Dosen Itu Adalah Coach yang Menggali Potensi Mahasiswa agar Selalu Berinovasi

  • Bagikan
Talent Advisor Corporate Coach and Psikolog PT Paragon Technology and Innovation Tanti Mantily Dewi saat menyampaikan materi kepada para dosen di Jawa Timur. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)
Talent Advisor Corporate Coach and Psikolog PT Paragon Technology and Innovation Tanti Mantily Dewi saat menyampaikan materi kepada para dosen di Jawa Timur. (Foto: Feni Yusnia/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – PT Paragon Technology and Innovation (PTI) terus berkomitmen menjadi perusahaan yang berkualitas dan bermanfaat bagi mitra, masyarakat, maupun lingkungan pendidikan. Perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia ini pun menggelar “Lecturer Coaching Movement” khusus Wilayah Jawa Timur (Jatim) untuk meningkatkan kualitas para dosen Minggu (28/02/2021) melalui Zoom.

Salah satu narasumber andalnya yaitu Talent Advisor Corporate Coach and Psikolog PT Paragon Technology and Innovation Tanti Mantily Dewi. Tanti mengatakan, semua dosen merupakan coach bagi para mahasiswanya. Termasuk melalui pertanyaan-pertanyaan yang menggugah.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

“Guru atau dosen adalah sumber ilmu yang membuat hari ini maju. Sebab, mereka menggali potensi mahasiswanya,” katanya.

Berbeda dengan teknik pendekatan lain, coaching merupakan komunikasi dua arah untuk memberdayakan versi terbaik dari seseorang. Selain itu, saat coaching artinya kedua belah pihak sedang berdiskusi ke arah yang lebih maju. Termasuk memberikan masukan-masukan yang bisa menjadi solusi.

“Seperti coaching di Paragon itu untuk membina dan memberdayakan. Juga memantik cara berpikir kreatif untuk terus berinovasi,” jelas dia.

Selain itu, yang terpenting dari teknik coaching ialah pertanyaan What, Why, dan How. Apa yang dicari, kenapa dicari, dan bagaimana supaya bisa mencapai tujuan yang diharapkan.

Coaching itu prosesnya terstruktur, meski pada akhirnya menjadi hal yang kaku. Intinya yang terbangun dalam coaching adalah proses trust, lalu outcome, dan why atau kenapa Anda menuju hal itu,” tegas dia.

Sebab, Why merupakan dasar yang kuat sehingga mendorong alam bawah sadar seseorang untuk bergerak dengan sungguh-sungguh. “Karena dia tahu sebab musabab kenapa dia hendak melakukan itu,” tutupnya.

Untuk diketahui, materi yang disampaikan oleh Tanti dalam event PT Paragon Technology and Innovation bertajuk “Lecturer Coaching Movement” yang diikuti oleh seluruh dosen khusus Wilayah Jawa Timur melalui aplikasi Zoom. Sedangkan Paragon sendiri merupakan salah satu perusahaan kosmetik terbesar di Indonesia. Paragon membawahi sejumlah brand, di antaranya Wardah, Emina, Make Over, Putri, dan Kahf.

Selain itu, acara yang digelar secara virtual melalui aplikasi Zoom bertajuk “Becoming Meaningful and High Performance Educators” ini menghadirkan narasumber yang luar biasa. Mereka adalah Chief Executive Officer PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat, Talent Advisor Corporate Coach and Psikolog PT Paragon Technology and Innovation Tanti Mantily Dewi, Talent Advisor Corporate Coach and Leadership Communication Coach PT Paragon Technology and Innovation Adam Amrullah, serta dosen Psikologi FISIP Universitas Brawijaya (UB) Board of Business Coach Ilhamuddin Nukman. (fen/ln)

  • Bagikan