Film Zodiac, Rekomendasi Film Thriller Pembunuhan yang Diangkat dari Kisah Nyata - Tugujatim.id

Film Zodiac, Rekomendasi Film Thriller Pembunuhan yang Diangkat dari Kisah Nyata

  • Bagikan
Film Zodiac, Rekomendasi Film Thriller Pembunuhan yang Diangkat dari Kisah Nyata
Film Zodiac ini diangkat dari pembunuhan yang terjadi di Amerika Serikat. (Foto: via Den of Geek)

Bagi penggemar film thriller, nama David Fincher mungkin sudah tidak asing lagi. Deretan film mulai dari “Fight Club,” “Seven,” dan “The Girl with The Dragon Tattoo,” sukses mendulang antusias dari penonton dengan suguhan alur cerita yang lihai dan plot twist. Salah satu film karya David Fincher yang dikenal paling apik untuk jenis thriller adalah “Zodiac” (2007).

Hal yang harus kamu tahu bahwa film “Zodiac” adalah hasil rekonstruksi kejadian nyata yang terjadi di wilayah San Fransisco sekitar tahun 1970-an. Peristiwa inilah yang ditulis oleh Robert Graysmith ke dalam buku non-fiksi pada 1986 dan diangkat ke dalam cerita layar lebar oleh David Fincher. Pada masa itu, seorang pembunuh menyebarkan teror kepada masyarakat melalui kode, pesan pembunuhan, dan panggilan telepon ke kepolisian dan kantor penerbitan surat kabar lokal.

Poster film Zodiac. (Foto: Dokumen)
Poster film Zodiac. (Foto: Dokumen)

Baca Juga: Mengintip Film Tilik, Diproduksi Tahun 2018, Viral Tahun 2020

Film “Zodiac” menceritakan kisah para detektif dan reporter yang terlibat dalam penyelidikan kasus pembunuhan berantai. Si pembunuh yang menyebut dirinya dengan inisial “Zodiac” ini melakukan teror kepada para korbannya melalui surat dan kode yang harus dipecahkan oleh para detektif.

Kelihaian David Fincher untuk menyuguhkan setiap perkembangan cerita yang mendebarkan sukses membuat penonton hanyut bahkan seolah terlibat dalam proses investigasi. Meskipun adegan di film berjalan dengan padat dan cepat, Fincher tetap mampu mempertahankan alur cerita yang mulus melalui akting para karakter. Penonton pun bisa menikmati proses terkuaknya setiap misteri yang ada.

Film “Zodiac” ini memiliki 3 karakter yang menjadi fokus yaitu seorang kartunis dan penyelidik amatiran Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), jurnalis Paul Avery (Robert Downey Jr.), serta inspektur David Toschi (Mark Ruffalo). Bersama mereka berusaha memecahkan kasus pembunuhan berantai ini meskipun pada akhirnya kasus dihentikan dan sosok “Zodiac” masih tidak terungkap.

Baca Juga: Sinopsis Film Eagle Eye, Kala Telepon Misterius Mulai Ancam Keselamatan Jiwa

Meskipun memiliki genre thriller, secara umum film ini tidak memiliki banyak adegan pembunuhan sadis seperti di film “Seven” maupun “Fight Club”. Namun kendati demikian, “Zodiac” tetap mampu menghipnotis penonton dengan alur cerita teror yang lebih mendebarkan daripada adegan pembunuhan pada umumnya.

David Fincher ingin menunjukkan kepada penonton bahwa poin penting dari film ini adalah proses dari investigasinya daripada tertangkapnya si pembunuh berantai. Ia ingin penonton menyaksikan setiap teror yang terjadi sejak dimulainya kasus penyelidikan ini sampai dampak yang diterima pada karakter dan keluarganya akibat terlibat terlalu jauh di penyelidikan ini.

Pada intinya, film “Zodiac” sangat cocok bagi kamu yang menyukai tantangan untuk memecahkan sebuah misteri dalam film dan menghindari adegan-adegan sadis dari pembunuhan. Bersama para pemain kamu akan diajak seolah menjadi bagian sebagai detektif dan menguak misteri pembunuhan berantai oleh Zodiac”. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: whiteboardjournal.com

  • Bagikan