Dr Aqua Dwipayana: Sangat Membahagiakan Bisa Memberi Hadiah kepada Banyak Orang - Tugujatim.id

Dr Aqua Dwipayana: Sangat Membahagiakan Bisa Memberi Hadiah kepada Banyak Orang

  • Bagikan
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Polres Bojonegoro, Jawa Timur.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Polres Bojonegoro, Jawa Timur.(Foto: Dokumen)

Tugujatim.id – Banyak motivator di Indonesia, namun hanya sebagian kecil, bahkan jarang sekali yang mempunyai kebiasaan positif seperti Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana. Selalu berbagi berbagai hadiah saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Wujudnya beragam. Mulai dari buku, sejumlah uang, jalan-jalan ke berbagai objek wisata, liburan ke Indonesia bagi peserta yang tinggal di luar negeri, hingga umroh ke Tanah Suci Makkah dan Madinah. Nilainya dari ratusan ribu rupiah hingga puluhan juta rupiah.

Menariknya, berbagai hadiah itu diberikan pada setiap sesi Sharing Komunikasi dan Motivasi. Dr Aqua melakukannya tanpa melihat mendapat honor atau gratis di acara tersebut. Seluruhnya diberlakukan sama karena niatnya dari awal adalah berbagi pada banyak orang tanpa melihat latar belakangnya.

Sang pemberi hadiah saat memberikannya bersikap biasa-biasa saja. Sudah seperti aktivitas sehari-hari. Sehingga  ekspresi wajahnya selalu wajar.

Sementara para penerima hadiah dan semua peserta yang hadir di acara Sharing Komunikasi dan Motivasi yang disampaikan Dr Aqua sering kaget mendengar tentang pemberian hadiah itu. Bahkan, orang yang menerimanya ada yang tidak percaya. Merasa seperti bercanda dan main-main.

Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Masjid Al-Hakim Padang.(Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Masjid Al-Hakim Padang.(Dokumen)

“Saya dapat hadiah umroh. Ini benaran atau guyon, Pak Aqua? Rasanya seperti mimpi saja. Saya sama sekali tidak menyangka dapat hadiah beribadah ke Tanah Suci dari bapak,” ujar salah seorang penerima hadiah umroh sambil meneteskan air mata. Sementara para peserta lainnya tepuk tangan sebagai bentuk dukungan dan rasa syukur.

Ekspresi kaget juga pernah ditunjukkan salah seorang peserta Sharing Komunikasi dan Motivasi di salah satu negara. Ketika dia spontan bertanya, Dr Aqua langsung mengganjarnya dengan hadiah liburan ke Indonesia, termasuk jalan-jalan ke Bali.

Tentu saja penerima hadiah itu kaget. Apalagi sebelum masuk ke ruangan tempat acara sama sekali tidak menyangka bakal dapat rezeki yang menyenangkan itu.

“Makasih banyak Pak Aqua untuk hadiah liburan ke Indonesia. Pada waktunya nanti saya akan kontak bapak untuk menginformasikan jadwalnya,” ujar penerima hadiah itu dengan wajah gembira.

Terakhir saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kodim 0824/Jember, Jawa Timur, pada Jumat pagi (24/09/2021), Dr Aqua memberikan dua kejutan sekaligus. Hal itu membuat Dandim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin dan seluruh yang hadir kaget. Mereka sama sekali tidak menyangka pria yang memiliki jiwa sosial yang tinggi tersebut berbagi sejumlah rezeki.

Kaget Campur Senang

Kedua kejutan itu dilakukannya mengawali Sharing Komunikasi dan Motivasinya. Kejutan pertama, setelah menyampaikan kalimat pembuka, Dr Aqua spontan mendatangi sepuluh anak yatim Keluarga Besar Tentara (KBT) Kodim 0824/Jember yang duduk dekat ibunya masing-masing.

Dari saku bajunya, Dr Aqua mengeluarkan sejumlah uang berwarna merah yang nominalnya Rp 100 ribu. Kemudian membagikan masing-masing satu lembar kepada setiap anak.

Sebagian anak yang menerima kaget campur senang. Mereka tidak menyangka mendapatkan rezeki yang mendadak tersebut.

Kejutan kedua, selesai membagikan sejumlah uang itu, Dr Aqua menyampaikan undangan mengajak semua anak yatim KBT Kodim 0824/Jember tersebut yang jumlah totalnya 30 orang liburan ke Yogyakarta. Mereka akan didampingi ibunya.

Tentu saja yang gembira tidak hanya para anak yatimnya. Semua ibu yang mendampingi anaknya senang. Mereka terlihat saling pandang-pandangan sambil menunjukkan ekspresi bahagia dan senang.

Saat melihat para anak yatim dan ibu-ibu senang dan gembira, Dr Aqua merasa sangat bahagia. Bisa berbagi rezeki pada mereka.

“Semua hadiah itu dari Tuhan. Tugas saya hanya membagikan saja. Jadi fungsi saya seperti ‘tukang pos’, menyerahkan berbagai hadiah kepada penerimanya. Penentu penerima semua hadiah adalah Tuhan,” tegas Dr Aqua.

