4 Kecamatan di Tuban Terendam Banjir

  • Bagikan
Banjir yang terjadi di Tuban, Jumat (8/1/2021) malam. (Foto: Moch Abdurrochim/gg)
Banjir yang terjadi di Tuban, Jumat (8/1/2021) malam. (Foto: Moch Abdurrochim/gg)

TUBAN, Tugujatim.id – Total sebanyak 4 kecamatan di Kabupaten Tuban terendam banjir, hingga Jumat (8/1/2021) malam. Banjir tersebut terjadi lantaran hujan lebat yang mengguyur Tuban tanpa henti sejak siang hingga malam hari.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, menyebut terdapat 5 desa dari 4 kecamatan yang terendam banjir. Empat daerah itu antara lain Kecamatan Semanding, Kecamatan Merakurak, Kecamatan Plumpang, dan Kecamatan Kerek.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Hal tersebut disampaikan melalui unggahan resmi di akun media sosial BPBD Tuban, Jumat (8/1/2021) malam.

Lima daerah yang terendam banjir di Tuban tersebut meliputi Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Di mana yang terendam yaknio Dusun Ngroto, Dusun Krajan, Dusun Trawulan, akses Jalan menuju Wisata Pemandian Bektiharjo, dan Dusun Troulan.

Masih di Kecamatan Senmanding, Desa Tunah juga terendam banjir. Banjir yang terjadi di titik ini hingga menggenangi jalan provinsi sepanjang kurang lebih 500 meter di mana ketinggian air sampai lutut orang dewasa.

Kemudian Desa Tuwiri Wetan, Kecamatan Merakurak, banjir menerjang daerah tersebut lantaran banjir kiriman dari tanjakan Koro yang berdampak daerah dibawahnya.

Tidak hanya itu, banjir juga mengakibatkan tanggul kali Avour jebol selebar 4 meter. Debit air yang terlalu tinggi menyebabkan tanggul tidak mampu menahan derasnya air hingga akhirnya jebol.

Sebenarnya, sungai tersebut pernah mengalami nasib yang sama. Beberapa waktu lalu, tanggul tersebut juga jebol dan sudah dilakukan penanganan darurat. Namun, tingginya voluemu air membuat tanggul darurat itu kembali menganga.

Selain itu, si isepanjang sungai tersebut juga ditemukan 20 titik tanggul kritis dengan ukuran yang bervariasi meski sudah dilakukan penanganan darurat.

Kemudian yang terakhir banjir juga melanda di Kecamatan Kerek tepatnya di Desa Margomulyoz Temayang dan Padasan Waduk Singkil.

Sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa maupun luka-luka akibat kejadian ini. (Moch Abdurrochim/gg)

  • Bagikan