Daun Kelor, Pohon Ajaib dengan Beragam Manfaat! - Tugujatim.id

Daun Kelor, Pohon Ajaib dengan Beragam Manfaat!

  • Bagikan
Ilustrasi bubuk daun kelor. (Foto: Pixabay/Tugu Jatim)
Ilustrasi bubuk daun kelor. (Foto: Pixabay)

MALANG, Tugujatim.id – Siapa sih yang tidak tahu dengan daun kelor. Tanaman ini memiliki ukuran daun yang cukup kecil. Bahkan, sampai ada peribahasa yang mengatakan “Dunia tak selebar daun kelor”. Artinya, dunia itu kecil sekali, padahal ukuran daun kelor lebih kecil dibanding daun tanaman lainnya. Meski begitu, daun kelor menyimpan segudang manfaat lho!

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan:

1. Meredakan sakit asma.

2. Menyembuhkan diabetes.

3. Mengurangi obesitas.

4. Mengobati asam urat.

5. Mengobati rasa nyeri dan linu.

6. Menghilangkan flek di wajah.

7. Baik untuk melancarkan ASI.

Saking banyaknya manfaat yang dikandung oleh daun kelor. Para ilmuwan sampai menjulukinya dengan sebutan pohon ajaib (miracle tree). Daun kelor kaya potasium, kalsium, vitamin A, vitamin C, serta protein.

Cara mengolah daun kelor untuk dikonsumsi bisa dengan berbagai cara. Yaitu, dengan merebus daun yang sudah dihaluskan, kemudian menyaring air sarinya. Selain itu, Anda juga bisa mengeringkan daun kelor dan dibuat menjadi serbuk. Jika ingin langsung mengonsumsinya, Anda bisa mengolahnya menjadi sayur bening atau sayur oseng.

Tapi, dalam mengolah daun kelor, sebaiknya Anda tidak banyak menambahkan penyedap rasa atau micin. Sebab, hal tersebut akan mengurangi manfaat dari daun kelor. Cukup olah dengan bumbu-bumbu alami seperti bawang merah, bawang putih, dan berbagai rimpang-rimpangan, serta sedikit garam agar manfaat daun kelor bisa bekerja maksimal untuk tubuh.

Melansir dari WebMD, daun dari tumbuhan yang banyak tumbuh di daerah tropis ini juga bisa diolah menjadi minyak rambut, minyak pelumas mesin, serta bisa diolah menjadi parfum. Di India dan Afrika, daun kelor dikeringkan dan dimanfaatkan untuk mengatasi kurang gizi. Sebab, tumbuhan ini sangat murah dan mudah tumbuh. Tapi, daun kelor tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil ya karena mengandung senyawa yang akan membahayakan janin.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjalankan hidup sehat. Tidak perlu mahal, banyak cara yang mudah dan murah yang dapat dilakukan oleh siapa pun. Salah satunya dengan mengonsumsi daun kelor. Bagaimana apakah daun kelor akan masuk ke dalam menu masakan Anda selanjutnya?

 

  • Bagikan