Dr Aqua Dwipayana menyimak pertanyaan seorang peserta di Polres Tuban, Jawa Timur. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana menyimak pertanyaan seorang peserta di Polres Tuban, Jawa Timur. (Foto: Dokumen)

Pria yang sangat rendah hati itu menambahkan karena semua hadiah tersebut dari Tuhan, Dr Aqua sama sekali tidak pernah merasa kekurangan. Malah yang dirasakannya selama ini setelah memberikan kepada penerimanya, rezekinya tambah banyak. Sumbernya tidak disangka-sangka.

“Selama ini sering saya rasakan sesaat setelah memberikan hadiah kepada seseorang, mendapat rezeki yang jumlahnya berkali-kali lipat dari yang saya berikan. Itu menunjukkan kebesaran Tuhan. Hal itu membuat saya ketagihan untuk terus berbagi tanpa pamrih dengan banyak orang,” terang Dr Aqua menceritakan pengalamannya.

Banyak Suka Dukanya

Selama memberikan berbagai kejutan berupa beragam hadiah itu, ternyata banyak suka dukanya bagi Dr Aqua. Hal itu dijadikannya sebagai pengalaman berharga sekaligus menambah referensi pengetahuannya tentang orang yang diberi hadiah.

Sukanya menurut Dr Aqua banyak. Di antaranya sebagai berikut. Pertama, bisa berbagi rezeki. Kebahagiaan yang tiada tara bagi bapak dua anak ini dapat membagikan sebagian harta yang merupakan titipan Tuhan kepada mereka yang beruntung.

“Sebagian besar yang mendapatkan hadiah itu, terutama saat acara Sharing Komunikasi dan Motivasi, sama sekali tidak saya kenal. Umumnya baru kali pertama ketemu sama saya,” jelas Dr Aqua.

Kedua, lanjut motivator ulung ini, senang melihat ekspresi wajah penerima hadiah. Semuanya merasa gembira. Apalagi mereka terpilih di antara semua orang yang hadir. Jumlahnya mulai dari puluhan hingga ratusan orang.

“Ekspresi wajah semua penerima hadiah pasti gembira. Apalagi sebelumnya sama sekali tidak menyangka mendapatkan rezeki tersebut. Bahkan sampai ada yang meneteskan air mata karena kaget dan terharu,” papar Dr Aqua.

Terakhir pada Rabu siang (22/09/2021), saat Sharing Komunikasi dan Motivasi di Hotel Harris Malang, Jawa Timur. Pesertanya adalah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Pengawas Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar Negeri (SDN), dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN). Topiknya adalah “Pengelolaan ASN yang Akuntabel, Transparan, dan Kompetitif Bebas dari Korupsi”.

Saat sedang menyampaikan materinya, tiba-tiba Dr Aqua menanyakan di antara yang hadir siapa yang sebentar lagi akan pensiun. Dari barisan tengah menunjuk jari seorang perempuan yang menjadi peserta acara tersebut. Dia adalah Pengawas TK Lilik Rusiati. Pensiun pada 10 November 2021.

Kemudian Dr Aqua meminta Lilik ke depan. Selanjutnya diminta menceritakan suka dukanya selama puluhan tahun bekerja jadi guru TK dan pengawas TK.

Dr Aqua Dwipayana saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI Wilayah Semarang, Jawa Tengah.(Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI Wilayah Semarang, Jawa Tengah.(Dokumen)

Sesudah Lilik selesai bercerita, sebagai apresiasi kepadanya, Dr Aqua memberikan hadiah liburan jalan-jalan ke Bali bersama suaminya Safuan.

Mendengar mendapat hadiah, Lilik kaget. Air matanya langsung keluar menetes di pipinya. Ekspresi perasaannya yang kaget campur haru. Sama sekali tidak menyangka menerima hadiah tersebut.

“Saya dan suami menyampaikan beribu-ribu terima kasih dengan hadiah yang Bapak Aqua berikan kepada kami. Semoga Allah SWT membalasnya dengan rezeki yang berlipat ganda, dan diberi kesehatan, serta kesuksesan. Aamiin ya robbal aalamiin,” ujar Lilik.

Ketiga, pria yang memiliki jejaring yang luas ini bersyukur jika penerimanya belum pernah mengunjungi tempat yang diberikan sebagai hadiah. Pasti bersama pasangan senang saat berada di sana.

“Jadi saya membayangkan perasaan mereka dan melihat ekspresi wajahnya saja sudah bahagia. Karena belum pernah ke sana, pasti mereka senang karena selama ini hanya melihat daerah yang dikunjungi dari televisi,” ungkap Dr Aqua.

Ketika benar-benar datang ke sana bersama pasangannya, anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) melanjutkan, mereka pasti senang sekali. Kebahagiaannya tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

Video Call Istri

Keempat, Dr Aqua mengungkapkan, gembira saat melihat ekspresi para istri ketika mendapat hadiah jalan-jalan ke Bali, Yogyakarta, dan daerah-daerah lainnya yang banyak objek wisatanya. Biasanya kepada penerima hadiah diminta video call istrinya mengabarkan berita gembira tersebut.

