Haul Bung Karno Ke-52 Sukses Digelar Tugu Media Group, Sofyan Edi: Generasi Muda Harus Teruskan Perjuangan dengan Karya Nyata - Tugujatim.id

Haul Bung Karno Ke-52 Sukses Digelar Tugu Media Group, Sofyan Edi: Generasi Muda Harus Teruskan Perjuangan dengan Karya Nyata

  • Bagikan
Haul Bung Karno. (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)
Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko memberikan sambutan sekaligus membuka acara Haul ke-52 Bung Karno di auditorium Unikama, Kamis pagi (30/06/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)

MALANG, Tugujatim.id – Acara peringatan Haul Bung Karno ke-52 yang akan digelar Tugu Media Group (yang membawahi 3 media siber yaitu tugumalang.idtugujatim.id, dan tugubandung.id) itu sukses digelar secara hybrid di auditorium Unikama, Kamis pagi (30/06/2022). Kegiatan bertema Merawat Pemikiran Bung Karno: “Menapaki Jejak Perjuangan Putra sang Fajar” itu mengupas tuntas sosok Presiden Pertama Republik Indonesia Ir Sukarno yang telah mewariskan pemikiran-pemikiran besar yang mampu menembus peradaban dunia.

Dalam acara yang bekerja sama dengan Unikama itu, diskusi interaktif dan doa untuk Bung Karno pun dilakukan oleh semua undangan yang hadir. Istimewanya, Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko membuka acara itu secara langsung.

Bung Edi, sapaan akrab Sofyan Edi Jarwoko, menyampaikan, Bung Karno adalah karunia besar bagi bangsa Indonesia yang patut disyukuri. Sebab, dia mengatakan, Bung Karno menjadi salah satu pelopor pendiri bangsa yang mampu menghantarkan rakyat Indonesia menuju gerbang emas kemerdekaan.

“Ini nikmat besar bagi kita yang harus dijadikan pusaka bahwa rintangan apa pun yang dihadapi hari ini masih jauh lebih besar rintangan yang dihadapi Bung Karno dan pendiri bangsa kita dulu. Jadi, saya punya keyakinan seberat apa pun masalah bangsa ini pasti bisa diselesaikan,” paparnya pada Kamis (30/06/2022).

Dia juga mengajak generasi muda bisa menjadikan jejak perjuangan Bung Karno sebagai pelecut motivasi dalam berkarya. Dia juga menyampaikan pemikiran-pemikiran besar Bung Karno juga harus dimiliki generasi muda.

“Nikmat kemerdekaan merupakan rahmat dari Tuhan dan hasil pengorbanan pahlawan. Karena itu, kita beradab, tunjukkan karya-karya nyata sesuai peran dan profesi masing-masing,” ucapnya.

Menurut dia, perjuangan Bung Karno kini harus dilanjutkan dengan memecahkan berbagai persoalan bangsa ini. Tentu perjuangan itu menjadi tantangan generasi muda untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang tangguh tanpa melupakan jasa para pahlawan.

“Seperti kata-kata motivasi Bung Karno, sekarang tibalah saatnya kita benar-benar mengambil nasib bangsa dan tanah air di tangan sendiri. Hanya bangsa yang mengambil nasib dengan tangan sendiri yang akan dapat berdiri dengan kuat,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr Pieter Sahertian menyampaikan, apa pun jejak yang ditinggalkan Bung Karno sangat berdampak besar bagi masyarakat. Dia mengapresiasi Tugu Media Group yang menginisiasi kegiatan ini.

Haul Bung Karno. (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)
Rektor Universitas PGRI Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr Pieter Sahertian memberikan sambutan dalan Haul ke-52 Bung Karno di auditorium Unikama, Kamis pagi (30/06/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)

“Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama penyelenggaraan kegiatan ini. Tentu momentum ini mengingatkan kita sebagai generasi penerus agar tak sekali-kali melupakan sejarah. Bung Karno telah mengajarkan kita dalam berkehidupan berbangsa dengan semangat gotong royong,” paparnya.

Sementara itu, CEO Tugu Media Group Irham Thoriq juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari fungsi media untuk mendedikasikan dan ikut serta dalam merawat pemikiran luhur Putra Sang Fajar.

Haul Bung Karno. (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)
CEO Tugu Media Group Irham Thoriq memberikan sambutan dalam Haul ke-52 Bung Karno di auditorium Unikama, Kamis pagi (30/06/2022). (Foto: Dani Kristian/Tugu Malang)

“Untuk itu, kami ucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Kami juga sampaikan terima kasih atas apresiasi Mbak Puan atas kegiatan ini. Meski tak bisa hadir di tengah-tengah kita secara langsung, tapi beliau hadir secara online sebagai keynote speaker kita,” ujarnya.

Untuk diketahui, dalam peringatan 52 tahun wafatnya sang proklamator RI itu, cucu Bung Karno yang saat ini menjabat Ketua DPR RI Dr Puan Maharani jadi keynote speaker dan pendiri Perpustakaan Medayu Agung Oei Hiem Hwie hadir secara virtual. Selain itu, juga hadir secara langsung Guru Besar Universitas Negeri Malang (UM) Prof Dr Hariyono dan penulis Nurani Soyomukti. Acara ini juga dihadiri secara langsung oleh Forkopimda Malang Raya.

Ucapan terimakasih kepada para sponsor: PT Foxstar International, Golden Playwood, OJK Malang. Didukung oleh: Grand Mercure Mirama, Perumda Tugu Tirta, Bus Bagong, Jawa Timur Park (JTP), dan BPJS Ketenagakerjaan

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan