Gaya Aman Selamat Berkendara ala Satlantas Polres Malang

Satlantas Polres Malang Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Women's Day Out

kabupaten malang tugu jatim
Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita di event WDO. Foto: Rubianto/Tugu Jatim

MALANG, Tugujatim.idPolres Malang melalui Satlantas turut andil dalam gelaran Women’s Day Out (WDO) yang dihelat Tugu Media Group dan Barrat Enterprise sejak 17 dan 18 September 2022.

Kasatlantas Polres Malang, AKP Agnis Juwita; Anggota Dikyasa Satlantas Polres Malang, Aiptu Umar; bersama Kanit Kamsel Satlantas Polres Malang, Iptu Yulistiana hadir langsung memberikan sosialisasi Gaya Aman Selamat (GAS) berkendara pada salah satu segmen event yang berlangsung di Dome Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

AKP Agnis Juwita menuturkan bahwa angka kecelakaan di Malang masih tinggi. Berdasarkan data yang diterima sejauh ini, tercatat ada 600 kecelakaan yang didominasi oleh remaja produktif dengan kondisi luka ringan atau meninggal dunia.

kabupaten malang tugu jatim
Sosialisasi keselamatan berkendara di WDO. Foto: Rubianto/Tugu Jatim

“Hampir satu tahun di 2022 ini, sudah ada hampir 600 kecelakaan, yang paling banyak terlibat adalah roda dua, didominasi remaja produktif dengan rata-rata kondisinya luka ringan atau meninggal dunia,” bebernya.

Karena itu, pihaknya menghimbau agar seluruh pengendara wajib mengetahui dan paham terhadap aturan dan keselamatan berkendara.

Setidaknya, ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam berkendara. Pertama, harus memiliki skill berkendara untuk mengantisipasi kondisi perjalanan yang tidak diinginkan. Bukan sekedar bisa naik, menyetir motor, menjalankan, turun, dan selesai.

kabupaten malang tugu jatim
Sosialisasi keselamatan berkendara di WDO. Foto: Rubianto/Tugu Jatim

Kedua, sebelum berkendara, perlu untuk mengecek kondisi kendaraan dan memastikan semuanya dalam kondisi baik. Ketiga, ingat selalu tentang pengetahuan lalu lintas, termasuk rambu-rambu jalan raya.

Terlebih, jelas dia, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan kecelakaan yakni faktor manusia, kendaraan, dan faktor alam. Sebab itu, pihaknya terus berkomitmen untuk menekan angka kecelakaan termasuk korbannya dengan memberikan edukasi pada pengendara sejak dini.

Ditambahkan, saat ini Korlantas Polri telah menerapkan sistem e-tilang menggunakan kamera ETLE yang terus bertransformasi dengan perkembangan dan kebutuhan keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

kabupaten malang tugu jatim
Sosialisasi keselamatan berkendara di WDO. Foto: Rubianto/Tugu Jatim

“Jadi tilang ini bertransformasi dari manual menjadi tilang secara statis. Di Kota Malang sudah banyak, Kabupaten Malang sedang mengikuti secara bertahap. Misal tidak pakai helm dan sebagainya, akan otomatis mendapat surat cinta (tilang),” terangnya.

Sosialisasi ini diikuti antusias oleh para peserta yang sebagian besar adalah biker maupun komunitas motor.

Selain sosialisasi oleh Satlantas, WDO juga dimeriahkan oleh rangkaian talkshow dan kehadiran brand kecantikan, fashion, hingga konser musik.

Untuk menjadi bagian dalam momen spesial WDO, kamu bisa langsung datang menikmati rangkaian acara #Beauty Fest yang disuguhkan dengan gratis.

Puncaknya, bakal ada penampilan satu musisi yang ditunggu-tunggu yakni Yovie and Nuno. Namun, untuk menikmati konsernya, dapatkan undangan dengan pembelian voucher berikut sebagai tiket masuk konser WDO.

Tiket bisa didapat secara langsung atau On The Spot (OTS) maupun melalui situs website dan aplikasi tiket.com. Tentunya yang belum kebagian invitation, saat ini hanya tersisa satu jenis voucher yakni reguler seharga Rp100 ribu.

Bagi yang masih penasaran, bisa simak informasi lengkapnya di Instagram @tugumalangid dan @barrat_enterprise atau menghubungi narahubung 082245499180 (Niken).