Dr Aqua Dwipayana Berbagi Bahagia dengan Guru Senior di Kota Makassar

Dr Aqua Dwipayana Berbagi Bahagia dengan Guru Senior di Kota Makassar

  • Bagikan
Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang XX Kodam XIV/Hasanuddin.
Dr Aqua Dwipayana berbincang dengan Deppasau saat menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang XX Kodam XIV/Hasanuddin. (Foto: Dokumen)

MAKASSAR, Tugujatim.id – Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional, Dr Aqua Dwipayana, di setiap kesempatan selalu berpesan begini, “berbagi rezeki banyak sekali manfaatnya. Sama sekali tidak ada ruginya. Justru berbagai keuntungan bakal diperoleh. Untuk itu jangan pernah ragu melakukannya termasuk pada orang yang tidak dikenal sebelummnya.”

Kali ini seorang guru di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, bernama Deppasau (63 tahun) mendapat hadiah yang tidak disangka dari Dr Aqua. Deppasau sendiri adalah guru senior di sekolah menengah atas di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Kodam XIV/Hasanuddin Makassar.

Hadiah itu menjadi begitu istimewa bagi Pria kelahiran Paladan, 15 April 1959 itu, karena diberikan menjelang tibanya masa purnakerjanya.

Deppasau dan istrinya, Datukaraeng, saat menikmati liburan. (Foto: Dokumen)

Pada awal Ramadhan 1443 H lalu, Dr Aqua menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada ratusan hadirin yang merupakan unsur pengurus, tenaga pendidik, dan karyawan sekolah di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Cabang XX Kodam XIV/Hasanuddin.

Doktor Komunikasi lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran tersebut menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Para Guru untuk Mewujudkan Efektivitas Belajar Mengajar kepada Seluruh Siswa”.

Ketua Persit Kartika Chanda Kirana Pengurus Daerah XIV/Hasanuddin, Ny Amelia Andi Muhammad, bersama jajaran pengurus dan ratusan Tenaga Pendidik sera karyawan sekolah Yayasan Kartika Jaya Cabang XX Kodam XIV/Hasanuddin yang memadati Balai Prajurit M Jusuf Makassar antusias menyimak semua paparan Dr Aqua.

Pada sesi tanya jawab, Dr Aqua seperti pada sesi-sesi sharing lainnya senantiasa memberikan kejutan membahagiakan bagi peserta yang dianggapnya telah menjadi teladan bagi lingkungannya atau memberikan inspirasi. Saat sharing tersebut, Dr Aqua memberikan hadiah liburan gratis ke Pulau Bali berupa tiket pesawat PP Makassar-Bali dan kamar di hotel berbintang selama di sana kepada seorang guru yang sudah 36 tahun mengabdi di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Kodam XIV/Hasanuddin. Guru tersebut bernama Deppasau

”Bapak Deppasau yang kelahiran Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan itu sudah 36 tahun berstatus tenaga pengajar dalam naungan Yayasan Kartika Jaya. Sebagai penghargaan kepada Bapak Daeng Pasau, saya akan memberikan tiket gratis berlibur ke Bali bersama istri dan menginap di hotel berbintang selama di sana. Ini menjadi apreasi bagi pengabdian puluhan tahun beliau dalam mencerdaskan anak-anak kita,” ungkap Dr Aqua yang disambut gemuruh tepuk tangan hadirin.

Hari Membahagiakan

Akhirnya Deppasau dan istrinya, Datukaraeng (59) tiba pada hari membahagiakan tersebut. Pada Jumat pagi (13/5/2022) Deppasau dan istrinya berangkat ke Bali. Keduanya dipastikan berlibur di Pulau Dewata Bali sampai Senin (16/5/2022).

Beberapa hari sebelumya dua tiket pesawat PP Makassar-Denpasar sudah dikirimkan oleh Dr Aqua. Pemilihan tanggal tersebut merupakan permintaan Deppasau sendiri sesuai dengan jadwal aktivitasnya sebagai kepala sekolah dan guru di sebuah SMA di lingkungan Yayasan Kartika Jaya Makassar.

