Hindari Melakukan 7 Hal ini di Rutinitas Pagi - Tugujatim.id

Hindari Melakukan 7 Hal ini di Rutinitas Pagi

  • Bagikan
Jam weker. Jam meja aktivitas pagi(Foto Unsplash)
Ilustrasi aktivitas pagi dimulai. (Foto: Unsplash)

Apa kamu pernah bangun di pagi hari lalu menatap kosong sambil memikirkan bahwa kemarin adalah hari yang sangat sibuk tapi tidak banyak hal yang tercapai? Lantas berpikir bahwa hari ini hanya akan menjadi lembaran hari yang sama.

Jika kamu adalah salah satunya, besar kemungkinan bahwa kamu sudah mengarahkan sebagian banyak waktumu untuk hal-hal yang kurang tepat. Satu hal yang perlu diketahui bahwa waktu paling krusial adalah waktu di pagi hari tepat saat kamu bangun tidur. Ada kata bijak berkata,

“Kehilangan satu jam di pagi hari maka kau hanya akan menghabiskan sepanjang hari untuk kembali menemukan satu jam itu,”

Pastikan kamu mengerahkan waktu pagimu dengan baik karena secara tidak langsung kesiapan di pagi hari akan mempengaruhimu di sepanjang hari itu. Oleh karena itu dengan menghilangkan 7 kebiasaan ini kamu bisa membuat pagimu lebih segar dan siap menjalani hari dengan lebih baik.

1. Membuat Rencana

Ilustrasi membuat rencana
Ilustrasi membuat rencana. (Foto: Unsplash)

Percaya atau tidak, merencanakan hal-hal yang perlu dilakukan memang akan membantumu menjalani hari dengan lebih terorganisir. Akan tetapi jika kamu menghabiskan pagi harimu untuk membuat rencana maka kamu hanya akan membuang energi untuk kebiasaan yang berulang-ulang ini.

Intinya bukan tidak membuat rencana tetapi rencana itu seharusnya sudah siap. Siapkan rencana sebelum tidur bukan saat bangun tidur. Diperlukan banyak energi yang digunakan untuk menyusun prioritas kegiatan dan hanya berakibat berkurangnya energy ketika kamu mengeksekusinya nanti.

2. Mengeluh

Apa kamu sering menggerutu ketika cuaca pagi tak sesuai harapan? Sering kali tidak kita sadari bahwa percakapan dan pikiran negatif akan berpengaruh selama berjam-jam. Mengeluh adalah salah satunya karena hal ini akan membuat suasana hati menjadi buruk dan mempengaruhi keseluruhan pikiranmu. Daripada mengeluh coba untuk melihat di sisi baiknya. Fokuslah ke kemungkinan-kemungkinan baik di hari itu dan lebih berpikir positif.

3. Langsung Bersiap Berangkat Kerja/Sekolah

Pagi hari adalah waktu sempurna untuk menjaga kebugaran tubuh namun faktanya kebanyakan orang mengalami kesulitan untuk melakukan kebiasaan baik di pagi hari. Daripada bangun tidur dan langsung bergegas melakukan kesibukan, cobalah untuk bangun lebih pagi dan lakukan olahraga ringan untuk kesehatan mental dan fisik. Hal ini akan membantu untuk lebih siap menghadapi tantangan di hari itu.

4. Terlalu Banyak Berpikir

Hal yang sering kali terjadi adalah kamu menghabiskan waktu untuk memutuskan hal-hal yang terkesan sepele, seperti baju apa yang harus dipakai, mau sarapan apa, jam berapa harus berangkat supaya tidak perlu menunggu terlalu lama. Daripada menghabiskan waktu untuk hal ini, lebih baik untuk mempersiapkannya sebelum tidur di malam hari sehingga saat pagi hari tidak banyak yang perlu dipikirkan.

5. Menekan Tombol Snooze di Alarm

Kamu pasti sudah memperkirakan hal ini bukan? Menekan tombol snooze hanya akan mendatangkan badai di pagi harimu yang mungkin sudah dilanda cuaca mendung. Pada faktanya menambah waktu tidur dengan menekan snooze hanya akan membuatmu semakin lelah untuk memulai hari. Sebagai langkah mudah, coba untuk meletakkan jam alarm atau handphone di tempat yang membuatmu berdiri untuk menjangkaunya. Hal ini bisa membuatmu bangun dari tempat tidur dan siap memulai hari.

6. Membuka Sosial Media

Membuka sosial media di hanphone aktivitas yang dihindari di pagi hari.
Membuka sosial media di hanphone merupakan salah satu aktivitas yang seharusnya dihindari di pagi hari. (Foto: Unsplash)

Jika membuka sosial media adalah salah satu rutinitas pagimu maka sudah jelas kamu hanya membuang waktu pagimu. Mengetahui berita terbaru di hari itu mungkin memang penting namun jangan melakukannya sebagai hal pertama di pagi hari. Daripada membuka sosial media yang mungkin saja membawa berita negatif, cobalah untuk menggantikannya dengan hal yang lebih positif.

7. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Fakta dari dunia medis menjelaskan bahwa mengonsumsi terlalu banyak kandungan karbohidrat dan gula akan mempengaruhi kinerja seseorang. Oleh karena itu coba untuk menguranginya atau menggantinya dengan makanan yang lebih kaya protein. (Andita Eka W/gg)

 

Referensi: medium.com

  • Bagikan