DPKP Kota Batu Bakal Bangun Kandang Sapi Komunal untuk Wisata Edukasi - Tugujatim.id

DPKP Kota Batu Bakal Bangun Kandang Sapi Komunal untuk Wisata Edukasi

  • Bagikan
Ilustrasi kadang sapi di Dusun Brau, Kota Batu yang bakal dikembangkan menjadi terpadu untuk pengembangan wisata edukasi terkait proses pengolahan sapi perah dari hulu ke hilir. (Foto: M Sholeh/Tugu Malang/Tugu Jatim)

BATU, Tugujatim.id – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Batu berencana akan membangun kandang sapi komunal untuk mengembangkan wisata edukasi susu sapi perah di Dusun Brau, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu.

Kepala DPKP Kota Batu, Sugeng Pramono menjelaskan, pembangunan ini sejalan dengan pengembangan potensi wisata susu sapi perah di Dusun Brau tersebut. Di mana, mayoritas warga Dusun Brau memang merupakan peternak sapi perah.

Diharapkan, nantinya wisatawan bisa lebih detail mengetahui proses produksi susu sapi dari hulu ke hilir. Dengan demikian, potensi wisata tersebut bisa dioptimalkan.

Kota Batu Anggarkan Rp 722 Juta untuk Pembangunan Kandang Sapi Terpadu

Disebutkan, pembangunan itu akan menggunakan  APBD Kota Batu 2021 senilai Rp 722 juta. Di mana saat ini proyek tersebut masih dalam proses lelang.

“Pembangunan kandang sapi terpadu di Desa Gunungsari tinggal menunggu pemenang lelang. Kami optimis kandang sapi terpadu bisa sangat bermanfaat bagi masyarakat dan selesai tahun ini,” paparnya.

Terpisah, Ketua Komisi B DPRD Kota Batu, Hari Danah Wahyono meminta DPKP segera mempercepat realisasi pembangunan kandang komunal tersebut. Terlebih dana yang dibutuhkan telah dianggarkan dalam APBD 2021.

“Pengembangan sektor pariwisata di Kota Batu harus didukung penuh. Dengan potensi yang sudah ada itu kami meminta agar dukungan fisik seperti pembangunan kandang sapi terpadu itu diprioritaskan,” paparnya.

Menurutnya, pembangunan itu memang sangat dibutuhkan warga demi pengembangan wisata desa tersebut. Di mana, jumlah sapi di Dusun Brau lebih besar dari pada jumlah penduduknya. Sementara saat ini kandang kandang sapi mereka masih berdekatan dengan rumah warga.

Dengan adanya kandang sapi komunal itu, nantinya seluruh sapi milik peternak bisa ditempatkan di satu lokasi yang terpadu. Sehingga daya tarik wisata ini bisa lebih optimal.

 

  • Bagikan