Dr Aqua Dwipayana Bagikan Buku “Pada Suatu Musim Semi” Karya Prof Deddy Mulyana di Acara OJK Regional Jabar

Aqua Dwipayana. (Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana foto bersama penulis buku "Pada Suatu Musim Semi" yaitu dari Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Prof Deddy Mulyana, MA, PhD. (Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana)

BANDUNG, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana dikenal sebagai pecinta dan pembaca buku yang tekun. Bahkan, pada berbagai kesempatan, doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut kerap memberikan hadiah buku kepada sahabat, kolega, serta pada hadirin yang menjadi peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi yang diberikannya.

Termasuk ketika Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi pada sesi bertajuk “Komunikasi Efektif dan Kepemimpinan Modern di Era Digital” di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jalan Diponegoro Nomor 27, Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu 10 Agustus 2022.

Kegiatan yang digelar oleh Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 2 Jabar bersama Forum Komunikasi Industri Jasa Keuangan Jabar itu dihadiri sekitar 100 peserta dari kalangan Direksi/Pemimpin Wilayah/Pemimpin Cabang Bank Umum, Industri Keuangan Non Bank (Asuransi, Perusahaan Pembiayaan) dan Pasar Modal.

Pada sesi tanya jawab, Dr Aqua membagikan beberapa buku “Pada Suatu Musim Semi” kepada peserta yang bertanya. Semua antusias menerima pemberian buku tersebut dan kaget ketika mengetahui bahwa penulis kumpulan cerita pendek itu adalah seorang profesor atau guru besar Komunikasi di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

“Saya juga membawa buku kumpulan cerpen ‘Pada Suatu Musim Semi’ yang merupakan karya dari Guru Besar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Prof Deddy Mulyana, MA, PhD. Tentu menarik karena buku kumpulan cerpen ini ditulis oleh seorang ilmuwan Komunikasi yang telah mendunia. Meski ini buku cerita pendek tapi beranjak dari pengalaman panjang penulisnya ketika berstudi di mancanegara,” ungkap Dr Aqua.

Sangat Dekat

Dr Aqua selama ini dikenal sangat dekat dengan sosok Prof Deddy. Pria dengan jejaring pertemanan sangat luas tersebut bahkan sudah menganggap bapak dua anak itu sebagai orang tuanya sendiri.

Dalam setiap kesempatan hadir di Kota Bandung untuk berbagai hal, Dr Aqua selalu menyempatkan diri bersilaturahim dengan Prof Deddy yang reputasinya sebagai ilmuwan di bidang Komunikasi sudah mendunia.

Mereka bertemu di berbagai tempat. Antara lain di kampus Universitas Padjadjaran di Dipati Ukur, di Jatinangor Kabupaten Sumedang, berbagai resto dan rumah Prof Deddy. Setiap ketemu mereka biasanya ngobrol hingga berjam-jam.

Meski Prof Deddy adalah Promotor Utama Dr Aqua saat menempuh pendidikan S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitad Padjadjaran, namun komunikasinya tidak ada jarak. Selalu cair. Ngobrolnya seperti antara orang tua dan anak.

“Saya sudah menganggap Prof Deddy sebagai orang tua sendiri. Beliaulah yang terus mendorong dengan keras agar saya menyelesaikan studi S2 dan S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran. Pak Deddy juga yang banyak membantu saat saya ada kesulitan terkait kuliah tersebut,” ucap Dr Aqua.

Beberapa jam usai peluncuran buku “Pada Suatu Musim Semi” secara daring, Kamis (30/6/2022), Dr Aqua datang ke rumah Prof Deddy untuk bersilaturahim. Ia langsung dihadiahi buku terbarunya lengkap dengan tanda tangan penulisnya.

Dr Aqua kemudian berinisiatif memborong buku kumpulan cerpen tersebut untuk diberikannya kepada para kolega dan sahabat-sahabat beliau. Termasuk salah satunya kepada Kepala OJK Regional 2 Jabar Indarto Budiwitono serta ke beberapa peserta yang hadir pada kegiatan OJK Regional 2 Jabar tersebut.

