Hari Ini, Kabupaten Malang Menerima 7.000 Dosis Vaksin Sinovac dari Pemprov Jatim

  • Bagikan
Kabupaten Malang hari ini menerima 7.000 dosis vaksin sinovac. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Kabupaten Malang hari ini menerima 7.000 dosis vaksin sinovac. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

MALANG, Tugujatim.id – Akhirnya vaksin Covid-19 jenis sinovac sampai di Kabupaten Malang, tepatnya di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Malang, Senin malam (25/01/2021).

Pada distribusi tahap pertama ini, ada 7.000 dosis vaksin dikirimkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Masih kurang sekitar 1.340 dosis lagi untuk Kabupaten Malang.

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

Kadinkes Kabupaten Malang Arbani Mukti Wibowo mengatakan jika cool storage di Dinkes Kabupaten Malang hanya mampu menyimpan 7.000 dosis saja, sementara sisanya akan menyusul.

“Sebenarnya kebutuhan kami itu 8.340 dosis, tapi hanya dikirim 7.000 karena penyimpanan cool storage-nya terbatas. Nanti kalau sudah ada ruang akan dikirim lagi. Jadi, sementara kami ajukan untuk vaksin 4.170 tenaga kesehatan (nakes) dulu,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Pemindahan vaksin sinovac ke cool storage milik Kabupaten Malang. (Foto: Rap/Tugu Jatim)
Pemindahan vaksin sinovac ke cool storage milik Kabupaten Malang. (Foto: Rap/Tugu Jatim)

Untuk jadwal vaksinasi sendiri, pria yang memulai berkarir sebagai dokter gigi ini mengatakan akan dimulai pada 1 Februari 2021.

“Nanti pada Sabtu baru pencanangan, rencananya akan dilaksanakan di Pendapa Kabupaten Malang,” terangnya.

Di tempat yang sama, pengamanan distribusi vaksin terlihat sangat ketat dengan 250 personel kepolisian. Terlihat juga kendaraan barakuda mengawal distribusi vaksin asal China tersebut.

Kabag Ops Polres Malang Kompol Hegy Renanta Koswara mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pengamanan di kecamatan-kecamatan tempat pendistribusian terakhir vaksin-vaksin tersebut.

“Total ada sekitar 250 personel kepolisian yang kami kerahkan. Selanjutnya akan ada pengamanan yang dilakukan bersama personel TNI dan satpol PP,” ujarnya. (rap/ln)

  • Bagikan