Dramatis! TNI AL Evakuasi Ibu Melahirkan dari Pulau Kangean Sumenep Madura

Dramatis! TNI AL Evakuasi Ibu Melahirkan dari Pulau Kangean Sumenep Madura

  • Bagikan
Dramatis pengevakuasian ibu melahirkan di perairan Kangean Madura.
Dramatis pengevakuasian ibu melahirkan di perairan Kangean Madura. (Foto: Dokumen/TNI AL Koarmada II)

SURABAYA, Tugujatim.idTNI Angkatan Laut (AL) Surabaya 591 Koarmada II berhasil melaksanakan evakuasi kapal siaga desa di perairan Pulau Kangean, Madura pada Selasa (21/6/2022). Mereka mengevakuasi seorang ibu yang hendak melahirkan serta beberapa pasien lainnya.

Komandan Letkol Laut (P), Handoyo, mengatakan bahwa saat operasi pelayaran dari Pulau Sepekan menuju Pulau Sapudi, pihaknya mengevakuasi kapal tersebut di perairan sebelah barat pulau Kangean tepatnya pada posisi 06 51 24 S – 115 04 30 T.

“Setelah di lokasi dengan jarak 1.200 yard dari kapal siaga desa, selanjutnya KRI SBY-591 menurunkan 2 unit LCVP untuk menuju kapal siaga desa guna melaksanakan evakuasi,” katanya.

Handayo menyebutkan, pihaknya berhasil mengevakuasi 8 orang yakni seorang ibu yang telah melahirkan dengan operasi ceasar dan satu bayi. Kemudian, 2 orang keluarga pasien dan 4 orang tenaga medis yakni 3 dokter dan satu bidan.

“Seluruh personel itu dalam kondisi aman, selanjutnya kami bawa untuk dirawat di ruang kesehatan KRI SBY-591,” ujarnya.

Setelah dievakuasi, kapal siaga desa digandeng bersama 591 Koarmada II menuju Pelabuhan Kangean untuk evakuasi ke darat. Selanjutnya, KRI SBY – 591 bersandar di Teluk Ketapang, Kangean, dilanjutkan penurunan dua LCVP untuk proses evakuasi korban ke darat.

“Setelah proses evakuasi selesai dan dinyatakan dalam keadaan aman, selanjutnya KRI SBY-591 melanjutkan pelayaran menuju Pulau Sapudi,” pungkasnya.

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan