Bisnis  

Harga Tomat di Pasar Baru Tuban Meroket Capai Rp14 Ribu Per Kilo, Apa Penyebabnya?

Harga tomat di Pasar Baru Tuban.(Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Buah tomat harganya melonjak dari harga normal di Pasar Tuban. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Harga tomat di Pasar Baru Tuban tiba-tiba meroket. Kenaikan tersebut terjadi sejak sepekan terakhir. Seperti terpantau di pasar tradisional di Tuban, saat ini pedagang menjualnya di kisaran Rp13.500-Rp14.000 per kilogram.

Siti Khotijah, 65, warga Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, sekaligus pedagang Pasar Baru Tuban mengaku, melonjaknya harga tomat sudah terjadi semenjak seminggu yang lalu.

“Semingguan terjadi kenaikannya, Mas. Sebelumnya Rp10 ribu. Hari ini sudah Rp14 ribu per kilo,” ujarnya kepada Tugu Jatim, Rabu (23/11/2022).

Harga tomat di Pasar Baru Tuban.(Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Kenaikan harga tomat di Pasar Baru Tuban terjadi sudah seminggu. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

Menurut Khotijah, sapaan akrabnya, pemicu dari kenaikan harga tomat di Pasar Baru Tuban karena ketersediaan barang yang semakin menipis. Selain itu, peralihan tanaman dari sebelumnya tomat ke tanaman yang lainnya. Biasanya, Khotijah melanjutkan, pasokan barangnya dari lokal Tuban juga dari luar daerah seperti Pare, Kediri, maupun Blitar.

“Barangnya berkurang, Mas. Petani ganti tanamnya. Sekarang tanam padi,” tambahnya.

Dengan harga Rp14 ribu, Khotijah mengatakan, itu sudah termasuk mahal. Sebab, dia melanjutkan, jika dibandingkan harga normal hanya di kisaran Rp3 ribu-Rp4 ribu per kilo.

Tak hanya tomat, ternyata komoditas lainnya juga mengalami lonjakan, seperti cabai rawit merah yang saat ini mencapai Rp32 ribu dari sebelumnya Rp25 ribu per kilo. Pun juga cabai keriting, dari Rp20 ribu, pedagang menjualnya menjadi Rp25 ribu.