Euro 2020: Spanyol Singkirkan Kroasia lewat Drama 120 Menit - Tugujatim.id

Euro 2020: Spanyol Singkirkan Kroasia lewat Drama 120 Menit

  • Bagikan
Timnas Spanyol merayakan kemenangan atas Kroasia pada laga babak 16 besar Euro 2020, di Stadion Parken, Copenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021). (Foto: Instagram/sefubol)
Timnas Spanyol merayakan kemenangan atas Kroasia pada laga babak 16 besar Euro 2020, di Stadion Parken, Copenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021). (Foto: Instagram/sefubol)

Tugujatim.id – Timnas Spanyol berhasil melaju ke babak perempat final Euro 2020 setelah menyingkirkan timnas Kroasia dengan skor 3-5 pada laga babak 16 besar di Stadion Perken, Copenhagen, Denmark, Senin (28/6/2021) malam.

Kedua tim sebenarnya bermain imbang 3-3 selama 90 menit waktu normal dan memaksa pertandingan berlanjut ke babak perpanjangan. Spanyol pun membuktikan lebih unggul usai menambahkan dua gol dan membuat kedudukan menjadi 3-5 untuk keunggulan Spanyol.

Pertandingan tersebut begitu menarik lantaran kedua tim sama-sama saling berbalas gol. Pada babak pertama Spanyol tertinggal lebih dulu berkat gol bunuh diri Pedri pada menit 20 usai Unai Simo, penjaga gawang Kroasia melakukan blunder saat menerima umpan balik dari Pedri.

Pada menit 38, Spanyol berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sepakan Pablo Sarabia. Hingga turun minum kedudukan imbang 1-1

Pada babak kedua Spanyol bermain lebih rapi untuk menciptakan peluang. Di menit 57 Spanyol berhasil menggandakan keunggulan menjadi 1-2 setelah sundulan keras pemain belakang Spanyol Cesar Azpilicueta berhasil merobek gawang Dominic Livakovic.

Menit 76 Spanyol berhasil menambah keunggulan menjadi 1-3 setelah Ferran Torres menerima umpan terobosan dari Pau Torres dan mengecoh bek Kroasia Josko Gvardiol.

Tertinggal 1-3 Kroasia melakukan inisiatif untuk menambah penyerangan dengan mengganti beberapa pemain bertipe menyerang seperti Mario Pasalic dan Ante Budimir. Pergantian tersebut membuahkan hasil di menit 85 Kroasia berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 2-3 melalui Mislav Orsic setelah sepakan Luka Modric dihalau oleh kiper Spanyol Unai Simon dan terjadi bola liar di depan gawang dengan cepat disambut untuk memperkecil ketinggalan.

Di injury time 90+2 Kroasia seakan tidak kehilangan semangat berhasil menyamakan kedudukan menjadi 3-3 setelah pemain pengganti Kroasia Mario Pasalic membuka celah dari pemain bertahan spanyol untuk menyundul bola dari umpan crossing Mislav Orsic dan pertandingan dilanjutkan ke babak extra time.

Pada babak perpanjangan waktu, yakni pada menit 100 Spanyol berhasil menambah angka menjadi 3-4 lewat sontekan Alvaro Morata setelah menerima umpan silang dari pemain RB Leipzig Dani Olmo, dan tiga menit kemudian Dani Olmo berhasil mencetak assist kedua setelah umpannya berhasil dikonversikan menjadi gol oleh Mikel Oyarzabal yang membesar jarak antara Kroasia dan Spanyol 3-5

Extra time babak kedua Kroasia nyaris saja memperkecil kedudukan, hanya saja sepakan dari Ante Budimir masih melenceng tipis di sisi kanan gawang Spanyol. Kedudukan tersebut tidak berubah hingga peluit akhir extra time dibunyikan dengan skor 3-5 untuk kemenangan Spanyol. Hasil ini membuat Luka Modric dan kawan-kawan harus angkat kaki dari Euro 2020.

  • Bagikan