MALANG, Tugujatim.id – Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas PGRI Kanjuruhan (Unikama) Malang menjalin kerja sama riset yang berfokus pada penelitian anak gifted usia dini pada Jumat (20/10/2023).
Kerja sama penelitian ini bertujuan untuk menggali karakteristik dan potensi anak gifted usia dini di wilayah Malang Raya. Mengaplikasikan metode penelitian kualitatif, penelitian berusaha mengungkap dan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang kondisi dan kebutuhan anak-anak tersebut.
Dr Nur Eva MSi menjadi pemimpin tim penelitian dari Fakultas Psikologi UM, sementara Dr Sarah Emmanuel menjadi kepala penelitian dari Unikama.
Dr Nur Eva menjelaskan bahwa anak gifted usia dini adalah individu yang memiliki potensi kecerdasan di atas rata-rata, melibatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik yang lebih tinggi dibandingkan dengan anak seusianya.
Hasil penelitian pun diharapkan dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para pendidik, orang tua, dan masyarakat umum tentang bagaimana kebutuhan dari anak-anak gifted, khususnya bagi mereka yang masih berusia dini.
“Anak gifted usia dini memiliki potensi yang sangat besar untuk berkembang. Oleh karena itu, penting untuk memberikan layanan pendidikan yang tepat bagi mereka,” jelas Dr Nur Eva.
Selaku peneliti dari Unikama, Dr Sarah Emmanuel juga menambahkan bahwa layanan pendidikan untuk anak gifted usia dini harus disesuaikan dengan kebutuhan mereka, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik.
“Layanan pendidikan bagi anak gifted usia dini harus komprehensif. Layanan tersebut harus mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik,” kata Dr Sarah Emmanuel.
Kerja sama ini tidak hanya menjadi langkah positif bagi kedua institusi dalam mendukung perkembangan optimal anak-anak gifted di wilayah Malang. Namun, juga menunjukkan kepedulian Fakultas Psikologi UM dan Unikama dalam meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan berkontribusi dalam pengembangan penelitian anak gifted usia dini.
Writer: Imam A. Hanifah
Editor: Dwi Lindawati