Kedua suami istri tersebut bahkan mendapat pelayanan kelas VIP dari Maskapai Lion Air di Bandara Hasanuddin Makassar. Assistant Manager Lion Group Makassar Teguh Iman Pribadi yang merupakan teman akrab Dr Aqua, yang melayani Depassau dan istri mulai dari terminal keberangkatan hingga berada di pesawat Lion Air yang akan menerbangkan mereka ke Bali.

Assistant Manager Lion Group Makassar Teguh Iman Pribadi mendampingi Deppasau dan istri menuju pesawat Lion Air yang menerbangkan mereka ke Bali. (Foto: Dokumen)

Sejak beberapa hari lalu Dr Aqua sudah komunikasi sama Iman, panggilan akrab Teguh Iman Pribadi. Minta tolong untuk blok tempat duduk di pesawat di barisan paling depan buat Deppasau dan istrinya. Kemudian sekaligus mengurus proses keberangkatan mulai dari terminal kedatangan hingga di pesawat.

Jumat pagi Iman menginfokan kepada Dr Aqua tentang Deppasau dan istrinya. Juga mengirimkan foto saat di mobil Lion Group dari terminal ke pesawat. Ketika itu pesawatnya tidak dekat terminal, berada di remote area.

Dalam memberikan hadiah, Dr Aqua memang selalu ingin optimal membahagiakan mereka yang menerima hadiah tersebut. Pria rendah hati yang ramah itu juga memiliki jejaring luas di lingkungan maspakai penerbangan nasional.

“Semoga Pak Deppasau dan Ibu Datukaraeng dapat menikmati liburannya di Bali. Insya Allah tiket, akomodasi, dan semuanya sudah dipersiapkan. Bagi saya ini menjadi bentuk penghormatan tinggi kepada setiap guru, termasuk Pak Deppasau. Saya bisa seperti saat ini semua berkat jasa dan didikan guru-guru saya dari mulai tingkat dasar sampai doktoral.  Penghornatan kepada guru sama seperti yang saya lakukan kepada orangtua saya sendiri, juga orang tua dari semua teman saya,” demikian disampaikan Dr Aqua.

Begitu tiba di Bali, sambil mengirimkan dua fotonya bersama istri, Deppasau menyampaikan pesan. “Selamat Siang Pak Aqua. Mohon Izin  melaporkan bahwa Alhamdulillah kami sudah mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan  Selamat. Di Bandara Hasanuddin kami dilayan Pak Iman dengan sangat baik. Terima kasih banyak Pak Aqua untuk semuanya.”

Begitu tiba di Bali, Deppasau dan istrinya langsung jalan-jalan ke objek-objek wisata. Sempat mampir di hotel tempatnya menginap selama di Bali di daerah Legian, Badung.

Deppasau dan istrinya, Datukaraeng, saat berada di salah satu lokasi wisata di Bali. (Foto: Dokumen)

“Sungguh luar biasa apresiasi dan bantuan Bapak Aqua kepada kami sehingga perjalanan kami ke Bali tanpa ada rintangan termasuk sampai di penginapan. Hari ini kami ke Pantai Pandawa. Kemudian sore ini  kami lanjutkan ke Pantai Kuta. Sekali lagi ucapan syukur dan terima kasih tak terhingga kami sampaikan kepada Bapak Aqua.  Semoga hikmat dan berkah  serta keselamatan semakin  bertambah mengalir  ke tengah-tengah keluarga bapak. Amin…” Lanjut Deppasau sambil kembali mengirimkan foto-fotonya.

Deppasau mengaku sangat tersentuh oleh setiap materi yang disampaikan Dr Aqua  pada sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yayasan Kartika Jaya Makassar. “Saya amat terkesan dengan semua materi Dr Aqua. Beliau menegaskan bahwa kita semua harus tetap bersyukur dalam situasi apapun, di mana, dan kapanpun selama
Tuhan memberikan nafas kepada kita,” ucap Deppasau.

Ia menambahkan dalam materi sharing komunikasi dan motivasi dari Dr Aqua, dinyatakan bahwa setiap orang harus menjalin hubungan baik dengan siapapun. “Ibaratnya, meski kita punya kekayaan berlimpah tapi kalau kita tidak mau bersosialisasi dan menjalin komunikasi yang baik, maka sama saja artinya kita mati. Siapapun akan membutuhkan peran dan pertolongan orang lain,” kata Deppasau yang dikaruniai lima orang anak ini.

Sebagai guru dan pendidik yang sudah dijalaninya sejak 1985 di SMA Kartika XX-1 Makassar, banyak pengalaman suka dan duka yang dijalani. “Jumlah siswa yang banyak serta beragam karakter yang berbeda semua mesti mendapat perlakuan dan pelayanan pendidikan yang sama,” ungkapnya.

Ia amat berterima kasih atas semua anugerah yang diberikan oleh sosok Dr Aqua. “Saya, istri, dan tentunya anak-anak kami hanya bisa mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Bapak Aqua bersama keluarga. Semoga Tuhan senantiasa memberi kekuatan, kesehatan dan melindungi, mengiringi serta membimbing, bahkan memberikan rejeki dan berkah dalam berbagai aktivitas Bapak bersama keluarga pada masa mendatang,” pungkas Deppasau

Suka Beri Kejutan

Sementara Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad begitu mengetahui Jumat ini Deppasau dan istrinya liburan ke Bali yang merupakan hadiah dari Dr Aqua, spontan berkomentar positif. “Makasih Pak Aqua atas perhatian dan empatinya. Semoga jadi amal jari’a untuk Pak Aqua. Aamiin YRA…🤲”

Dr Aqua Dwipayana bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad di Masjid Nurul Hayati Gowa. (Foto: Dokumen)

Andi yang merupakan teman akrab Dr Aqua, tahu persis kebiasaan Bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana yang suka sekali memberi kejutan termasuk saat melakukan kegiatan sosial. Hal tersebut sama sekali tidak disangka-sangka dan membahagiakan penerimanya.

Salah satu kejutannya pada Rabu pagi (2/2/2022). Ratusan orang yang hadir di Masjid Nurul Hayati Gowa, Sulawesi Selatan, yang sedang dibangun Andi,  tiba-tiba dibuat kaget oleh Dr Aqua. Mereka sama sekali tidak menyangka mendapat rezeki yang jumlahnya lumayan besar dari motivator ulung tersebut.

Atas permintaan Andi, Dr Aqua di depan semua yang hadir baik para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, maupun warga yang tinggal di sekitar  Masjid Nurul Hayati, memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

“Saat ini hadir bersama saya, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Doktor Aqua Dwipayana. Beliau jadwalnya padat sekali. Setelah ini saya minta kepada Pak Aqua untuk memotivasi kita semua,” pinta Andi.

Begitu diminta memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, Dr Aqua yang duduk persis di sebelah Andi, langsung berdiri. Dengan penuh semangat mulai bicara.

Bapak dua anak itu mengawalinya dengan mengajak semua yang hadir untuk bersyukur karena di depan mereka ada putra terbaik Sulawesi Selatan yaitu Andi yang mendapat amanah sebagai Pangdam XIV/Hasanuddin. Hal tersebut merupakan anugerah buat warga di provinsi itu, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara yang merupakan wilayah kerja Kodam XIV/Hasanuddin.

Lebih bersyukur lagi, lanjut Dr Aqua, Andi memiliki kepedulian yang tinggi dengan membangun Masjid Nurul Hayati yang merupakan nama ibundanya. Sehingga kalau pembangunannya sudah selesai, masjidnya dapat digunakan oleh sekitar 500 keluarga yang tinggal di sekitar itu.

Masjid Nurul Hayati sejak November 2021 mulai dibangun di atas tanah yang luasnya hampir seribu meter. Letaknya di Kelurahan Benteng Somba Opu, Kecamatan Barombong, Kabupaten Gowa.

Masjid itu dibangun dua lantai. Fokus penyelesaian lantai bawah dulu agar bisa digunakan untuk sholat tarawih berjamaah saat bulan Ramadhan tahun ini.

