Gerard Pique Resmi Pensiun dari Dunia Sepak Bola

gerard pique tugu jatim
Gerard Pique memberikan salam perpisahan kepada fans Barcelona. Foto: Insatgram @3gerardpique

Tugujatim.id – Gerard Pique memutuskan untuk gantung sepatu dari dunia sepak bola setelah pertandingan LaLiga akhir pekan kemarin melawan Almeria. Pique memilih Barcelona sebagai klub untuk mengakhiri karirnya di sepak bola.

“Saya selalu mengatakan bahwa setelah Barca tidak akan ada tim lain dan begitulah yang akan terjadi. Sudah 25 tahun sejak saya bergabung dengan Barca. Saya pergi dan saya kembali. Sepak bola telah memberi saya segalanya. Barca telah memberi saya segalanya,” ucap sang bek dalam video yang diposting di Twitter.

Pique telah bermain sebanyak 533 pertandingan untuk Barcelona setelah sebelumnya ia pindah ke Manhchester United pada 2004 dan kembali lagi ke Barcelona pada tahun 2008.

Bersama Barcelona, Pique berhasil memenangkan delapan gelar LaLiga, tujuh mahkota Copa del Rey, Liga Champions tiga kali, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.

Bek tengah ini juga memenangkan Piala Dunia bersama Spanyol pada 2010 dan Kejuaraan Eropa pada 2012, membuat 102 penampilan dan mencetak lima gol untuk negaranya pada 2018.

Dia bahkan mempertimbangkan untuk menjadi presiden masa depan Barcelona untuk beberapa alasan, melihat Pique juga merupakan jebolan akademi muda Barcelona bersama Messi, sebelum dia pergi ke United. Dia kembali ke Barcelona di bawah pelatih Pep Guardiola dan langsung berkembang sebagai bek yang terampil berkat kecerdasan, keterampilan passing, dan kepemimpinannya.

Pelatih Barcelona saat ini, Xavi Hernandez mengatakan bahwa Gerard Pique pantas mendapatkan upacara perpisahan sebagai legenda Barcelona. Ia juga menjelaskan bahwa Gerard Pique menjadi salah satu bek tengah terbaik sepanjang sejarah sepak bola.