Coban Nirwana, Air Terjun Indah yang Terabaikan

  • Bagikan
Coban Nirwana (Foto:rap)

KABUPATEN MALANG, Tugujatim.id – Mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan wisata alam bernama Coban Nirwana yang terletak di Desa Gedangan, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Jika dibandingkan dengan coban-coban lainnya di Kabupaten Malang, sajian panorama yang disuguhkan Coban Nirwana ini tidak kalah bagusnya.

Relief-relief batu yang terbentuk ratusan tahun dan air terjun bertingkat membuat Coban Nirwana memiliki daya tarik tersendiri. Lokasinya yang tersembunyi membuat tempat ini begitu sunyi dan cocok untuk menenangkan diri jauh dari hiruk pikuk perkotaan.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Bahkan, tempat ini belum memiliki loket untuk tiket masuk. Eits, tapi jangan salah ya, wisatawan dapat memarkirkan kendaraannya dengan aman di rumah-rumah warga sekitar dengan biaya hanya Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil. Ramah di kantong banget kan gaes…

Sayangnya pemandangan yang indah tak sebanding dengan perawatannya. Objek wisata potensial seperti ini belum mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Hampir tidak ada penunjuk arah menuju Coban Nirwana membuat wisatawan sangat rawan tersesat.

Salah seorang wisatawan bernama Isa mengatakan jika dia tersesat beberapa kali meskipun sudah mengikuti arahan dari Google map.

“Syukurnya warga sekitar sangat baik sekali, saya tanya arah justru langsung diantarkan langsung ke lokasi,” ungkapnya saat ditemui tugumalang.id pada Jumat (08/01/2021).

Kondisi track jalan kaki menuju lokasi Coban Nirwana dari rumah warga juga cukup membahayakan. Sebab, beberapa jalan kondisinya masih berupa tanah basah yang licin.

“Sangat tidak direkomendasikan menggunakan sepatu dengan alas kaki yang licin, mungkin lebih baik kalau memakai sepatu gunung atau sepatu dengan alas yang bergigi,” ungkapnya.

Meskipun akses yang sulit, pria asal Klojen, Kota Malang, ini tetap menikmati keasrian Coban Nirwana.

“Di sini udaranya sejuk, sangat cocok untuk bersantai sendirian atau bersama keluarga,” ujarnya. (rap/ln)

  • Bagikan