Indeks Kegemaran Membaca Warga Bojonegeoro di Taraf Sedang, Jumlah Kunjungan Perpusda Naik-Turun

Indeks Kegemaran Membaca Warga Bojonegeoro di Taraf Sedang, Jumlah Kunjungan Perpusda Naik-Turun

  • Bagikan
Perpustakaan Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro.
Perpustakaan Daerah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro. (Foto: Mila Arinda/Tugu Jatim)

BOJONEGORO, Tugujatim.id – Jumlah kunjungan masyarakat ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro selama Januari hingga Maret 2022 menunjukkan tren kenaikan.

Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro, Titis Anganten Wiyanti menjelaskan, berdasarkan Satu Data Bojonegoro, pada bulan Januari 2022, jumlah kunjungan mencapai 474 orang. Kemudian pada bulan selanjutnya yaitu Februari, kunjungan naik sebanyak 809 orang.

Kenaikan signifikan nampak terjadi pada Maret 2022, sebanyak 1.207 pengunjung telah datang ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bojonegoro. Sementara, di bulan April kembali seperti fase awal, yaitu sebanyak 473 pengunjung.

“Sebagian besar pengunjung adalah anak dengan rentang usia 12-16 tahun,” kata dia.

Sedangkan, menurut survei, indeks kegemaran membaca masyarakat Bojonegoro pada tahun 2021 yaitu 60,74 persen. Artinya tingkat kegemaran membaca masyarakat Kabupaten Bojonegoro masuk dalam taraf sedang.

Untuk itu, Titis mengatakan, meski pada tahun 2021 sudah dibentuk 252 Perpusdes (perpustakaan desa), namun dirinya berharap setiap desa membentuk pPerpusdes. Dia juga berharap adanya kesadaran masyarakat untuk meningkatkan budaya membaca dengan rutin berkunjung ke perpustakaan.

“Himbauan dan sosialisasi kita lakukan ke sekolah-sekolah melalui kegiatan perpustakaan keliling dan dongeng keliling. Mengapa tujuannya ke sekolah? Sebab gemar membaca adalah suatu kebiasaan atau habit sehingga akan lebih baik kalau dimulai sejak dini,” imbaunya.

Pihaknya juga berharap, bagi penulis dan penerbit dapat memberikan salinan bukunya ke Dinperpusip untuk ditambahkan sebagai koleksi. Terutama untuk hasil karya penulis dan penerbit lokal.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan