di pertandingan berturut-turut dalam turnamen sejak dua pertandingan pertama mereka pada 1930.