Hari Ayah Nasional: Ragam Cerita Peringatan Hari Ayah di Dunia

  • Bagikan
Ilustrasi hari ayah nasional. Ayah dan anak
Ilustrasi Hari Ayah Nasional. (Foto: Shutterstock)

Tepat tanggal 12 November esok hari, Indonesia akan memperingati Hari Ayah Nasional. Beberapa mungkin tidak mengetahui peringatan ini karena memang di Indonesia sendiri, Hari Ayah baru ditetapkan pada tahun 2014 lalu atas prakarsa paguyuban Satu Hati, lintas agama dan budaya yang bernama Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP).

Di negara lain, Hari Ayah sudah diperingati sejak sejak awal abad ke-12 dengan waktu dan perayaan yang berbeda. Meskipun waktu pelaksanaan yang berbeda, peringatan Hari Ayah Nasional di berbagai negara tentu membawa makna yang sama yaitu untuk menghormati jasa dari sosok Ayah dalam sebuah keluarga.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Baca Juga: 15 Daftar Website Penyedia Vektor Gratis yang Super Keren

Tetap simak artikelnya dan temukan keseruan peringatan Hari Ayah di 10 negara ini:

1. Jerman

Peringatan Hari Ayah di Jerman
Peringatan Hari Ayah di Jerman (Foto: Getty Images)

Di Jerman Hari Ayah dikenal dengan beberapa sebutan nama seperti Vatertag, Mannertag, dan Herrentag. Peringatannya pun dilakukan bersamaan dengan Hari Kenaikan Yesus yaitu pada hari ke-40 Paskah. Pada hari ini para lelaki akan mengenakan kostum unik sambil menarik sebuah gerobak kecil berisi penuh minuman keras.

2. Brazil

Peringatan Hari Ayah di Brasil dilakukan dengan memakan sejenis daging panggang. (Foto:
Peringatan Hari Ayah di Brasil dilakukan dengan memakan sejenis daging panggang. (Foto: Boi Na Braza)

Peringatan Hari Ayah di Brazil ditetapkan untuk mengenang Santo Joachim, ayah Maria yang disebut sebagai santo pelindung para ayah. Tepat pada hari Minggu kedua di bulan Agustus, keluarga akan saling berkumpul untuk merayakannya dengan berbagi hadiah dan memakan churrasco (sejenis daging panggang dalam tusuk).

3. Australia

Di negara ini peringatan hari Ayah dipercaya sudah ada sejak tahun 1930-an yang dirayakan pada hari Minggu pertama bulan September. Tradisi spesial seperti makan bersama, berbagi hadiah dan kartu ucapan umumnya dilakukan warga Australia untuk merayakan hari ini.

4. Rusia

Peringatan Hari Ayah di Russia
Peringatan Hari Ayah di Rusia (Foto: Getty Images)

Terdapat peringatan akbar untuk Hari Ayah di Rusia yang dikenal dengan nama Hari Pembela Tanah Air. Dirayakan pada 23 Februari di tiap tahunnya, perayaan ini dilakukan untuk mengenang dibentuknya Pasukan Merah saat terjadinya perang sipil. Jadi pada dasarnya perayaan ini tidak hanya dikhususkan untuk menghormati jasa para Ayah namun juga para pejuang.

5. Sweden

Peringatan Hari Ayah dilakukan pada bulan November dimana para keluarga akan menyiakan makanan tradisional untuk sarapan di hari ini, termasuk berbagi kartu kue dan hadiah.

6. Meksiko

Meksiko merayakan Hari Ayah pada hari Minggu ketiga di bulan Juni. Di hari ini akan ada perlombaan lari sejauh 21 kilometer yang bernama Carrera del Día del Padre di jalanan kota Meksiko. Selain itu tentu ada perayaan dengan berbagi hadiah dan makanan.

7. Nepal

Peringatan di Nepal
Peringatan Hari Ayah di Nepal (Foto: Getty Images)

Di Nepal terdapat ritual bernama  Gokarna Aunsi, Kushe Aunsi or Buba ko mukh herne din yang dilakukan di akhir musim panas. Tradisi ini ditujukan khusus untuk para Ayah dimana masyarakat akan menghabiskan waktu dengan Ayah, saling berbagi hadiah dan makanan, serta mendoakan Ayah yang telah tiada. Kebanyakan orang akan dating ke tempat ibadah seperti Gokarna untuk melaksanakan sejumlah ritual dan doa.

8. Italia

Peringatan Hari Ayah di Italia juga dilakukan bersamaan dengan Hari Santo Joseph pada 19 Maret. Hal ini dilakukan karena menurut kepercayaan masyarakat Italia, peringatan hari suci tersebut juga berkaitan dengan sosok ayah dimana Santo Joseph adalah suami Maria dan ayah dari Yesus.

9. Thailand

Di Thailand peringatan hari Ayah dilakukan bertepatan dengan hari lahirnya Raja Bhumibol Adulyadej pada 5 Desember. Pada hari ini, raja biasanya akan menyampaikan pidato dan masyarakat akan memberikan bunga kepada sosok ayah dan kakek di keluarga mereka.

10. Prancis

Hari Ayah diperingati pada hari Minggu ketiga bulan Juni dimana peringatan ini menjadi popular di pertengahan abad ke-20 karena sebuah kampanye iklan pemantik api yang dirasa cocok untuk hadiah bagi Ayah. (Andita Eka W/gg)

 

Sumber: huffpost.com

  • Bagikan