Hindari 8 Kebiasaan Ini jika Ingin Hidup Anda Bahagia

  • Bagikan
Ilustrasi kebahagiaan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)
Ilustrasi kebahagiaan. (Foto: Pexels/Tugu Jatim)

Tugujatim.id – Apa sih yang membuat Anda bahagia? Pastinya semua orang memiliki definisi yang berbeda-beda untuk mengartikan rasa bahagia itu sendiri. Kebahagiaan dinilai memiliki kaitan dengan kondisi kehidupan. Kebahagiaan juga bisa diperoleh dari pola pikir dan kebiasaan kita sehari-hari. Dan kebahagiaan bisa kita atur supaya tidak menimbulkan rasa yang sebaliknya.

Untuk itu, Tugu Jatim bakal memberi tip kebiasaan yang harus dihindari agar selalu bahagia:

Sumbangan Kemanusiaan Gempa Malang

1. Menunggu Masa Depan

Jangan buang-buang waktu menunggu sesuatu yang sudah terbukti tidak berefek apa pun dengan mood Anda. Untuk itu, nikmati dan berbahagialah dengan apa yang telah Anda miliki saat ini karena tidak ada yang bisa menjamin apa yang akan terjadi nanti.

2. Menghabiskan Banyak Waktu dan Tenaga untuk Memperoleh Banyak Hal

Tidak semua hal yang mengenai banyaknya materi akan membuat seseorang bahagia. Jadi, jangan mengejar sesuatu hanya sebatas materi. Sadarilah bahwa ada yang lebih bisa membahagiakan selain materi, seperti keluarga yang harmonis, memiliki sahabat, atau melakukan beragam hobi.

3. Tinggal di Rumah

Ketika Anda merasa tidak bahagia, menghindari bertemu orang adalah cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Hal ini bisa jadi cara yang salah karena meski Anda tidak ingin bersosialisasi, sebenarnya bertemu dengan orang lain dapat mengubah mood. Sedangkan berdiam diri di kamar dan menolak berbicara dengan orang lain sudah pasti akan merusak mood Anda.

4. Pesimistis

Rasa pesimistis menjadi faktor besar yang bisa membuat seseorang merasa tak bahagia. Saat merasa pesimistis, paksa diri Anda untuk melihat realita sehingga bisa menyadari bahwa apa yang terjadi tidak seburuk apa yang Anda pikirkan.

5. Mengeluh

Mengeluh tidak akan pernah bisa menyelesaikan permasalahan jika Anda tidak bertindak. Mengeluh akan membuat Anda semakin berpikir negatif. Jadi mulai dari sekarang, kurangi mengeluh, banyak lakukan tindakan akan keluhan Anda cepat terselesaikan. Tak hanya membuat tak bahagia, mengeluh juga akan bikin orang lain pergi meninggalkan Anda.

6. Menyimpan Masalah

Sebagian orang memilih untuk menyembunyikan masalah. Justru masalah tersebut akan menjadi lebih besar jika diabaikan. Semakin Anda tidak melakukan apa-apa untuk menyelesaikan masalah itu, maka akan selalu terbebani dan tidak pernah merasakan bahagia.

7. Tidak Meningkatkan Diri

Tingkatkan kualitas diri dengan melakukan sesuatu yang bermanfaat dan membuat diri Anda berkembang. Jangan hanya menunggu keberuntungan menghampiri, tapi hampiri keberuntungan tersebut. Buatlah target hidup Anda. Seseorang yang tak bahagia biasanya menjalani hidup dengan lamban dan hanya menerka-nerka kenapa hal-hal dalam hidupnya tak berubah.

8. Iri

Cemburu dan rasa iri sangatlah bertolak belakang dengan perasaan bahagia. Karena itu, jika Anda berkalu-kali membandingkan diri dengan orang lain, hal tersebut bisa mengurangi kepercayaan diri. Jadi, sebaiknya Anda menghentikan kebiasaan itu. (Mila Arinda/ln)

  • Bagikan