Didukung PT Paragon, Tugu Media Group Siap Gelar Uji Kompetensi Wartawan 2021 - Tugujatim.id

Didukung PT Paragon, Tugu Media Group Siap Gelar Uji Kompetensi Wartawan 2021

  • Bagikan
Direktur Solopos Media Group Suwarmin saat memberikan materi dalam Webinar Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Tugu Media Group X Solopos Media Group, Selasa (24/08/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Jatim) 
Direktur Solopos Media Group Suwarmin saat memberikan materi dalam Webinar Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar oleh Tugu Media Group X Solopos Media Group, Selasa (24/08/2021). (Foto: M. Sholeh/Tugu Jatim) 

MALANG, Tugujatim.id – Perusahaan media Tugu Media Group yang membawahi media terverifikasi www.tugumalang.id dan www.tugujatim.id resmi akan menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) pada 9-10 September 2021, di Kampus Universitas Gajayana (Uniga) Malang.

Dalam UKW ini, Tugu Media Group bekerja sama dengan Solopos Institute sebagai salah satu lembaga uji yang diakui Dewan Pers. UKW ini akan diikuti 36 wartawan. Rinciannya, 15 wartawan dari Tugu Media Group dan 21 wartawan lain dari berbagai media di Jawa Timur.

Sebelum menjalani tahapan UKW, Webinar Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar oleh Tugu Media Group X Solopos Media Group sebagai pengantar UKW dipandu oleh Manager Solopos Institute Udi Solahudin pada Selasa (24/08/2021).

Syifaul Arifin, Redaktur Pelaksana Solopos Media Group, yang juga menjadi salah satu penguji UKW, menyampaikan teknis pelaksanaan UKW. Selain itu, dia juga menyampaikan teknik wawancara, penulisan berita, dan menulis esai.

UKW ini didukung oleh PT Paragon Technology and Innovation, perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia yang membawahi sejumlah brand, yakni Wardah, Emina, Kahf, Make Over, dan lain-lainnya.

”Saya sangat mengapresiasi acara ini, karena jurnalis adalah garda depan dalam memberitakan hal-hal positif, serta berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata CEO PT Paragon Salman Subakat.

Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Salman Subakat.(Foto: Dok/Tugu Jatim)
Chief Executive Officer (CEO) PT Paragon Technology and Innovation (PTI) Salman Subakat.(Foto: Dok/Tugu Jatim)

Menurut dia, peran jurnalis di era 4.0 ini sangat vital.

”Jadi, hal sederhana yang kadang tulisan jurnalis tersebut diangggap remeh, tapi itu secara tidak sengaja bisa mengubah hidup orang lain, karena tulisan itu yang menginspirasi,” katanya.

Hal senada diungkapkan salah satu peserta UKW bernama Moch. Atha`Iliah Ibnu Salim dari Berita Bangsa Surabaya, kompetensi wartawan ini sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan media massa di era 4.0 ini.

”Dengan terus mengasah kompetensi wartawan akan menunjukkan profesionalitas media massa dalam menjawab tantangan industri pers dari masa ke masa,” terang dia.

Terus terang, dengan adanya UKW yang diadakan Tugu Media Group x Solopos Institute ini sangat membantu dirinya. Sebab, selama menjalani profesi wartawan selama 2 tahun ini, dirinya belum pernah merasakan uji kompetensi.

”Kami berterima kasih kepada Tugu Media Group yang menyelenggarakan UKW ini. Saya berharap saya dan semua peserta bisa melalui UKW dengan lancar,” harapnya.

Sementara itu, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq mengatakan, digelarnya UKW ini dalam membangun ekosistem media yang berkelanjutan.

“Karena wartawan adalah ujung tombak dari media, maka kompetensinya harus terus diasah dan ditingkatkan,” katanya.

  • Bagikan