Hasil Pertandingan Inggris vs Wales, The Three Lions Kandaskan The Dragons 3-0

Inggris vs Wales. (Foto: Tugu Jatim)
Hasil pertandingan Inggris vs Wales di Ahmed Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022). (Foto: Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Inggris berhasil mengamankan tiket ke babak 16 Besar Piala Dunia 2022 usai memenangi laga derby Inggris vs Wales dalam lanjutan pertandingan Grub B Piala. Tim besutan Gareth Southgate itu berhasil kandaskan The Dragons dengan skor 3-0 di Ahmed Bin Ali Stadium, Rabu (30/11/2022).

Laga dini hari itu berlangsung sengit karena menjadi penentu lolosnya kedua tim ke babak selanjutnya. Sesuai prediksi banyak pihak, Inggris yang akan mengandalkan para pemain bintangnya untuk menggempur pertahanan Wales.

Babak Pertama Inggris Vs Wales, Imbang tanpa Gol

Laga dimulai dengan insiatif serangan penuh Inggris yang tampil dengan gaya permainan khas Liga Inggris. Kecepatan para pemain sayap berusaha masuk ke area musuh dengan tumpuan ujung tombaknya, Harry Kane.

Namun, tampaknya Wales memang sudah memprediksi bakal digempur habis-habisan sehingga bersiap menggunakan strategi pertahanan penuh dan hanya mengandalkan serangan balik. Babak pertama berjalan dengan penguasaan bola mencapai 76 persen di kaki para pemain The Three Lions.

Peluang Inggris baru tercipta di menit ke-10 pertandingan. Umpan Harry Kane berhasil disambut oleh Marcu Rashford. Sayangnya, tendangan mendatar itu masih bisa dihentikan kiper Wales, Danny Ward. Peluang tersebut jadi satu-satunya kesempatan terbaik Inggris dari total catatan 9 tembakan.

Wales yang berusaha mengimbangi Inggris hanya mampu mencatat 2 tembakan dari luar kotak penalti. Upaya Joe Allen tersebut belum bisa mengancam gawang Inggris karena tak tepat sasaran.

Babak Kedua Inggris vs Wales, Three Lions Mengamuk dan Cetak 3 Gol

Kebuntuan Inggris pun pecah di menit ke-50 usai rehat turun minum. Inggris mendapat peluang setelah Foden terpaksa dijatuhkan beberapa meter dari kotak penalti. Rashford yang menjadi eksekutor tendangan bebas puun berhasil menggetarkan gawang Wales. Skor 1-0 untuk Inggris.

Rupanya mesin gol Inggris sudah benar-benar panas. Semenit setelah kick-off usai gol pertama, Inggris langsung menekan Wales dengan tensi tinggi tanpa ampun. Umpan silang mendatar Kane yang menuju sudut tiang jauh berhasil disambut Foden untuk menggandakan keunggulan Inggris menjadi 2-0.

Rashford pun kembali mencatatkan namanya di papan skor usai mengeksekusi umpan Kalvin Phillips dan menggocek bola di area kotak penalti. Gol di menit ke-68 itu menjadi gol terakhir kemenangan Inggris. Setelahnya, Rashford kembali berpeluang mencetak hat-trick di menit ke-72. Sayang usahanya masih bisa digagalkan kiper Danny Ward.

Tak hanya itu, Inggris lebih diunggulkan karena materi pemain yang lebih baik. Di bangku cadangan masih terdapat Marcus Rashford dan Jack Grealish yang bisa memberi opsi penyerangan lain.

Ini merupakan laga terakhir bagi keduanya, Inggris memiliki peluang lolos 16 besar lebih baik daripada Wales yang berada di dasar klasemen. Diketahui Inggris berada di puncak klasemen Grub B dengan 4 poin dan Wales di dasar dengan 1 poin.

Inggris pun memastikan diri lolos ke babak 16 besar dengan koleksi 7 poin. Sebelumnya, The Three Lion menang meyakinkan atas Iran dengan skor 6-2 dan bermain imbang tanpa gol saat melawan Amerika Serikat.

Wales pun menjadi juru kunci Grup B dengan hanya mengumpulkan 1 poin dari hasil imbang melawan Amerika Serikat. Wales juga kalah dari Iran dengan skor 2-0 di pertandingan sebelumnya. Hasil ini membuat tim Gareth Bale harus angkat koper dari Piala Dunia 2022 lebih dulu.