Dr Aqua Dwipayana: Tak Ada “Bumbu Instan” bagi Istri Prajurit untuk Antar Keberhasilan Suami

aqua dwipayana
Dr Aqua Dwipayana melakukan salam komando dan salam komunikasi sama Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Foto: dok Tugu Jatim

BALIKPAPAN, Tugujatim.id – Di balik suami yang sukses ada istri yang hebat. Oleh karena itu, setiap istri prajurit harus menyadari bahwa untuk mencapai keberhasilan yang diimpikan akan selalu ada proses panjang yang dilewati. Tidak ada bumbu instan yang mengantarkan suami menuju keberhasilannya.

Pesan bernas itu disampaikan Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana menjelang Sharing Komunikasi dan Motivasi bertajuk “Dukungan Keluarga dan Kelancaran Komunikasi untuk Mensukseskan Tugas Prajurit Kebanggaan Pomdam VI/Mulawarman” yang digelar secara luring dan daring di hadapan sekitar 250 personel Polisi Militer Kodam VI/Mulawarman dan istrinya pada Rabu 14 September 2022 ini mulai pukul 08.00 WIT. Sebagian peserta hadir di Ruang Pertemuan Pomdam VI/Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

aqua dwipayana tugu jatim
Poster Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pomdam VI/Mulawarman, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Setelah sempat berlibur pendek bersama keluarga selama tiga hari kurang di “Negeri Jiran” Malaysia, Dr Aqua kembali “tancap gas” berkeliling Nusantara untuk bersilaturahim ke berbagai kalangan.

Mengawali aktivitasnya di awal pekan pada Senin (12/9/2022) pagi Dr Aqua menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2022 di Golden Ballroom Hotel Sultan Jakarta. Ratusan undangan dari 34 provinsi dan puluhan cabang olahraga hadir dalam acara yang dipimpin Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman.

Sorenya melalui Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Dr Aqua ke Surabaya. Di Kota Pahlawan dan Kota Malang serta Kabupaten Malang melaksanakan serangkaian kegiatan terutama silaturahim.

Sedang Selasa (13/9/2022) sore, setelah semua urusannya di Jawa Timur tuntas, pria yang hobi silaturahim itu melanjutkan perjalanan ke Balikpapan, Kalimantan Timur. Begitu mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan pada Selasa malam, langsung silaturahim ke banyak orang.

Dr Aqua antara lain silaturahim ke Direktur Utama Pelindo Multi Terminal Drajat Sulistyo, Direktur Teknik Prakosa Hadi Takariyanto, Direktur Strategi dan Komersial Ogi Rulino, dan Komisaris PT Bumi Liputan Pendingin Tjandra Onawah. Mereka ketemu di Hotel Blue Sky Balikpapan.

Kemudian Dr Aqua melanjutkan silaturahim ke Komandan Pomdam VI/Mulawarman Kolonel Cpm Didin Sofyannadin di rumah dinasnya. Bapak tiga anak itu ditemani istrinya Iis Ishayati Didin. Mereka mendiskusikan rencana Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pomdam VI/Mulawarman.

Fokus Tugas

Dr Aqua mendorong para perempuan untuk menjadi istri prajurit yang setia, ikhlas, sabar, dan tulus melepas suami yang bertugas buat kepentingan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hal itu sangat penting agar para prajurit bisa fokus selama melaksanakan tugas mulia di berbagai wilayah operasi, baik di dalam negeri maupun mancanegara.

“Kesabaran istri untuk membantu suami melewati proses agar mencapai keberhasilan. Itulah yang pada intinya membuat sang suami menjadi lebih kuat. Kesuksesan dalam rumah tangga itu harus diusahakan secara optimal dengan cara bekerja keras menjaga semuanya dan berdoa. Setiap istri hendaknya dapat membangun tim yang kuat bersama suami,” ungkap Dr Aqua.

Setiap tahun Pomdam VI/Mulawarman, ujar Dr Aqua, mengirimkan prajuritnya untuk bergabung dengan pasukan perdamaian Perserikata Bangsa Bangsa (PBB). Dalam kaitan ini, motivator ulung tersebut mengingatkan dukungan keluarga termasuk istri/suami dan anak-anak bagi setiap prajurit yang akan pergi ke mancanegara menjadi faktor sangat penting dalam keberhasilan tugas.

Kecakapan prajurit dalam berkomunikasi tidak hanya menjadi keuntungan TNI, tetapi juga bangsa dan negara. “Senjata utama prajurit TNI adalah Komunikasi, khususnya para prajurit yang secara langsung terjun ke tengah masyarakat. Prajurit tidak boleh patah arang, patah semangat. Karenanya, prajurit harus dapat memahami betul pentingnya komunikasi dan harus yakin. Tidak ada masalah di muka bumi ini yang tidak bisa diselesaikan dengan komunikasi,” tegas Dr Aqua.

