Segerombolan Monyet Serbu Permukiman Warga, Pemkab Malang Diminta Turun Tangan

Segerombolan Monyet Serbu Permukiman Warga, Pemkab Malang Diminta Turun Tangan

  • Bagikan
Monyet-monyet berkeliaran di permukiman warga di Malang.
Monyet-monyet berkeliaran di permukiman warga di Malang. (Foto: Istimewa)

MALANG, Tugujatim.id – Segerombolan monyet yang diduga kelaparan menyerbu permukiman warga di Dusun Wendit Barat, Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Rabu (18/5/2022). Kejadian ini sering kali terjadi setiap hari raya.

Diperkirakan monyet yang berjumlah 50 ekor itu telah berkeliaran selama lebih dari satu bulan di sekitar permukiman warga tersebut.

“Biasanya setiap hari raya ada, tapi tidak lama. Paling satu sampai dua hari sudah pergi,” ujar Junianto, Ketua RT 04 RW 04 di desa setempat.

Menurut Junianto, monyet tersebut berasal dari Taman Wisata Air Wendit yang memang menjadi tempat tinggal para monyet. Tidak heran bila sesekali ada monyet yang berkeliaran di permukiman itu.

Tetapi yang berbed dari sebelumnya, kali ini primata itu cukup banyak dan waktunya sangat lama sehingga warga merasa terganggu.

Turunnya monyet ke permukiman warga ini, menurut dugaan Junianto, karena kekurangan makanan di habitatnya sehingga masuk ke permukiman warga untuk mencari makan.

“Paling di sana kurang makan, makanya dia berkeliaran ke rumah-rumah warga dan berpindah-pindah tempat,” katanya.

Untuk mengisi perut, puluha monyet tersebut mencuri beberapa makanan milik warga seperti rengginang, buah-buahan, dan sebagainya.

Sayangnya, mereka tak hanya mencari makan saja, tetapi juga merusak benda-benda di sekitarnya, seperti atap rumah, lampu, hingga kabel listrik dan telepon.

“Mereka bergelantungan di kabel-kabel tersebut,” imbuh Junianto.

Ia mengaku harus melempar petasan untuk mengusir monyet-monyet tersebut karena mereka tak bisa diusir dengan tangan kosong.

Meski begitu, mereka hanya akan pergi untuk sementara dan akan kembali lagi untuk mencari makan. Seorang warga bernama Soenardi beharap ada upaya dari Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang untuk menertibkan monyet-monyet di Wendit.

“Harapannya pihak terkait seperti dinas pariwisata segera menindak lanjuti agar monyet itu tidak meresahkan warga,” ucapnya.

 

 


Terima kasih sudah membaca artikel kami. Ikuti media sosial kami yakni Instagram @tugujatim , Facebook Tugu Jatim
Youtube Tugu Jatim ID , dan Twitter @tugujatim

 

 

  • Bagikan