Dr Aqua Ingatkan, Jadikan Kekuatan Doa sebagai Penuntun dalam Setiap Aktivitas - Tugujatim.id

Dr Aqua Ingatkan, Jadikan Kekuatan Doa sebagai Penuntun dalam Setiap Aktivitas

  • Bagikan
Doa. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana bersama Pimpinan BRI Cabang Sumedang, Jawa Barat, Bayu Adityo, Rabu pagi (29/06/2022). (Foto: Dr Aqua Dwipayana)

SUMEDANG, Tugujatim.id – Setiap orang termasuk para pegawai BRI harus percaya dengan kekuatan doa. Apalagi kalau melaksanakannya selalu dengan khusyuk. Insya Allah doanya dikabulkan Tuhan.

“Saya sudah sering membuktikan kekuatan doa. Jadi semua aktivitas yang dilaksanakan termasuk saat bekerja selalulah melibatkan Tuhan. Memohon kepada-Nya agar diberi kelancaran dan seluruh permohonannya dikabulkan,” ucap pria murah senyum yang rendah hati itu.

Kegiatan rapat pagi termasuk doa bersama yang rutin dilaksanakan setiap hari kerja, saran Dr Aqua jangan dimaknai sebagai acara seremoni dan rutinitas belaka. Tapi selalu dilaksanakan secara serius oleh seluruh pegawai dan sebagai sarana untuk refleksi diri.

“Dengan begitu setiap melaksanakan rapat pagi setiap hari kerja, ada nilai-nilai yang diperoleh. Semua itu sebagai penyemangat saat bekerja untuk mengoptimalkan seluruh potensi diri guna mewujudkan kinerja terbaik,” papar Dr Aqua.

Demikian disampaikan Motivator Nasional dan Pakar Komunikasi Dr Aqua Dwipayana pada kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di hadapan puluhan pegawai BRI Cabang Sumedang, Rabu 29 Juni 2022. Hadir pada kegiatan tersebut Pemimpin BRI Cabang Bayu Adityo.

Selain itu, mantan wartawan di banyak media besar itu mengingatkan saat doa bersama, tidak hanya mendoakan seluruh pegawai BRI dan keluarga, tetapi juga berdoa buat semua nasabah agar di saat pandemi Covid-19 usahanya tetap jalan dan lancar sehingga kemitraan dengan BRI terus terjalin dengan baik.

Doa. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan buku karyanya kepada Pimpinan BRI Cabang Sumedang, Jawa Barat, Bayu Adityo, Rabu pagi (29/06/2022). (Foto: Dr Aqua Dwipayana)

“Jadi doanya tidak hanya bermanfaat buat semua pegawai dan keluarganya, tetapi juga untuk seluruh nasabah BRI sebab mereka dan bisnisnya turut didoakan,” lanjut Dr Aqua.

Kepada semua pegawai BRI, bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta itu menekankan agar selain bekerja secara optimal dengan menunjukkan kinerja terbaik, tetap selalu berdoa kepada Tuhan memohon agar seluruh aktivitas yang dilakukan mendapat ridho dari Sang Pencipta dan hasilnya maksimal.

Memenuhi janjinya kepada Pimpinan BRI Cabang Sumedang, Jawa Barat, Bayu Adityo, Rabu (29/6/2022), pagi ini Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada para pegawai BRI di kantor tersebut. Pelaksanaannya bersamaan dengan acara doa pagi.

Beberapa bulan lalu sesaat setelah pindah ke Sumedang dari Mataram, Nusa Tenggara Barat, Bayu menghubungi Dr Aqua lewat telefon. Selain menginformasikan bahwa dirinya sudah pindah ke Sumedang, juga sekaligus mengundang motivator ulung tersebut untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajarannya.

Dr Aqua sangat senang dengan kabar gembira dari Bayu serta undangan untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi dengan seluruh jajarannya. Namun jadwalnya yang padat membuat hal itu tidak dapat segera dipenuhi.

“Selamat bertugas di Sumedang Pak Bayu. Semoga makin sukses dan berkah dengan semua tugas mulianya di BRI. Terima kasih banyak untuk undangan Sharing Komunikasi dan Motivasi. Saya senang sekali. Cuma saat ini agenda saya sangat padat. Begitu ada waktu luang, saya segera ke Sumedang untuk silaturahim ke Pak Bayu,” ujar Dr Aqua waktu itu.

Dua sahabat lama itu terus intens berkomunikasi. Bayu selalu mengingatkan Dr Aqua untuk mengalokasikan waktu ke Sumedang, meski hanya sebentar. Dia tahu persis jadwal pembicara laris itu yang sangat padat.

Doa. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat Sharing Komunikasi dan Motivasi bersama karyawan BRI. (Foto: Dr Aqua Dwipayana)

Senin siang (27/6/2022) lalu seusai menghadiri peresmian Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 7 Sumatera Bagian Selatan di Palembang yang dilakukan Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Dr Aqua kontak Bayu. Menginfokan Selasa (28/6/2022) ke Sumedang. Rabu (29/6/2022) pagi siap melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di kantornya.

Bayu senang sekali mendapat kabar tersebut. Sejak itu dia makin intens komunikasi dengan Dr Aqua. Bersama jajarannya mempersiapkan acaranya agar sukses.

Selasa tadi malam seusai pertemuan dengan Presiden Direktur Lion Group yang baru Capt Daniel Putut Kuncoro Adi, Dr Aqua langsung ke Sumedang. Tiba di kota tahu itu sekitar pukul 23.45. Langsung ke penginapan untuk istirahat.

Rabu pagi ini Dr Aqua memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Kantor BRI Cabang Sumedang yang dipimpin Bayu. Banyak hal tentang komunikasi dan motivasi yang disampaikannya.

Sangat Dalam

Dr Aqua yang sudah sering Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran perbankan termasuk di kantor-kantor BRI akan menekankan tentang implementasi AKHLAK dan BRILian Ways. Dua hal itu selalu diucapkan bersama saat acara doa pagi di lingkungan kantor tersebut.

AKHLAK adalah singkatan dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Masing-masing nilai memiliki penjabarannya sendiri untuk penerapan kode etik dan kode perilaku yang diterapkan di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Penjabarannya secara singkat adalah Amanah yakni memegang teguh kepercayaan yang diberikan. Kompeten maksudnya harus terus-menerus belajar memperbaiki dan mengembangkan kemampuan diri sehingga memiliki kompetensi dan kapabilitas. Harmonis yaitu keserasian dalam bekerja sama dengan saling peduli dan menghargai perbedaan masing-masing individu.

Selanjutnya Loyal yang artinya mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dengan mengeleminir kepentingan pribadi dan kelompok. Adaptif maksud dapat beradaptasi dan terus berinovasi dalam kondisi apapun termasuk saat pandemi Covid-19. Terakhir adalah Kolaboratif dengan membangun kerjasama yang sinergis.

AKHLAK adalah nilai-nilai organisasi yang diperkenalkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir yang didampingi Wakil Menteri BUMN I Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto pada Rabu, 1 Juli 2020 lalu.

Pelaksanaannya bersamaan dengan peluncuran logo baru. Itu sekaligus menjadi simbolisasi dari visi dan misi kementerian maupun seluruh BUMN dalam menatap era kekinian yang penuh tantangan sekaligus kesempatan.

Sedangkan BRILian Ways ada delapan. Seluruhnya menjadi pedoman dan wajib dilaksanakan semua pegawai BRI. Rinciannya adalah sebagai berikut.

1. BRILian jujur, tulus, dan patuh pada peraturan.
2. BRILian cakap dan handal, terus belajar, mengembangkan diri dan orang lain (continous learner).
3. BRILian bekerja tuntas dengan penuh tanggung jawab berorientasi pada kinerja terbaik.
4. BRILian membangun kolaborasi yang produktif.
5. BRILian terbuka dan menghargai kemajemukan (respect to diversity).
6. BRILian proaktif, adaptif, inovatif dan berorientasi pada pertumbuhan yang berkelanjutan.
7. BRILian berempati memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan layanan melebihi harapan.
8. BRILian peduli terhadap masyarakat dan lingkungan.

Dr Aqua melanjutkan, AKHLAK dan BRILian Ways, Isi keduanya penuh makna dan sangat dalam. Seluruh insan BRI harus konsisten melaksanakannya.

“Jika semua pegawai BRI konsisten setiap saat melaksanakan AKHLAK dan BRILian Ways, secara signifikan pengaruh positifnya buat diri sendiri dan perusahaan. Nilai-nilai pada keduanya dalam sekali,” kata Dr Aqua.

Di BRI Cabang Mataram

Saat Bayu masih bertugas di Mataram, dia pernah mengundang Dr Aqua untuk melaksanakan Sharing Komunikasi dan Motivasi di BRI Cabang Mataram, pada Rabu sore, 11 Agustus 2021 lalu di Hotel Astoria Mataram. Waktu itu ratusan orang jajarannya hadir.

Doa. (Foto: Dr Aqua Dwipayana/Tugu Jatim)
Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana saat bersama Bayu Adityo ketika menjadi Pimpinan BRI Cabang Mataram. (Foto: Dr Aqua Dwipayana)

Acara yang sudah lama direncanakan itu bertajuk “Semangat Mengukir Prestasi dan Berkontribusi Aktif untuk Kemajuan Perusahaan”. Bayu memimpin langsung acara yang dilakukan di ruang terbuka tersebut.

Kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi tersebut mengawali rangkaian enam sesi acara serupa sepanjang pekan itu. Selama di Lombok, selain di BRI, Dr Aqua secara marathon antara lain memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi di RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, ASDP Cabang Lembar-Lombok, dan Direktorat Polair Polda Nusa Tenggara Barat. (*)

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan