Iklan Sirup Marjan yang Cuma Ada saat Ramadhan, Ternyata Itu Trik Marketing

Iklan sirup Marjan.
Potongan video iklan sirup Marjan 2023. (Foto: Marjan Boudoin)

SURABAYA, Tugujatim.id Biasanya netizen Indonesia mengaitkan iklan sirup Marjan sebagai penanda datangnya bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri yang semakin dekat. Alasannya, karena iklan sirup ini memang identik hanya ditampilkan saat Ramadhan saja.

Bahkan, sirup Marjan sendiri sering menampilkan iklan menjadi sebuah film pendek membentuk episode dari sebelum puasa hingga Lebaran tiba. Sehingga banyak masyarakat yang menantikan kelanjutan setiap ceritanya.

Ciri khas yang muncul hanya saat Ramadhan ini, membuat iklan sirup Marjan akan terus melekat di pikiran masyarakat Indonesia. Karena itu, secara tidak langsung iklan tersebut merupakan bagian dari trik marketing yang digunakan perusahaan.

Mengutip dari femaleprenuerid, trik marketing yang digunakan oleh perusahaan sirup Marjan yakni “Seasonal Marketing”. Terbukti, strategi branding tersebut nyatanya cukup berhasil membuat masyarakat Indonesia terngiang-ngiang.

Sebetulnya, seasonal marketing menjadi strategi yang cukup umum digunakan oleh para perusahaan untuk membuat branding. Seasonal marketing adalah strategi pemasaran dalam bisnis apa pun yang memanfaatkan sebuah musim atau momen. Artinya, perusahaan anak menerapkan strategi ini hanya pada waktu-waktu tertentu, salah satunya saat momen Ramadhan yang dilaksanakan satu tahun sekali.

Perlu diketahui, bahwa teknik pemasaran ini berbeda dengan bisnis musiman. Meski sama-sama memiliki batasan waktu dalam menaikkan penjualannya, produk seasonal marketing akan tetap eksis walau musimnya telah berakhir.

Biasanya, promosi ini memiliki tema khusus yang menarik untuk menjadi kebutuhan musiman pelanggan. Kisah-kisah yang diceritakan dalam iklan sirup Marjan sering kali menyelipkan pesan-pesan moral dan tentang kekeluargaan.

Cerita iklan sirup ini pada 2023 mengangkat tema “Baruna Sang Penjaga Samudra”. Iklan tersebut ditonton sebanyak 14 juta kali sejak kali pertam ditayangkan pada Senin (27/02/2023) oleh akun YouTube Marjan Boudoin.

Di dalam kisah Baruna Sang Penjaga Samudra menyelipkan pesan tentang pentingnya menjaga ekosistem laut dari sampah. Hal itu dapat dilihat ketika monster laut marah karena keseringan makan sampah.

Laut-laut yang awalnya dipenuhi oleh ikan-ikan berubah menjadi tumpukan sampah akibat ulah manusia yang membuang sampah sembarang di laut. Selain memiliki pesan moral berbentuk campaign. Konsep animasi yang dimainkan seperti film superhero dalam iklan sirup Marjan cukup mendapat jempol dari netizen Indonesia.