Sambil bercanda, Dr Aqua berucap, “Saya ingin melihat langsung reaksi istrinya. Dari respons spontan yang ditunjukkannya bisa terlihat perasaannya. Ada juga yang tidak begitu antusias diberi hadiah.”

Umumnya para istri yang suaminya dapat hadiah senang. Bahkan sebagian ada yang tidak percaya. Dikira suaminya bercanda dan bohong. Khawatir telanjur senang, tapi ternyata tidak jadi.

Sedangkan dukanya, Dr Aqua mengatakan, juga banyak. Terutama permintaan dari para penerima hadiah yang terkesan tidak menunjukkan rasa syukur. Biasanya dengan tegas bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini menolaknya.

Duka yang pertama, Dr Aqua melanjutkan, minta hadiahnya diganti uang. Dengan berbagai alasan penerima hadiah meminta “mentahan” saja.

“Padahal, tujuan saya memberi hadiah itu agar penerima hadiah bersama pasangannya jalan-jalan. Setelah mengabdi selama puluhan tahun di tempat kerjanya, tentu mereka perlu penyegaran. Tapi, ternyata mereka menolak rezeki tersebut,” ujar Dr Aqua.

Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit bersama istri serta perwakilan guru di Lanud Sutan Syahrir Padang, Sumatera Barat.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan para prajurit bersama istri serta perwakilan guru di Lanud Sutan Syahrir Padang, Sumatera Barat.(Foto: Dokumen)

Ironisnya, lanjut mantan wartawan di banyak media besar ini, ada istri penerima hadiah yang langsung kontak kepada dirinya. Dengan alasan tertentu minta diganti uang. Sambil menceritakan kekurangan suaminya yang mendapatkan rezeki itu dari Dr Aqua.

Duka yang kedua, jelas penulis buku “super best seller” Trilogi The Power of Silaturahim ini, hadiahnya mau dialihkan kepada orang lain. Alasannya beragam, termasuk calon penerima hadiah mau sekolah sehingga tidak bisa jalan-jalan ke tempat yang diberikan kepadanya.

“Dengan tegas saya tolak. Hadiah itu kan saya berikan kepada seseorang dan istrinya. Sehingga tidak boleh digantikan orang lain. Jika tidak diambil, berarti hangus,” ungkap Dr Aqua.

Penulis buku “super best seller” yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” itu mengatakan, baginya sama sekali tidak rugi jika penerima hadiah tidak mengambil hadiahnya. Terpenting sudah berniat baik memberikannya.

“Justru yang tidak mengambil hadiahnya yang rugi. Mereka menolak rezeki dari Tuhan yang disampaikan melalui saya,” kata Dr Aqua.

Aji Mumpung

Duka yang ketiga, terang Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu, ada penerima hadiah yang aji mumpung. Diberi hadiah jalan-jalan untuk dua orang, mintanya lebih.

“Dengan alasan anaknya masih kecil-kecil dan tidak ada temannya jika ditinggal, penerima hadiah meminta kepada saya agar memfasilitasi anak-anaknya ikut jalan-jalan juga. Saya tegaskan silakan diajak asal pakai biaya sendiri, baik transportasi maupun penginapannya. Sedangkan hadiah yang saya berikan tetap buat dua orang,” tutur Dr Aqua.

Kesannya penerima hadiah yang bersikap seperti itu, tambah pria yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat tersebut, mau memanfaatkan. Selagi diberi hadiah mintanya lebih.

Duka yang keempat, Dr Aqua menerangkan, ada yang minta hadiahnya diganti yang lebih besar. Diberikan kesempatan jalan-jalan ke Bali, mintanya umroh.

“Saya kaget saat membaca permintaan tersebut lewat WhatsApp. Sama sekali tidak menyangka. Mungkin orang yang saya beri hadiah itu mau mencoba-coba, tapi justru merendahkan dirinya,” tegas Dr Aqua.

Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan puluhan pegawai Indonesia Exclusive Textile Group di Pekanbaru, Riau.(Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan puluhan pegawai Indonesia Exclusive Textile Group di Pekanbaru, Riau.(Foto: Dokumen)

Kesannya penerima hadiah itu dalam penilaian Dr Aqua, tidak bersyukur. Sudah diberi rezeki mintanya lebih. Seharusnya jangan sampai meminta yang lain apalagi nilainya lebih besar. Nilainya jadi negatif sekali.

Meski selama ini mengalami beberapa duka ketika memberikan hadiah, Dr Aqua tidak kapok melakukan aktivitas positif tersebut. Dia akan terus berbagi di setiap Sharing Komunikasi dan Motivasi.

Sekaligus ingin membangun kesadaran banyak orang untuk rajin berbagi pada sesama. Sehingga banyak yang terbantu dan bahagia menerima pemberian tersebut.

“Berbagi dengan sesama itu sama sekali tidak ada ruginya. Asal ikhlas melakukannya. Untungnya sangat banyak, baik buat yang memberi maupun yang menerimanya,” pungkas Dr Aqua. (*)

  • Bagikan