Andi mulai membangunnya dengan peletakan batu pertama saat masih menjabat Panglima Divisi Infantri (Pangdivif) 2/Kostrad di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kemudian datang lagi ketika sudah menjabat Pangdam XIV Hasanuddin.

Dr Aqua Dwipayana bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad seusai sholat Subuh berjamaah di Makassar. (Foto: Dokumen)

“Bersyukur dan berbahagialah seluruh warga di sini karena Pak Andi memilih tempat ini untuk pembangunan Masjid Nurul Hayati. Merupakan berkah yang luar biasa. Apalagi dibangun putra terbaik Sulawesi Selatan yang merupakan keturunan Raja Gowa,” ujar Dr Aqua yang disambut tepuk tangan meriah oleh seluruh yang hadir.

Mantan wartawan di banyak media besar itu melanjutkan agar semua warga di Kelurahan Benteng Somba Opu memenuhi ajakan Andi untuk bersama-sama membangun Masjid Nurul Hayati supaya segera bisa digunakan.

Setelah bisa dipakai, tambah Dr Aqua, agar bersama-sama memakmurkannya. Sehingga Masjid Nurul Hayati selalu ramai digunakan bersama-sama untuk tempat ibadah.

Saat sedang asyik menyampaikan Sharing Komunikasi dan Motivasi, tiba-tiba Dr Aqua secara beruntun memberikan dua kejutan sekaligus. Hal itu membuat kaget seluruh yang hadir termasuk Andi.

“Saya mendapat titipan dari Allah untuk memberikan sumbangan buat  pembangunan Masjid Nurul Hayati ini. Jumlahnya sebesar 50 juta rupiah. Setelah ini uangnya segera saya transfer kepada panitia yang membangun masjid ini,” kata Dr Aqua yang kembali disambut tepuk tangan meriah semua yang hadir.

Andi yang sedang duduk di sebelah motivator ulung itu sambil tersenyum ikut tepuk tangan. Wajahnya bahagia karena tidak sia-sia menghadirkan Dr Aqua.

Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu mengatakan dirinya hanya sebagai “tukang pos” saja. Tugasnya menyampaikan sumbangan dari Allah.

Doa dan harapannya mereka yang memiliki kemampuan secara ekonomi tergerak untuk memberikan bantuan. Jumlahnya seikhlas hati penyumbangnya.

Dr Aqua sengaja memberikan sumbangan dalam bentuk materi, sebagai bukti nyata dukungannya untuk pembangunan Masjid Nurul Hayati. Sedangkan ucapannya yang merupakan “titipan dari Allah” adalah bahasa rendah hati dari motivator yang telah memotivasi jutaan orang di seluruh Indonesia dan puluhan negara itu.

Belum hilang rasa kaget seluruh yang hadir, Dr Aqua kembali memberi kejutan kedua. Hal itu membuat mereka makin kaget.

Dengan rendah hati penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim itu mengatakan bahwa Allah kembali menitipkan rezeki buat Masjid Nurul Hayati kepada dirinya. Itu diberikan setelah masjidnya mulai digunakan.

“Kalau Masjid Nurul Hayati ini sudah digunakan, marbotnya insya Allah saya beri hadiah umroh. Berangkatnya ke Tanah Suci bersama rombongan anggota umroh The Power of Silaturahim V yang dipimpin wartawan senior Bapak Nurcholis MA Basyari,” ujar Dr Aqua yang kembali disambut tepuk tangan yang lebih meriah dari seluruh yang hadir.

Mereka termasuk Andi sama sekali tidak menyangka Dr Aqua memberikan kejutan yang beruntun. Apalagi jumlahnya lumayan besar.

Marbot adalah orang yang bertanggung jawab mengurus keperluan masjid, terutama yang berhubungan dengan kebersihan tempat ibadah tersebut, baik di dalam ruangan maupun di halamannya. Terkadang marbot juga mendapat tugas mengurusi hal-hal yang berurusan dengan ibadah, seperti azan dan menjadi imam cadangan.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan