News  

Unik! Dua Calon Kades Merakurak Tuban Diarak Naik Becak saat Pilkades 2022

Pilkades 2022. (Foto: dok. Panitia Pilkades/Tugu Jatim)
Dua calon kades yang diarak menuju ke TPS dengan menaiki becak di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, Kamis (27/10/2022). (Foto: dok. Panitia Pilkades)

TUBAN, Tugujatim.id – Unik! Dua calon kades di wilayah Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, Jawa Timur, diarak pakai becak saat Pilkades 2022. Bahkan, suasana berbeda bak pemilu begitu terasa pada Kamis (27/10/2022). Sebab, begitu akan masuk wilayah Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, Jawa Timur, beberapa pintu masuk desa diportal dengan penjagaan ketat oleh sejumlah linmas. Mereka bertugas untuk menghadang warga yang bukan penduduk desa setempat agar tidak masuk.

Aksi ini dilakukan bukan karena ada kejadian yang luar biasa. Tapi, ada gawe desa yang memilih kepala desa setempat. Ternyata, cara ini dipergunakan panitia agar pelaksanaan Pilkades 2022 bisa berjalan dengan nyaman, damai, dan lancar.

Pilkades 2022. (Foto: dok. Panitia Pilkades/Tugu Jatim)
Suntoro, salah satu calon kades saat menyalurkan hak pilihnya. (Foto: dok. Panitia Pilkades)

“Cara ini sudah menjadi kesepakatan bersama dari warga. Bahkan sejak 2016 silam,” ujar Anggota Panitia Pilkades Riyanto kepada Tugu Jatim pada Kamis (27/10/2022).

Riyanto menambahkan, larangan masuk ini berlaku bagi siapa saja dimulai Rabu (26/10/2022), pukul 18.00 WIB, sampai Kamis (27/10/2022) hingga pukul 13.00 WIB.

Pilkades 2022. (Foto: dok. Panitia Pilkades/Tugu Jatim)
Siti Nafiah, calon kades lainnya saat memasukkan hak suaranya. (Foto: dok. Panitia Pilkades)

“Namun, tetap ada pengecualian seperti petugas keamanan maupun panitia pengawas dari kecamatan,” terangnya.

Riyanto menjelasakan, Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ada di Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, ada sekitar 1.090 orang yang terbagi di tiga tempat pemungutan suara (TPS) dengan dua kandidat calon. Mereka yakni calon petahana Suntoro dan lawannya Siti Nafiah.

Pilkades 2022. (Foto: dok. Panitia Pilkades/Tugu Jatim)
Sebuah spanduk tertulis larangan masuk selain warga Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, selama Rabu (26/10/2022), pukul 18.00 WIB, sampai Kamis (27/10/2022) hingga pukul 13.00 WIB.(Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Kondisi ini membuat beberapa warga yang ingin melintas di desa tersebut sedikit kecewa. Sebab, tiga jalan masuk desa ini yang dirasa jalur cepat menuju desa lainnya, tapi mereka terpaksa harus mengambil jalur lainnya.

Pilkades 2022. (Foto: dok. Panitia Pilkades/Tugu Jatim)
Petugas kurir ekspedisi terpaksa menunggu penerima barangnya di luar pintu masuk Desa Sumber, Kecamatan Merakurak, Tuban, karena ada Pilkades 2022. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Salah satunya seperti yang dialami kurir ekspedisi yang akan mengirimkan barang menuju ke Desa Sumber. Kebijakan ini menjadi penghambat bagi dirinya untuk mengantarkan paket. Meski begitu, dia tetap menghormati kebijakan dari desa. Sementara itu, pemilik barang diminta untuk ke depan jalan desa untuk menerimanya.

“Ya gimana lagi, Mas. Karena saya tidak bisa masuk, penerima saya hubungi untuk ke depan jalan desa mengambil barangnya,” kata kurir yang enggan disebutkan namanya itu.