Pria yang dekat dengan kalangan TNI itu mengingatkan setiap prajurit Pomad untuk senantiasa mengusung visi dan misi kesatuan. Visi dan misi itu jangan sekadar slogan tetapi benar-benar diserap dalam sanubari dari dijalankan dengan nyata.

Dr Aqua melanjutkan visi yang harus diemban setiap prajurit Pomad yakni yang bersifat kedalam dan keluar. Visi kedalam yaitu pertama, meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan di lingkungan keluarga besar Pomad melalui kegiatan dalam hubungan kelompok yang bermanfaat bagi korps.

Kedua, meningkatkan kemampuan prajurit Pomad melalui pendidikan, latihan secara bertingkat, bertahap dan berlanjut serta penugasan berjenjang dan bervariasi. Ketiga, Melaksanakan dan mengamalkan Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, dan Panca Dharma Korps secara konsisten dan berlanjut.

Kemudian visi yang bersifat keluar yaitu, melaksanakan penyelidikan kriminal dan pengamanan fisik, penegakan hukum, penegakan hukum disiplin dan tata tertib militer, serta penyidikan. Melaksanakan pengurusan tahanan/tuna tertib militer. Pengurusan keadaan bahaya/operasi militer, tawanan perang dan interniran perang. Melaksanakan pengawalan protokoler kenegaraan. Melaksanakan pengendalian lalu lintas militer dan penyelenggaraan SIM TNI.

“Itu semua bukan sekadar teks tertulis tapi yang terpenting adalah konsistensi dalam pelaksanaannya,” kata Dr Aqua menegaskan.

Anggota Dewan Pakar Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi (ISKI) Pusat itu juga memberikan pesan moral kepada semua peserta. Pesannya itu adalah dilarang mencela sesama prajurit dan istri. Kemudian, tidak mengeluarkan kata nama binatang terhadap sesama anggota. Dilarang menghina dan merendahkan siapa pun. Biasakan menggunakan kata mohon maaf, minta tolong, dan terima kasih.

“Selain itu, libatkan Allah SWT Tuhan yang Maha Esa sesuai tuntunan agama yang dianut. Selanjutnya, muliakan kedua orang tua dan mertua. Terakhir, cintai, sayangi, hormati, dan hargai semua anggota keluarga,” ungkap Dr Aqua.

Pria yang berasal dari Kota Padang, Sumatera Barat, itu melanjutkan, dalam bertugas setiap personel Pomad harus senantiasa menjaga nama baik korps Pomad. Yang terpenting, memiliki jati diri dan harga diri yang harus dipertahankan dan dilestarikan sepanjang masa, selalu, dan selama-lamanya.

Lebih jauh disampaikan Staf Ahli Ketua Umum KONI Pusat Bidang Komunikasi Publik itu bahwa kunci keberhasilan dalam penugasan bagi prajurit adalah dapat diterima dan mendapatkan tempat di hati rakyat, dengan menjadi contoh dan teladan bagi mereka.

Banyak Prajurit Berprestasi

Dr Aqua mengapresiasi Pomdam VI/Mulawarman karena banyak prajuritnya yang berprestasi di bidang olahraga. Itu menunjukkan bahwa mereka juga aktif di luar kedinasan.

Berikut beberapa personel Pomdam VI/Mulawarman yang memiliki prestasi : 1. Serka Cristianus Nong Sedo, NRP 21100139801287, Ba Juyar Situud Pomdam VI/Mlw (Juara II Kejurnas sarung tinju Emas di Makasar tahun 2012, Juara I Pra PON di Samarinda Tahun 2012, Juara I PON XVII di Riau Tahun 2012, Juara I Piala Wapres di Padang Tahun 2013, Juara I Kejurnas Sarung Tinju di Makassar Tahun 2013, Juara II Sea Games di Myanmar Tahun 2013, Juara I Tinju Amatir Pila Wapres di Lahat, Sumatera Selatan Tahun 2014, Juara II Kejuaraan sarung Tinju Emas ke XXXIII/Piala Kajati di Sumatera Utara Tahun 2014, Juara I Kejuaraan Tinju HUT Kodam III/Siliwangi di Bandung Tahun 2016, Juara II PraPON Papua di Ternate Tahun 2019);

2. Sertu Ricard Oscar Laim, NRP 21150181411193, Baidiktipidmilum-1 Satlak Idik Pomdam VI/Mulawarman (Juara III Kejuaraan Tinju HUT Kodam III/Siliwangi di Bandung Tahun 2016, Juara III Sea Games di Kuala Lumpur, Malaysia Tahun 2017, Juara III Kapolri Cup di Manado Tahun 2018);

3. Serda (K) Fitri Anggi Yani, NRP 212003080003000, Balaklap-4 Satlak Lidpamfik Pomdam VI/Mlw (Juara II Kejurnas Bola Tangan senior di Semarang Tahun 2015, Juara I Kejurnas senior di Jakarta Tahun 2016, Juara I Kejurnas junior di Jakarta Tahun 2016, Juara I PON Jabar di Bandung Tahun 2016, Juara III Internasional handball federation dimalaysia Tahun 2016, Juara III Asian Women di Jakarta Tahun 2017, Juara I Praporprov di Kutai Kartanegara Tahun 2018, Juara V Asian Games di Jakarta Tahun 2018, Juara I PraPON di Banyumas Tahun 2019, Juara I PON Papua Tahun 2021);

4. Serda Rizqi Abi Purnama, NRP 1522106030001739, Baunitgakkumwal -3 Unit 1 Satlak Gakkumwal Pomdam VI/Mulawarman (Juara I Kyorugi Cadet A U 34 KG Putra Festival Mataram Taekwondo Center Cup I di Mataram Tahun 2015, Juara I Kyorugi Cadet U 37 Kg Putra Mataram Taekwondo Center Cup 2 di Mataram Tahun 2016, Juara I Cadet Under 45 Kg Putra kejuaraan Taekwondo Gubernur Cup I Nusa Tenggara Barat di Mataram Tahun 2017, Juara 3 Cadet Under 42 Kg Putra kejuaraan Taekwondo antar pelajar Dispora Cup I Nusa Tenggara Barat Tahun 2017, Juara I Bandung Taekwondo International Invitation di Bandung 2017, Juara III kelas Under 48 Kg Putra PPLP/PPLD/SKO di Mataram Tahun 2018, Juara I Kyorugi Junior U 55 KG Putra Prov Nusa Tenggara Barat di Mataram Tahun 2019, Juara I Kyorugi Junior Under 55 Kg Putra dalam rangka Pekan Olahraga Pelajar piala bergilir Gubernur Cup 3 di Mataram Tahun 2019, Juara I Kyorugi Senior U 63 Kg Putra Piala bergilir Dansat Brimob Polda NTB di Mataram Tahun 2021;

5. Serda Haikal Arsya Amanu, NRP 1522107030000693, Baunitgakkumwal -3 Unit 3 Satlak Gakkumwal Pomdam VI/Mulawarman (Juara I Ganda Putra Kejuaraan Nasional Tenis Summeks Open di Palembang Tahun 2018, Juara II Tunggal Putra Porprov Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2018, Juara I Tunggal Putra Kejuaraan AFR Remaja Nasional di Jakarta Tahun 2019, Juara 3 Ganda Putra Kejuaraan FIKS Telkom Nasional di Bandung Tahun 2020, Juara I Tunggal Putra kejuraan Popda di Bangka Belitung Tahun 2020).

Mendiskusikan Banyak Hal

Rabu pagi sebelum melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Pomdam VI/Mulawarman, Dr Aqua sengaja silaturahim ke Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo. Mereka mendiskusikan banyak hal termasuk kegiatan sharing.

aqua dwipayana tugu jatim
Dr Aqua Dwipayana saat silaturahim ke Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo di kantor di Balikpapan. Foto: dok Tugu Jatim

Kepada Tri Budi, motivator ulung itu melaporkan kesiapannya melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada jajaran Kodam VI/Mulawarman. Di tengah jadwalnya yang padat, Dr Aqua memprioritaskannya.

“Seharusnya agenda saya dalam minggu ini di salah satu kabupaten di Jawa Timur. Namun karena kegiatannya ditunda, sehingga saya putuskan ke Kalimantan Timur,” jelas Dr Aqua.

Jadwal mantan wartawan di banyak media nasional itu cukup padat. Hingga akhir 2022 ini sebagian besar telah terisi. Begitu ada perubahan agenda, langsung diisi dengan aktivitas yang lain.

Tri Budi menyambut gembira dan hangat kehadiran Dr Aqua di Kalimantan Timur. Itu sesuai hasil pembicaraan mereka sekitar sebulan yang lalu.

“Terima kasih Pak Aqua karena telah berkenan dan menyempatkan waktu untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan jajaran saya di Kodam VI/Mulawarman. Teman-teman sudah menyiapkan acaranya,” ujar Tri Budi.

Rencananya Dr Aqua di Kalimantan Timur hingga Jumat lusa (16/9/2022). Aktivitas utamanya Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Kodam VI/Mulawarman.(*)