Dr Aqua juga rupanya heran dan penasaran, seperti juga banyak orang lainnya, bahwa Prof Deddy yang akademisi komunikasi bisa menghasilkan buku fiksi. Yang kemudian menjadi sisi lain dari kepenulisan guru besar Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut. Dalam Teori Psikologi Komunikasi, khususnya tentang Persepsi Selektif, ini mungkin dampak dari “Kontras” atau “Tampil Beda” yang membuat orang lebih atentif.

Prof Deddy dikenal sebagai salah seorang “begawan” atau pakar terkemuka di bidang Komunikasi. Artikel ilmiah baik untuk kepentingan jurnal ilmiah maupun karya populer yang dimuat di berbagai media massa papan atas regional maupun nasional, telah dikenal banyak pihak. Pun demikian dengan buku-buku teks bidang Komunikasi telah banyak dibaca dan menjadi rujukan, terutama pada bidang metodologi penelitian kualitatif, komunikasi berperspektif antropologi, komunikasi lintas budaya, komunikasi kesehatan, dan lain-lain. Baik ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

Namun, tak banyak kalangan yang tahu sejatinya Prof Deddy, memulai “karier” kepenulisannya juga dengan banyak menulis karya sastra atau fiksi. Kebanyakan karya fiksinya dituangkan dalam bentuk cerita pendek dan beberapa di antaranya berupa puisi. Jauh sebelum karya-karya ilmiah terbaiknya terbit dan menjadi rujukan para mahasiswa komunikasi di berbagai strata, karya-karya cerpennya sejak akhir 1970-an dan awal 1980-an banyak menghiasi halaman sastra dan budaya koran-koran di masa itu. Baik media cetak berskala nasional maupun regional Jabar.

Apresiasi Kepala OJK Jabar

Apresiasi juga disampaikan langsung oleh Kepala OJK Regional 2 Jabar Indarto Budiwitono. Indarto memberikan apresiasi dan pujian pada buku kumpulan cerita pendek “Pada Suatu Musim Semi” yang ditulis Prof Deddy Mulyana.

Indarto tak menyangka sosok Prof Deddy yang dikenal sebagai akademisi yang kerap melakukan riset dan menulis karya ilmiah, ternyata juga merupakan seorang penulis sastra yang piawai. Ia berharap semakin banyak karya fiksi yang ditulis Prof Deddy untuk melengkapi khasanah buku-buku ilmiah di bidang komunikasi yang sudah dihasilkannya.

Apresiasi Indarto tersebut dilontarkan saat menerima Buku “Pada Suatu Musim Semi” yang diserahkan langsung oleh Dr Aqua menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi yang diadakan OJK Kantor Regional 2 Jabar.

Aqua Dwipayana. (Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana menyerahkan buku “Pada Suatu Musim Semi” karya Prof Deddy Mulyana kepada Kepala OJK Regional 2 Jabar Indarto Budi Budiwitono. (Foto: Dok Dr Aqua Dwipayana)

“Saya tak menyangka ternyata Prof Deddy Mulyana juga piawai menulis karya sastra seperti kumpulan cerita pendek dalam buku ‘Pada Suatu Musim Semi’ ini. Kumpulan cerpen ini bukan sembarang buku karena pastilah juga mengandung sisi unik dan berbeda karena ditulis oleh sosok yang dikenal sebagai ilmuwan. Sepintas saya baca isinya sangat menarik. Saya akan membacanya hingga akhir,” ungkap Indarto kepada Dr Aqua.

Indarto adalah penerima pertama buku “Pada Suatu Musim Semi” di acara tersebut. Saat Dr Aqua akan menyerahkan buku itu, pria yang senang bercanda dan sering melontarkan joke-joke segar tersebut sempat kaget. Sama sekali tidak menyangka bakal diberi hadiah buku karya pakar Komunikasi dunia.

“Pak Indarto, buku ‘Pada Suatu Musim Semi’ adalah karya Prof Deddy Mulyana. Beliau pakar Komunikasi dunia yang sering menguji mahasiswa program S3 di berbagai perguruan tinggi terkemuka di banyak negara. Prof Deddy juga promotor utama saya saat kuliah S3 di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran,” ujar Dr Aqua. (*)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim