Integritas Tinggi Wujudkan Pribadi 3D untuk Laksanakan The Power of Silaturahim - Tugujatim.id

Integritas Tinggi Wujudkan Pribadi 3D untuk Laksanakan The Power of Silaturahim

  • Bagikan
PM Banjarnahor, penulis. (Foto: Dokumen/Tugu Jatim)
PM Banjarnahor, penulis. (Foto: Dokumen)

Oleh: PM Banjarnahor, Total Quality Management & Mining Consultant.

Tugujatim.id – Pada acara reuni akbar pensiunan pegawai Semen Nusantara atau Holcim Indonesia di rumah saya, kompleks Perumahan Legenda Wisata Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (29/05/2016), sekira lima tahun lalu, Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional Dr Aqua Dwipayana membagikan secara gratis buku super best seller karyanya yang berjudul “The Power of Silaturahim: Rahasia Sukses Menjalin Komunikasi” kepada semua yang hadir. Setiap peserta mendapat masing-masing satu eksemplar buku, termasuk yang datang bersama suami atau istrinya.

Buku itu baru sekira sebulan diluncurkan, tepatnya Jumat (15/04/2016). Bersamaan dengan promosi doktor penulisnya di Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Bandung. Dibagikan kepada semua undangan yang hadir sebagai suvenir.

Setelah membaca bukunya sampai tuntas, di kemudian hari hati saya langsung berseru. “The Power of Silaturahim” yang saya baca ini hanya akan membuahkan hasil besar dan maksimal ketika di hati saya atau di hati setiap orang yang membacanya, telah hadir sebuah integritas tinggi yang dilakukan secara konsisten.

Tanpa integritas tinggi “The Power of Silaturahim” hanya sekadar slogan. Diucapkan tapi tidak ada kekuatannya. Jadinya semu.

Mengapa hanya orang yang memiliki integritas tinggi yang dapat mengejawantahkan The Power of Silaturahim? Karena implementasinya didasari dari hati yang bersih dan niat yang baik. Kemudian melaksanakannya secara terus-menerus tanpa pamrih.

Saya sangat meyakini bahwa setiap orang yang memiliki integritas tinggi ialah orang yang dapat dipercaya, dihormati, dan disukai. Saya menyebutnya “PRIBADI 3D”.
Karena itu seseorang tanpa predikat lengkap “3D” belum bisa disebut sebagai pribadi yang ber-integritas tinggi.

Melakukan yang Terbaik

Apa buktinya bahwa masing-masing kita telah memiliki dan berselimutkan “SELIMUT-3D”?

Pertama, ketika seseorang selalu menyampaikan kebenaran. Tidak bohong dan tidak melakukan kejahatan. Maka dia akan DIPERCAYA.

Kedua, ketika seseorang selalu disiplin, tepat waktu, menghormati sesama, rendah hati, murah hati, dan tekun bekerja atau melaksanakan aktivitas. Maka dia akan DIHORMATI.

Ketiga, ketika seseorang selalu memandang dan meperlakukan temannya, kolega kerjanya, bawahannya, atasannya, ayahnya, ibunya, saudaranya, dan siapa saja termasuk orang yang tidak dikenalnya adalah orang penting dalam hidupnya. Maka dia akan DISUKAI.

Pribadi atau predikat “3D” inilah yang terus-menerus dibangun, dipelihara, dan dijewantahkan oleh bapak dari Alira Vania Putri Dwipayana dan Savero Karamiveta Dwipayana ini. Juga Dr Aqua berusaha melakukan yang terbaik dengan bersyukur kepada Tuhan Sang Pencipta semesta alam Yang Maha Pengasih dan Penyayang serta selalu berpikir positif.

Di akhir tulisan ini, saya ingin menitip pesan kepada para pembaca bahwa kunci rahasia keberhasilan The Power of Silaturahim ialah apabila kita selalu takut kepada Tuhan Sang Pencipta semesta alam, mengucapkan syukur, dan rajin beribadah.

  • Bagikan