Jelang Lebaran, Dinsos Tuban Mulai Distribusikan BPNT pada Para Agen - Tugujatim.id

Jelang Lebaran, Dinsos Tuban Mulai Distribusikan BPNT pada Para Agen

  • Bagikan
Pengecekan beras yang dilakukan oleh Forkopimda Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu sebelum disalurkan kepada para agen. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)
Pengecekan beras yang dilakukan oleh Forkopimda Kabupaten Tuban beberapa waktu lalu sebelum disalurkan kepada para agen. (Foto: Mochamad Abdurrochim/Tugu Jatim)

TUBAN, Tugujatim.id – Seolah menjadi skenario yang pas, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memalui Dinas Sosial, Permberdayaaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Tuban mulai mendistribusikan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada para agen penyalur bantuan pangan, Senin (10/5/2021) pagi. Hal tersebut dilakukan mengingat bantuan tersebut begitu diharapkan oleh para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terutama jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

Kasi Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinsos PPPA Tuban, Santoso, menyebutkan distribusi pencairan bantuan ini sesuai arahan kementerian Sosial RI. Bahwa bantuan bisa diberikan sebelum Lebaran. Hal tersebut diharapakan bisa mengurangi kebutuhan yang ada.

“Ini sesuai arahan Kemensos mas,” ujar Santoso usai pengecekan beras BPNT di Kecamatan Rengel.

Menurutnya, bantuan pangan sama seperti sebelumnya. Kualitas beras maupun komoditas lainnya harus sesuai dengan standarisasi yang ada. Seperti halanya, beras harus premium, kemudian pra order lainnya juga kondisinya harus baik.

“Kita tekankan pada agen. Hari ini sudah didatangkan dalam pengecekan ini. Biar tahu kondisi bantuannya kualitasnya baik atau tidaknya. Kalau memang tidak sesuai dengan yang di cek di kecamatan masing-masing, agen segera melapor dan di suplier siap menggantinya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Agen Rengel Sujarwo menuturkan, pihaknya mengeluhkan terkait sampai saat ini, kartu BPNT belum terinjeksi. Padahal, Lebaran tinggal sebentar lagi. Hal tersebut dikhawatirkan kartu yang dibawa KPM, tak bisa digunakan saat Lebaran, sehingga kesulitan saat menjadwal ke KPM.

“Dikhawatirkan, pencairan pada saat lebaran. Itu kita yang sulit untuk menjadwalkan,” sambung Sujarwo ketua Paguyuban Agen.

Sebatas diketahui, di Kecamatan Rengel terdapat 3.401 KPM. Mereka bisa mencairkan BPNT ini ke 22 agen di 16 desa yang ada.

  • Bagikan